beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Sabtu, 14 September 2024, 20:04 WIB

Peringati International Coffee Day 2024, DEKOPI Provinsi Jambi dan ASKI Jambi Gelar Berbagi Even Kopi

BERITA DAERAH

Peringati International Coffee Day 2024, DEKOPI Provinsi Jambi dan ASKI Jambi Gelar Berbagi Even Kopi

Kajanglako.com, Jambi – Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Perwakilan Provinsi Jambi bersama lintas komunitas/asosiasi, penggiat perkopian diantaranya Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) Jambi dan Yayasan Etalase Ekosistem Indonesia yang juga didukung oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta Pemerintah Provinsi Jambi, akan menggelar berbagai program dan konten yang berhubungan dengan hulu hingga hilir kopi dalam rangka memperingati International Coffee Day (ICD) tahun 2024. Rencananya berbagai konten tersebut seperti workshop, sertifikasi, kompetisi, talkshow, bazar kopi, kuliner, ekraf dan lainnya akan digelar dalam perhelatan ini.

Ketua DEKOPI Perwakilan Jambi, Jhe Edhyanto mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan 26 September sampai 1 Oktober 2024, di Pendopo Adat kantor Gubernur Jambi. Saat ini berbagai persiapan teknis terus dilakukan.

“Insya Allah akan kita laksanakan selama kurang lebih satu minggu, tanggal 26 September sampai 1 Oktober di Pendopo Adat Kantor Gubernur Jambi,” kata pria yang akrab disapa Om Jhe.

Om Jhe menjelaskan, judul besar dari kegiatan ini adalah Bejajan Cita Rasa - Coffee & Culinery. Kegiatan ini sebagai wujud komitmen dan ajang untuk saling apresiasi para penggiat dan pencinta di seluruh dunia, serta tentunya merayakan Hari Kopi Internasional yang dirayakan tidak kurang 70 negara anggota ICO diseluruh  dunia. Di Jambi sendiri, peringatan tahun ini, selain ditemani oleh Kopi juga di temani oleh berbagai kuliner khas Jambi yang akan selalu berada dalam satu meja untuk mempertemukan perbedaan rasa dan asa

“Tentu ini merupakan perayaan Hari Kopi Internasional. Selain merupakan wujud komitmen untuk saling mengapresiasi para penggiat dan penikmat kopi di seluruh dunia khusunya Provinsi Jambi,” katanya.

Dirinya melanjutkan, beberapa konten dan program akan bertemu dalam satu momen di Pendopo Rumah Adat Kantor Gubernur Provinsi Jambi. Dengan tema Keseimbangan Ekosistem untuk Ekonomi Berkelanjutan dalam Kolaborasi untuk Aksi Kolektif, kita harapkan kegiatan ini memberi dampak positif bagi dunia perkopian di Provinsi Jambi.

Satu diantara konten dari program dalam perhelatan tersebut adalah Ecosystem Coffee Championship (ECC) dengan 2 ruang kategori yakni V60 Battle dan Aeropress Cup menggunakan sistem Compulsory dan Open Service. Tujuan menggunakan sistem tersebut agar tetap memberikan atmosfer kebersamaan dan ruang edukasi sepanjang pelaksanaan kompetisi.

Momen peringatan ICD 2024 di Provinsi Jambi ini, sekaligus untuk mengenang 5 tahun lalu saat Jambi ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan ICD 2019 di Indonesia. Dimana saat itu, salashatunya Jambi mencatatkan diri di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menyeduh terlengkap seluruh jenis kopi dan membuktikan sebagai Jambi Muara Kopi Semesta. (kjcom)

 

 

TAGAR: #

indeks berita Berita
BERITA Jumat, 13 September 2024, 19:39WIB
Anggota DPRD Termuda Rengga, Pimpin HIPMI Sijunjung

KAJANGLANGKO.COM, SIJUNJUNG - Rengga Wana Putra anggota DPRD termuda Kabupaten Sijunjung, resmi dipercaya untuk mengomandoi Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten......