beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda RAGAM berita


Rabu, 15 September 2021, 16:30 WIB

Penulis. Redaksi

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia

RAGAM

Gambar: istimewa

 

Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita karena di usia tersebutlah anak selalu ingin membeli mainan.

Namun, ternyata lego juga diminati oleh kalangan lainnya termasuk orang dewasa dan memiliki banyak manfaat. Berikut ini merupakan 6 manfaat lego untuk berbagai kalangan usia.

1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak

Manfaat lego yang pertama adalah meningkatkan kreativitas dan imajinasi si buah hati. Brick yang dominan berbentuk kubus dan balok dapat dirangkai menjadi berbagai objek seperti bangunan, alat transportasi, sebuah tempat, dan lain-lain.

Semakin banyak objek yang dapat dibuat maka kreativitas anak semakin terlatih. Objek sehari-hari juga dapat dibuat oleh lego ini.

2. Membantu anak mengenal warna, ukuran, bentuk, hitungan, hingga profesi

Selain lego kubus dan persegi, ada juga lego yang memiliki banyak bentuk seperti Lego City. Hal ini dapat membantu anak dalam mengenal berbagai jenis bentuk dan ukuran hingga warna.

Lego city juga memiliki banyak seri yang berbeda-beda hingga semakin banyak juga bentuk yang dipelajari. Objeknya pun berbeda-beda hingga ada beberapa lego yang menggambarkan profesi. Anak pun akan memiliki rasa ingin tahu mengenai berbagai jenis profesi.

3. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Lego yang memiliki berbagai jenis bentuk dan hanya dapat dihubungkan dengan beberapa lego juga dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Biarkan anak untuk bermain lego untuk menyalurkan imajinasinya dan membentuk sebuah objek yang ingin dibuat.

Nantinya, anak akan mengalami sedikit masalah karena ada brick yang tidak bisa dihubungkan dengan brick lainnya. Hal itu akan memicu kemampuannya dalam memecahkan masalah hingga mendapatkan brick yang sesuai.

4. Melatih koordinasi tangan dan keahlian motorik

Merangkai lego sebenarnya perlu kesabaran dan ketepatan antara bricks dengan bricks lainnya. Karena hal itulah lego dapat melatih kemampuan motorik anak yang nantinya kemampuan ini sangat diperlukan.

Koordinas iantara mata dan tangan serta kemampuan untuk menggerakan benda akan terlatih. Karena itulah bermain lego sangat direkomendasikan untuk anak berusia kurang lebih 5 tahun.

5. Meningkatkan kemampuan memimpin, bersosialisasi, dan kerjasama

 

Bermain lego sendiri saja sudah memiliki banyak manfaat, apalagi jika dimainkan bersama dengan teman-temannya maupun keluarga. Hal itu dapat melatih jiwa pemimpin seorang anak karena anak yang memilikil ego biasanya akan member tahu temannya akan membuat apa.

Bermain lego bersama dengan teman-teman atau keluarga juga dapat melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi dan bekerjasama karena dalam membuat suatu hal perlu adanya kerjasama agar objek yang ingin dibuat berhasil dibuat.

6. Menghilangkan stress bagi orang dewasa

Ternyata lego tidak hanya bermanfaat untuk anak kecil, namun juga untuk orang dewasa. Saat ini banyak orang dewasa yang bermain lego baik itu untuk koleksi semata maupu nuntuk menghilangkan stress.

Hal itu karena dopamine akan terpacu ketika seseorang berhasil membuat suatu hal, salah satunya membuat sebuah objek dengan lego. Pada hasilnya, orang tersebut akan merasa puas dan melupakan hal yang dapat membuatnya stress.

Itulah 6 manfaat lego yang secara tidak diduga juga memiliki manfaat bagi orang dewasa. Mainan ini memanglah mainan yang sangat menarik. Jika kamu memiliki pendapat manfaat lain dari lego, jangan lupa tulis di kolomkomentar ya. (Kjcom/*)

Editor. Arman Mandaloni

TAGAR: #lego# mainan anak# motorik

indeks berita Ragam
RAGAM Jumat, 22 April 2022, 13:20WIB
Rekomendasi Kafe Populer di Jambi

Kajanglako.com, Jambi – Provinsi Jambi menjadi salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang dikenal dengan wisata alamnya yang asri dan tempat-tempat yang kaya akan sejarah. Bukan hanya itu, Jambi juga jadi......

RAGAM Kamis, 04 November 2021, 16:38WIB
Kabar Gembira: Wisata Religi dari Jambi

Kajanglako.com, Jambi – Bagi anda para pencari dan penikmat wisata religi, ini kabar gembira buat anda. Satu lagi program wisata religi hadir bagi warga Jambi yang ingin merasakan pengalaman spiritual......

RAGAM Selasa, 12 Oktober 2021, 11:25WIB
Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Bujet Terbatas

Kajanglako.com - Tips bepergian berikut dapat mengantarkan Anda ke Luar Negeri dengan nyaman walau memiliki dana minim. Dengan memperhatikan poin-poin utamanya, siapa saja bisa liburan bahkan sampai keluar......