beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Kamis, 19 September 2024, 22:09 WIB

Anggota DPRD, Muhammad Samin Berikan Program Internet Gratis

BERITA DHARMASRAYA

Anggota DPRD, Muhammad Samin Berikan Program Internet Gratis

 

KAJANGLANGKO.COM, TANJUNG JABUNG TIMUR - Anggota DPRD dari fraksi Golkar, Muhammad Samin, memberikan program internet gratis kepada warga. Program internet gratis ini bisa langsung diakses dikediamannya di Jalan Kenangan, Parit 8, Desa Mendahara Tengah, Kecamatan Mendahara.

"Akses internet gratis ini, hanya bisa diakses diseputaran rumah saya. Dengan wifi atas nama dewanku, pasword Muhammad Samin," ujar Mantan General Manager Dharmasraya Ekspres, yang sudah memiliki Uji Kompetensi Wartawan tingkat Utama. Bahkan merupakan wartawan pertama yang menyandang sertifikat wartawan utama, di Kabupaten Dharmasraya.

Kata Samin, program ini sudah dimulai hingga hari ini (19/09/24), sampai lima tahun kedepan jika tidak ada persoalan jaringan dan kerusakan lainnya. Siapapun bisa mengakses internet gratis, tanpa batas.

“Kedepan juga kita akan difasilitasi untuk para pelajar selain internet gratis. Bagi pelajar yang punya tugas bisa digunakan fasilitas laptop untuk membuat tugas, termasuk print gratis bagi khususnya para pelajar,” tegasnya lagi.

Idenya untuk memberikan masyarakat akses internet, dikarenakan banyaknya kegunaan internet untuk masyarakat Mendahara. Sehingga masyarakat dapat mengakses seluruh informasi-informasi penting. Dan tidak ketinggalan informasi yang saat ini sedang berkembang.

Karena menurut Samin, tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini semua kegiatan menggunakan teknologi informasi. Sebab telah berkembang mengikuti perkembangan zaman, dan diiringi dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Menggunakan internet merupakan salah satu kegiatan tersebut.

Jumlah penggunaan internet semakin meningkat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Umumnya mereka menggunakan media sosial seperti Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lainnya adalah alat terbaik untuk pengetahuan dan komunikasi. Media sosial dan media sejenisnya kini menjadi saluran komunikasi dan informasi yang paling banyak digunakan.

“Bukan hanya itu saja, manfaat internet cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari. Internet dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Individu menggunakan internet tidak hanya untuk memudahkan pekerjaan, tetapi juga untuk terhubung dengan orang lain. Di internet juga masyarakat bisa mencari sumber pendapatan tambahan. Dengan menawarkan jasa dan barang untuk dijual,” bebernya lagi.

Bahkan kata mantan mahasiswa S2 Universitas Andalas ini, bahwa manfaat internet bisa juga untuk jual beli online. Masyarakat dapat memanfaatkan internet untuk mencari barang yang diinginkan jika malas keluar rumah untuk berbelanja. Cukup melakukan pemesanan, mengatur pembayaran, dan kemudian menunggu di rumah.

Perilaku dan cara hidup generasi saat ini juga dipengaruhi oleh teknologi internet. Anak-anak zaman sekarang sudah terbiasa dengan internet melalui berbagai macam gadget, termasuk komputer, laptop, tablet, ponsel, smartphone, dan perangkat sejenis lainnya.

Teknologi internet merasuk ke dalam setiap bagian kehidupan mereka, termasuk bermain, mengobrol, bersosialisasi, menekuni hobi, dan aktivitas lainnya.

“Semoga dengan adanya akses internet di daerah ini, pertumbuhan perekonomian masyarakat dapat bertambah. Dengan mereka berjualan melalui internet, bisa mengaksesnya dengan cepat. Membuat penghasilan masyarakat dapat bertambah. Dan ini merupakan salah satu tujuan saya mengabdi, yakni meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga mereka dapat hidup layak, dan mendapatkan penghasilan yang cukup,” pungkas Samin.

Bukan hanya itu saja pesan dari Samin untuk para generasi muda khususnya para pelajar. Samin menghimbau dan menegaskan kepada seluruh pelajar, agar tidak menggunakan akses internet ini untuk hal-hal negatif. Seperti bermain game secara terus menerus, melakukan pembulian terhadap sesame pelajar melalui akses media internet, mengakses situs-situs pornografi, ataupun mencari informasi tentang narkotika yang merupakan obat-obatan terlarang.

“Saya menghimbau kepada para pelajar. Gunakan akses internet ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai akses internet yang sudah ada ini, dibuat untuk hal-hal yang berbau negatif. Sehingga generasi muda disini melakukan hal-hal yang dilarang agama dan hukum yang berlak,” tegasnya lagi.

Sedangkan menurut salah satu warga, Zainudin dengan adanya akses internet di daerahnya yang dipasang oleh Muhammad Samin. Dirinya sangat berterima-kasih, karena baru sekarang ada anggota dewan yang memikirkan akan kemajuan daerahnya. Memikirkan perkembangan perekonomian masyarakat di daerahnya. Serta membuat pemikiran masyarakat setempat menjadi lebih maju dan berkembang lagi.

“Saya pribadi mengucapkan ribuan terima kasih kepada Muhammad Samin, anak muda yang saat ini duduk di kursi dewan. Berkat beliau, daerah ini memiliki akses internet gratis untuk seluruh warga. Dan memikirkan bagaimana ekonomi masyarakatnya bisa bertambah,” kata Zainudin yang diaminkan oleh Acok.(mde)

 

TAGAR: #

indeks berita Berita