beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BUDAYA berita


Jumat, 11 Oktober 2024, 08:08 WIB

6 Provinsi Rumpun Melayu di Indonesia Ramaikan MWCF 2024

BUDAYA

6 Provinsi Rumpun Melayu di Indonesia Ramaikan MWCF 2024

Usai sukses tahun lalu menggelar Festival Sastra Bapekat Beselang dengan menghadirkan penulis dalam dan luar negeri, kini Yayasan Pusat Kebudayaan Jambi kembali menggelar iven bergengsi yaitu Malay Writers And Cultural Festival (selanjutnya disingkat MWCF) mulai 14-17 Oktober 2024, bertempat di Taman Budaya Jambi.

Perhelatan budaya selama empat hari ini akan dihadiri oleh akademisi, peneliti, budayawan, seniman, sastrawan, dan jurnalis nasional. Mereka yang datang akan mengisi rangkaian kegiatan MWCF 2024 yaitu Panggung Pertunjukan Seni Tradisi Rumpun Melayu, Panel diskusi Manuskrip Melayu, Cerita Anak berbasis Kearifan Lokal serta Artificial Intelligence dan Masa Depan Sastra. Tidak hanya itu, MWCF 2024 juga akan diisi kegiatan pelatihan menulis esai, feature dan cerita pendek oleh mentor profesional di bidangnya yaitu cerpenis nasional Benny Arnas, esais sekaligus pendiri Pendiri Porch Literary Magazine dan redaktur Kompas/sastrawan Hilmi Faiq.

Khusus pertunjukan seni tradisi rumpun Melayu pada MWCF 2024 datang dari 6 Provinsi di tanah air yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur dan Jambi. Kehadiran mereka semua dikomandoi oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) daerah masing-masing dan sekaligus menghadirkan maestro.

Pertunjukan dalam kegiatan “Malay Stage” ini tidak hendak menjadikan kegemilangan masa lalu sebatas barang antik yang dapat membuat sesiapa saja terbelalak lalu terjerembab dalam romantisme masa lampau, tetapi menjadikannya sebagai ruang terbuka untuk ditilik kembali sehingga menjadi pengetahuan dan karya seni kreatif yang berguna sekaligus menginspirasi bagi generasi ke generasi. Tidak hanya sebatas panggung pertunjukan, MWCF kali ini akan menyiapkan dialog bersama maestro seni tradisi dari daerah-daerah yang hadir dalam pestival ini. Keseluruhan pertunjukan diselenggarakan di ruang Teater ARENA Taman Budaya Jambi.

Tunggu apalagi. Mari ikuti seluruh rangkaian kegiatan MWCF 2024. Segala informasi seputar MWCF 2024 dapat diakses melalui instagram Pusat Kebudayaan Jambi: @pusatkebudayaanjambi maupun instagram MWCF 2024: @malaywritersfest.

 

TAGAR: ##mwcf #festival #sastra #budaya

indeks berita Budaya
BUDAYA Jumat, 11 Oktober 2024, 08:22WIB
Pilgub Jambi dan Peta Jalan Pemajuan Kebudayaan

Oleh: Jumardi Putra* Pemilihan Gubernur Jambi 2024 resmi diikuti dua pasangan calon (paslon) yaitu Romi Hariyanto-Sudirman dan Al Haris-Abdullah Sani. Maka, mengedepankan politik gagasan (bukan politik uang)......