beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BISNIS berita


Rabu, 23 September 2020, 16:31 WIB

Penulis. Redaksi

Strategi Menyusun Rencana Keuangan Hasil Pinjaman Online

BISNIS

Ilustrasi:red

Kajanglako.com - Tidak hanya untuk skala usaha besar, keuangan pribadi juga perlu dibuatkan rencana keuangan. Hal ini dilakukan supaya pengeluaran setiap bulannya sesuai kebutuhan. Terlebih uang yang digunakan merupakan uang hasil pinjaman online. Tentu Ada harus lebih pintar dalam mengatur keuangan tersebut.

Meminjam uang di pinjaman online pastinya harus membayar cicilan dan bunga setiap bulannya. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat rencana keuangan. Jangan sampai Anda meminjam uang di pinjaman online hanya untuk memenuhi gaya hidup bukan untuk keperluan yang penting. Jika ini terjadi maka akan membuat keuangan menjadi bermasalah. Inilah strategi untuk menyusun rencana keuangan hasil pinjaman online.

1. Mengevaluasi Kondisi Keuangan Saat Ini

Ketika mengelola keuangan bisnis atau pribadi, sangatlah penting untuk melakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan terkini. Masalah yang sering terjadi adalah kurang mengutamakan pengeluaran yang sifatnya penting. Oleh karena itu, buatlah skala prioritas mana pengeluaran yang penting atau tidak.

Evaluasi yang dilakukan bertujuan supaya rencana keuangan yang dibuat bisa sesuai dengan rencana . Terlebih jika biaya yang digunakan untuk memenuhinya merupakan uang hasil pinjaman online. Jika hal ini terjadi maka Anda harus lebih berhati-hati dalam mengelola dana tersebut.

2. Mengatur Tujuan Finansial

 

Sebelum membuat rencana keuangan, sebaiknya terlebih dahulu menentukan tujuan finansial apa yang sedang ingin dicapai. Jika hal tersebut sudah ditentukan maka kedepannya tidak akan menemui masalah. Masalah yang dimaksud misalnya pembelian barang yang tidak terencana.

Bisa dibilang dibuatnya rencana keuangan ini untuk mengontrol keuangan Anda supaya tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Tujuan lainnya untuk menghindari kekacauan keuangan akibat pembelian barang yang tidak dibutuhkan dan tidak direncanakan sebelumnya.

3. Membuat Rencana Keuangan Alternatif

Strategi selanjutnya yaitu membuat rencana keuangan alternatif. Pembuatan rencana keuangan ini bisa membantu keuangan Anda jika penghasilan yang diperoleh belum sesuai dengan harapan. Meski begitu, Anda harus tetap menyisihkan sebagian pendapatan yang dimiliki untuk membayar cicilan.

Sebaiknya Anda memiliki dana darurat karena keberadaannya sangat penting. Dana darurat ini sebagai bentuk antisipasi jika ada suatu hal yang sebelumnya tidak diprediksi. Apabila tidak ingin kejadian ini terjadi maka diharuskan untuk membuat rencana keuangan alternatif.

4. Revisi dan Sempurnakan Rencana Keuangan Secara Berkala

Rencana keuangan yang telah dibuat juga bisa direvisi dan disempurnakan. Terlebih jika rencana keuangan yang dibuat tidak sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Melakukan revisi dan penyempurnaan rencana keuangan secara berkala bisa membantu Anda terhindar dari kerugian.

Biasanya kerugian yang dialami akan terjadi jika rencana keuangan yang dibuat tidak berdasarkan kalkulasi yang tepat dan juga cermat. Maka dari itu revisi rencana keuangan sangat penting untuk dilakukan.

Manfaat Rencana Keuangan 

Pembuatan rencana keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat yang akan dirasakan. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah memberikan potret objektif kondisi keuangan, tolak ukur kemajuan bisnis, membantu dalam merealisasikan perencanaan keuangan, mengalokasikan aset, dan meningkatkan produktivitas.

Apabila Anda sedang membutuhkan pinjaman dana direkomendasikan untuk mengajukan pinjaman di pinjaman online terbaik yang bernama Tunaiku. Mengajukan pinjaman di Tunaiku sangat mudah dilakukan dan syaratnya tidak rumit. Tunaiku itu sendiri merupakan pinjaman online tanpa slip gaji. Artinya saat mengajukan pinjaman Anda tidak perlu melampirkan slip gaji.

Pinjaman online tanpa slip gaji seperti Tunaiku akan mempermudah Anda dalam mendapatkan pinjaman dana. Tidak hanya itu saja, Tunaiku juga sudah terdaftar di OJK sehingga aman dan terpercaya. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, tunggu apalagi? Yuk pakai Tunaiku sekarang juga!

 (Kjcom/*)

Editor. Arman Mandaloni

TAGAR: #bisnis# ekonomi# pinjol#pinjaman online

indeks berita Bisnis