beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Sabtu, 17 Agustus 2024, 12:23 WIB

Pemkab Dharmasraya Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74

BERITA DHARMASRAYA

Pemkab Dharmasraya Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74

 

 

KAJANGLANGKO.COM,DHARMASRAYA - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar Upacara Bendera, di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Sabtu (17/08/2024).

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Komandan Upacara, Kapten Cke Jarman, serta Perwira Upacara, AKP. Jhon Hendri Budiman.

Selain itu, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Wigiono didapuk menjadi Pembaca Teks Proklamasi Kemerdekaan. Sedangkan untuk petugas pengibar bendera, danpok 17, Rafy Alif Fauzi (SMAN I Sitiung), Danpok 45, Muhammad Agustian (SMAN 1 Koto Baru), Pasukan 8 diantaranya pembawa baki, Noviola Setniyus (SMAN 2 Pulau Punjung). Serpihan, Keisya Putri (SMAN 2 Pulau Punjung), Mawar Rahmadhani (SMAN 1 Sungai Rumbai), Aura Widia Sari (SMAN 2 Pulau Punjung).

Untuk Danpok 8, Muhammad Fajar (SMAN 1 Sungai Rumbai), pengibar bendera, Habibullah Al Shirazi (SMAN 1 Pulau Punjung), pengerek, Sulthan Baihaqi (SMAN 1 Sitiung). Korsik, SMPN 3 Pulau Punjung Marching Band Bahana Swara Siswa, Aubade, SMAN 1 Pulau Punjung, Pembaca doa, Okto Ferisman, Kepala Kantor Kemenag Dharmasraya.

Sementara peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Dishub, Damkar, Korpri, Mahasiswa, pelajar SMU/MAN/SMK, Kwarcab Pramuka, Ormas, dan peserta upacara lainnya.

Ditemui setelah upacara selesai digelar, Bupati menegaskan bahwa Kemerdekaan RI adalah hasil perjuangan para pahlawan yang telah mengorbangkan segalanya. Oleh karenanya, segala rangkaian kegiatan bernuansa kenegaraan, dilaksanakan dengan sangat serius dan khidmat. Di mulai dari pengukuhan Paskibraka, pelaksanaan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih hingga penurunan bendera merah putih.

“Kemerdekaan kita rayakan seperti ini untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua. Dan tentu saja menjadi momen kebanggaan bagi kita semua. Makanya kita laksanakan secara khidmat,” katanya.

Untuk seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya, Bupati berharap agar tema besar yang diusung dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju". Tema ini bukan sekadar kalimat retoris, tetapi penuh akan makna yang mendalam. Selain itu, tema tersebut dipilih sebab HUT RI ke-79 ini bertepatan dengan tiga momen penting. Yakni, penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.(sam)

 

 

 

TAGAR: #

indeks berita Berita
BERITA Jumat, 13 September 2024, 19:39WIB
Anggota DPRD Termuda Rengga, Pimpin HIPMI Sijunjung

KAJANGLANGKO.COM, SIJUNJUNG - Rengga Wana Putra anggota DPRD termuda Kabupaten Sijunjung, resmi dipercaya untuk mengomandoi Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten......