beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Minggu, 19 Mei 2024, 23:11 WIB

Pemkab Dharmasraya Bantu Rehabilitasi Sosial ODGJ

BERITA DAERAH

Pemkab Dharmasraya Bantu Rehabilitasi Sosial ODGJ

KAJANGLANGKO.COM, DHARMASRAYA - Pada tanggal 18 April 2024 Pemerintah Kecamatan Sungai Rumbai dikagetkan dengan laporan masyarakat dengan adanya ODGJ tanpa identitas tidur di pinggir jalan. Tepatnya di Jorong Sungai Baye Nagari Sungai Rumbai Kecamatan Sungai Rumbai dengan alas tidur seadanya dalam kondisi sakit.

Tim dari Kecamatan Sungai Rumbai yang langsung dipimpin oleh Camat Sungai Rumbai, Arwenta, TKSK, Kapus Sungai Rumbai dan Tim dari Nagari Sungai Rumbai bersama-sama ke lapangan. Untuk melakukan kegiatan penanganan kedaruratan terhadap ODGJ tersebut.

"Kita langsung membawa ODGJ tersebut ke Puskesmas Sungai Rumbai untuk dilakukan pengobatan. Selanjutnya untuk melakukan tindakan pengobatan medis, maka ODGJ tersebut harus melakukan perekaman identitas kependudukan. Dan identitas ODGJ tersebut bernama Slamet Raharjo dengan wilayah kependudukan Kecamatan Sungai Rumbai," ujar Camat Arwenta, Sabtu, (04/05/24).

Untuk pelayanan selanjutnya Slamet Raharjo dirujuk ke RSUD Sungai Dareh untuk dilakukan rawat inap kurang lebih 2 minggu. Setelah dinyatakan tenang oleh dokter Jiwa dari RSUD Sungai Dareh, maka pihak RSUD melakukan koordinasi dengan Dinas SOSP3APPKB Kabupaten Dharmasraya untuk dilakukan proses rehabilitasi sosial.

Kepala Dinas DINSOSP3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Martin Efendi merekomendasikan saudara Slamet Raharjo untuk dilakukan rehabilitasi sosial di Yayasan Pelita Jiwa Insani Padang. Dan Tim Bidang RPJS yang dipimpin M. Kamel, selanjutnya memfasilitasi saudara Slamet Raharjo ke tempat sesuai rekomendasi Kepala Dinas.

Adapun perkembangan Slamet Raharjo hingga saat ini menunjukkan perkembangan yang lumayan bagus dan Slamet Raharjo sudah bisa mengenal dirinya dan menyebutkan kalau ia berasal dari Pulau Jawa,dan mempunyai seorang adek yang mondok di daerah Jujuhan Muaro Bungo.

"Kalau ditanya soal keluarganya sinar matanya langsung meredup dan menunduk. Kemungkinkan Slamet Raharjo ada permasalahan keluarga dan mengalami gangguan depresi. Mudah-mudahan dengan dilakukan rehabilitasi sosial di Yayasan Pelita Jiwa Insani Padang ini klien bisa kembali normal dan bisa kembali kepada keluarganya,” pungkasnya.(sam)

TAGAR: #

indeks berita Berita