beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda OASE berita


Senin, 06 Desember 2021, 12:54 WIB

Momen Bahagia

OASE

foto: istimewa

Oleh: Yudi Latif*

Saudaraku, banyak orang memahami kebahagian sebagai kesenangan (pleasure). Padahal kebahagiaan hakiki lebih tepat dimaknai sebagai kesukacitaan (enjoyment).

Pleasure itu menikmati sesuatu secara pasif—tanpa perhatian kesadaran secara mendalam: menonton tv, drug, tidur, dan sebagainya. Enjoyment menikmati sesuatu secara aktif—dengan penuh kesadaran dan keterlibatan.

Psikolog Mihaly Csikszenmihalyi menandai momen bahagia sebagai situasi "mengalir" (flow). Bahwa momen bahagia itu tak terjadi secara kebetulan karena rangsangan peristiwa eksternal, melainkan karena keterlibatan diri dalam berbagai aktivitas yang disukai bernilai tinggi, yang membuat diri hanyut di dalamnya tanpa kuatir atau berfikir hal lain. Para atlit menyebut momen flow ini sebagai "being in the zone" (hadir dan mengalir dalam bidang), para artis menyebutnya dengan istilah "rupture" (putus, melayang).

Flow membantu mengutuhkan diri karena dalam keadaan konsentrasi mendalam, kesadaran biasanya lebih tertata baik (tertib). Pikiran, itikad, perasaan, dan seluruh indera terfokus pada tujuan yang sama. Pengalaman mengalir dalam harmoni. Dan tatkala pengalaman puncak "flow" berakhir, seseorang merasakan hidup lebih "utuh" dari sebelumnya, bukan hanya lebih menyatu dengan dirinya, tetapi juga dengan orang lain dan dunia secara keseluruhan.

Pengalaman "flow" tak memerlukan  penjelasan bagi siapa saja yang menikmatinya; kita hanya perlu menyadari bahwa hal itu memberi kita dua hal penting bagi kebahagiaan: kesadaran tentang tujuan (sense of purpose) dan pemahaman diri sendiri (self-knowledge).

Alhasil, kebermakaan hidup merupakan faktor esensial bagi kebahagiaan. Ketimbang menyia-nyiakan waktu, kesukacitaan dan pemenuhan panggilan hidup dengan melakukan apa yang kita cintai merupakan jalan menuju kebermaknaan dan perwujudan kedirian yang lebih tinggi sebagai puncak momen bahagia.

 

*Pakar Aliansi Kebangsaan, tulisan ini dimuat pertama kali di akun media sosisal Yudi Latif, pemuatan di sini sudah atas seizin penulis.

TAGAR: #oase# yudi latif# kehidupan# kebahagiaan

indeks berita Oase
OASE Kamis, 23 November 2023, 16:18WIB
Psikologi; Legalisasi Ketidakwarasan

Oleh: Nazwar, S. Fil. I., M. Phil.* Psikologi, satu dari sekian banyak disiplin ilmu modern, berciri khas sains, dulunya diidentikkan dengan urusan orang gila. Terlepas definisi yang hingga kini kian......

OASE Selasa, 31 Oktober 2023, 14:32WIB
Berpolitik Secukupnya, Berkawan Selamanya

Oleh: Jumardi Putra* Tensi politik jelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 mulai memanas sedari sekarang. Masing-masing tim koalisi saling intip kekuatan sekaligus kelemahan lawan. Sedangkan barisan......

OASE Rabu, 20 September 2023, 07:38WIB
Dari Kota Tua Ke Pusara Sitti Nurbaya

Oleh: Jumardi Putra* Berkunjung ke kota Padang tidak lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki di Kota Tua atau kerap disebut Padang Lama oleh warga setempat. Itu kenapa usai melaksanakan kegiatan resmi......

OASE Rabu, 09 Agustus 2023, 13:41WIB
Pengelana Buku Itu Berpulang

Oleh: Jumardi Putra* Mendapat kabar siapapun yang mendermakan segenap pikiran dan waktunya untuk kerja-kerja pengetahuan dan kebudayaan jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia menjadi sesuatu yang semakin......