beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Rabu, 17 April 2024, 17:44 WIB

Sutan Riska Rutin Donor Darahnya untuk Anak Penderita Anemia Thalassemia

BERITA DAERAH

Sutan Riska Rutin Donor Darahnya untuk Anak Penderita Anemia Thalassemia

 

KAJANGLANGKO.COM, DHARMASRAYA – Sungguh mulia hati dari seorang pemimpin di Kabupaten Dharmasraya yang juga sebagai Ketua Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang secara rutin memberikan darahnya untuk seorang anak yang bernama Ali Yusuf (13) salah satu pelajar di SMPN 11 Sijunjung.

Ali merupakan salah satu pasien di RSUD Sungai Dareh, karena sejak berumur 1,5 tahun Ali didiagnosa mengidap Anemia Thalassemia. Mengharuskan Ali transfusi darah B+ sebanyak dua kantong setiap bulannya.

Ali merupakan anak dari pasangan Heru Felianto (40) yang dulu sempat bekerja sebagai tukang parkir di pecel lele, dan dua tahun terakhir sebagai staf SPBU Bungui Padang. Sedangkan ibunya bernama Nuryeti (38) bekerja sebagai guru SDN 38 Kunangn Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Sijunjung. Ali mulai mengenal Bupati Sutan Riska saat bertemu di UTD PMI RSUD Sungai Dareh.

Berdasarkan cerita kedua orang tua Ali, Heru dan Nuryeti tatkala Ali sedang dirawat di RSUD Sungai Dareh pada 2020 lalu. Ali tidak mendapatkan darah untuk di donor. Karena tidak ada yang mau mendonorkan darahnya ke PMI. Hal ini disebabkan oleh kondisi pandemi covid19 kala itu.

"Setelah dirawat 2 hari di RSUD Sungai Dareh, kami belum juga mendapatkan Darah untuk di transfusi ke Ali. Nah pada saat itu Pak Bupati Sutan Riska ada kunjungan ke RSUD, dan bertemu dengan Ali. kemudian kami ceritakan kondisi Ali ini kepada beliau, kebetulan pak bupati darahnya sama dengan Ali. Nah sejak saat itu pak Bupati menjadi pendonor untuk Ali, dan Pak Bupati juga menjadi orang tua kedua bagi Ali." ungkap Nuryeti sembari menyeka air matanya.

Sementara itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan membenarkan bahwa ia secara rutin mendonorkan darahnya dan memang diperuntukkan untuk masyarakat yang membutuhkan termasuk Ali.

"Alhamdulillah kita rutin melakukan donor, dan sejak 2020 lalu setiap donor, saya meminta agar darah ini untuk Ali yang mengidap Anemia Thalassemia," ujar Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat ditemui di Pulau Punjung Rabu (17/04/2024).

Bukan hanya itu saja, Bupati berharap agar darah yang disumbangkan untuk Ali dapat bermanfaat untuk mengurangi penyakit yang diderita oleh Ali sejak ia masih kecil.

“Semoga darah yang saya sumbangkan ini dapat berguna bagi Ali. Harapan saya, Ali dapat beraktivitas seperti anak-anak lainnya. Dan dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya. Semoga Ali juga dapat menjadi anak yang hebat, serta dapat mencapai cita-citanya kelak,” pungkas Bupati dua periode. (Sam)

 

 

TAGAR: #

indeks berita Berita
BERITA Minggu, 19 Mei 2024, 23:11WIB
Pemkab Dharmasraya Bantu Rehabilitasi Sosial ODGJ

KAJANGLANGKO.COM, DHARMASRAYA - Pada tanggal 18 April 2024 Pemerintah Kecamatan Sungai Rumbai dikagetkan dengan laporan masyarakat dengan adanya ODGJ tanpa identitas tidur di pinggir jalan. Tepatnya di Jorong......