beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BUDAYA berita


Jumat, 11 Oktober 2024, 08:06 WIB

Peneliti dan Penulis Cerita Anak Nasional Meriahi MWCF 2024

BUDAYA

Peneliti dan Penulis Cerita Anak Nasional Meriahi MWCF 2024

Usai sukses menggelar program satellite event kerjasama dengan Ubud Writer and Readers Festival tahun lalu, kini Yayasan Pusat Kebudayaan Jambi menggelar Malay Writers And Cultural Festival (selanjutnya disingkat MWCF) mulai 14-17 Oktober 2024, bertempat di Taman Budaya Jambi.

Perhelatan sastra-budaya selama empat hari ini akan dihadiri narasumber ahli baik dari kalangan akademisi, peneliti, budayawan, seniman, sastrawan, dan jurnalis nasional. Rangkaian kegiatan skala nasional ini adalah Panggung Pertunjukan Seni Tradisi Rumpun Melayu, Panel diskusi Manuskrip Melayu, Cerita Anak berbasis Kearifan Lokal serta Artificial Intelligence dan Masa Depan Sastra. Tidak hanya itu, MWCF 2024 juga akan diisi kegiatan pelatihan menulis esai, feature dan cerita pendek oleh mentor profesional di bidangnya yaitu cerpenis nasional Benny Arnas, esais sekaligus pendiri Porch Literary Magazine dan redaktur Kompas/sastrawan Hilmi Faiq.

Khusus panel diskusi Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal akan diselenggarakan pada Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 08.30-11.30 WIB, bertempat di ruang Teater ARENA Taman Budaya Jambi. Berikut tiga akademisi/peneliti/penulis cerita anak yang akan menjadi narasumber ahli pada panel diskusi tersebut.

Pertama, Dr. Murti Bunanta adalah pendiri dan ketua dari Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA, 1986 – sampai sekarang) dan INABBY (Indonesian Board on Books for Young People, 1990 – sampai sekarang, seksi nasional dari IBBY - International Board on Books for Young People). Ia adalah doktor pertama yang menghasilkan disertasi tentang Sastra Anak dari Universitas Indonesia.

Sebagai seorang ahli sastra anak serta Children’s folklorist, ia telah menulis banyak buku anak (50 judul dan 2 buku Panduan tentang Sastra Anak) yang di antaranya mendapat 7 penghargaan Internasional untuk bukunya. Selain penghargaan untuk bukunya, Dr. Murti juga mendapatkan 6 penghargaan Internasional untuk dedikasinya pada sastra Anak di skala Nasional maupun Internasional.

Sampai saat ini ia telah menulis 250-an essai, penelitian, publikasi dan artikel tentang Sastra Anak di berbagai jurnal Internasional. Dr. Murti Bunanta juga menjadi juri di berbagai acara Internasional untuk kompetisi ilustrasi dan mendongeng, juga memberi presentasi di 22 negara selain Indonesia. Sebelumnya selama 32 tahun mengajar Ilmu Sastra Anak antara lain, di Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atma Jaya dan Universitas Islam Negeri serta menjadi pembicara di berbagai Universitas lain di Indonesia dan luar negeri. 

Kedua, Benny Rhamdani adalah penulis cerita anak nasional. Ia telah menulis ratusan cerpen dan dongeng anak-anak di majalah BOBO, Suara Pembaruan, TomTom, Siaga, Kawanku sejak SMP hingga tahun 2000-an. Sejak tahun 2003 mulai menulis buku anak-anak dan remaja dan hingga kini sudah menerbitkan hampir 400 buku. Ia juga pernah menjadi editor buku anak dan remaja di Mizan Publishing selama 15 tahun. Kini ia lebih aktif menjadi juri, narasumber, dan mentor penulisan kreatif.

Ketiga, Ilsa Dewita Putri Soraya, M.A. adalah seorang ASN dengan jabatan fungsional Penerjemah Ahli Muda di Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Bersama dengan enam penerjemah lainnya dalam Kelompok Kepakaran Layanan Profesional Penerjemahan, dan pelibatan masyarakat di Provinsi Jambi, Kantor Bahasa Provinsi Jambi telah menghasilkan terjemahan yang berfokus pada pengembangan literasi lokal. Sejak 2021, timnya telah menghasilkan 68 buku cerita anak bergambar dan berkearifan lokal yang ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Selain itu, Ilsa telah menerjemahkan 73 judul buku cerita anak digital melalui platform StoryWeaver, yang menyediakan cerita anak secara daring. Ia juga terlibat dalam kegiatan kolaborasi antara UNESCO dan Global Digital Library (GDL) bersama dengan KKLP Penerjemahan, Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, dalam penerjemahan buku cerita anak ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Tunggu apalagi. Mari ikuti seluruh rangkaian kegiatan MWCF 2024 di Taman Budaya Jambi, Sungai Kambang, Kota Jambi. Segala informasi seputar MWCF 2024 dapat diakses melalui instagram Pusat Kebudayaan Jambi: @pusatkebudayaanjambi, instagram MWCF 2024: @malaywritersfest dan website Yayasan Pusat kebudayaan Jambi: www.pusatkebudayaanjambi.or.id

TAGAR: ##festival #mwcf #sastra #budaya

indeks berita Budaya
BUDAYA Jumat, 11 Oktober 2024, 08:22WIB
Pilgub Jambi dan Peta Jalan Pemajuan Kebudayaan

Oleh: Jumardi Putra* Pemilihan Gubernur Jambi 2024 resmi diikuti dua pasangan calon (paslon) yaitu Romi Hariyanto-Sudirman dan Al Haris-Abdullah Sani. Maka, mengedepankan politik gagasan (bukan politik uang)......