beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Kamis, 08 April 2021, 16:54 WIB

Penulis. Riadi

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah

BERITA DAERAH BERITA PENDIDIKAN

Helmi, Kadisdikbud Kabupaten Sarolangun / Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat, ditiadakan oleh  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Helmi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun menjelaskan, sebagai pengganti kelulusan siswa, Kemendikbud menerapkan asesmen nasional, dalam mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil.

“Tahun ini Ujian Nasional ditiadakan  sebagai penggantinya dengan asesmen nasional. asesmen ini  tetap mengikuti  petunjuk kementrian pendidikan,” jelas Helmi, Kadisdikbud Sarolangun.

Sesuai petunjuk Kemendikbud, pelaksanaan asesmen nasional dilakukan berkisar bulan September 2021 mendatang. Yang akan mengikuti assessment ini dipilih secara acak bagi siswa kelas 4 untuk tingkat SD, kelas 8 untuk tingkat SMP dan kelas 11 untuk tingkat SMA.

“Petunjuk kementrian pendidikan  bulan september mendatang sesuai petunjuk pemerintah pusat, asesmen itu institusi yang akan dinilai, dan tidak semua perwakilan siswa akan mengikutinya,” kata Helmi.

Dalam asesmen ini, eksistensi dan kapasitas lembaga dalam satuan pendidikan yang dapat menentukan kelulusan bagi siswa.

“Nilai kelulusan tidak menjadi tolok ukur  untuk melangkah ke tingkat selanjutnya," tutupnya. (Kjcom)

TAGAR: #

indeks berita Berita
BERITA Jumat, 13 September 2024, 19:39WIB
Anggota DPRD Termuda Rengga, Pimpin HIPMI Sijunjung

KAJANGLANGKO.COM, SIJUNJUNG - Rengga Wana Putra anggota DPRD termuda Kabupaten Sijunjung, resmi dipercaya untuk mengomandoi Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten......