beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda RAGAM berita


Selasa, 13 November 2018, 17:15 WIB

Penulis. Jhoni Imron

Bahas Studi Quran hingga Radikalisme, UIN Jogja dan UIN Jambi Gelar Konferensi

RAGAM SAINT--TEKNOLOGI BERITA NASIONAL

Pembukaan The Eleventh Al-Jami'ah Forum & Conference oleh Rektor / foto: Jhoni

Kajanglako.com, Kota Jambi - Kajian atau studi tentang Islam terus berkembang seiring tumbuh berkembangnya isu-isu atau tema keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Menariknya pula, studi islam selalu berkaitan dengan tema-tema sosial. Pertanyaan-pertanyaan besar dalam studi Islam terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Itulah yang melatarbelakangi The Eleventh Al-Jami'ah Forum & Conference  yang diselenggarakan Al-Jami'ah Journal of  Isamic Studies LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan Journal of Southeast Asian Islam and Society (JSEAIS) LP2M UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Bertempat di Rumah Kito Resort  Komplek Perumahan Mayang, Kota Jambi. Pada Selasa hingga Kamis (13 - 15 November 2018), kegiatan ini mengambil tema Islamic Studies Update, Southeast and Global Perspectives (Update Studi Islam, Perspektif Global dan Asia Tenggara).

Konferensi dan Forum Al Jami'ah ini didedikasikan untuk isu-isu umum dan lebih luas dari studi islam di Asia Tenggara. Untuk itu, penyelenggara telah menerima dan menyaring artikel dari berbagai bidang dalam studi Islam. Di antaranya sub topik : Studi Quran dan Hadist, Kebudayaan dan Sejarah Islam, Teologi Islam, Pilosofi Islam, Sufisme, Hukum Islam, Pendidikan, Da'wah, Politik Islam, Ulama dan Fatwa, Islam dan Isu Gender, Islam dan Media Baru, Islam dan Radikalisme.

Sambutan pembuka oleh Prof Al Makin dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembicara Utama Stijn Cornelis van Huis dari Humbold Universitat zu Berlin.

Kegiatan ini sendiri dibagi menjadi delapan panel, dimana pembicaranya berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di antaranya, ICRS Universitas Gajah Mada, UIN Sunan Gunung Jati, UIN Sulthan Thaha Saifuddin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Kerinci, IAIN Langsa, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Indraprasta PGRI, STAI Taruna Surabaya, STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, IAIN Bukit Tinggi, IAIN Pontianak, Universitas Malikussaleh Aceh, Universitas Sebelas Maret Solo, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Indonesia.

Prof AL Makin dalam sambutannya mengatakan, konferensi kali ini merupakan konferensi pertama Al-Jami'ah yang dilaksanakan di luar Yogyakarta.

Rektor UIN STS Jambi Hadri Hasan saat membuka acara secara resmi mengucapkan terima kasih kepada pengelola dalam kegiatan The Eleventh Al-Jami'ah Forum & Conference. "Kami  berharap kegiatan ini ditindaklanjuti dengan kegiatan lain yang sangat berguna bagi perkembangan kajian islam utamanya di Asia Tenggara," ujarnya. (Kjcom)

TAGAR: #Al Jamiah conference# Islamic Studies

indeks berita Ragam
RAGAM Senin, 09 September 2024, 19:20WIB
Kenali Tiga Jenis Kopi yang Tumbuh di Provinsi Jambi

Kajanglako.com – Provinsi Jambi menjadi salah satu produsen kopi terbesar di Pulau Sumatera bahkan di Indonesia. Saat ini Jambi menjadi penyumbang kebutuhuan kopi di Indonesia juga dunia. Namun tahu kah......