beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Jumat, 22 Maret 2024, 12:01WIB

Baznas Dharmasraya Lounching Program Gemar Berinfak Untuk Siswa

BERITA DAERAH

Baznas Dharmasraya Lounching Program Gemar Berinfak Untuk Siswa

KAJANGLANGKO, DHARMASRAYA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Dharmasraya terus melakukan berbagai inovasi. Dalam upaya peningkatan pengumpulan zakat infak dan sedekah di tengah masyarakat.

Kali ini sebuah program bertajuk “Gemar Berinfak” diperkenalkan kepada siswa Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

“Program ini di samping salah satu upaya peningkatan pengumpulan infak sedekah Baznas. Juga bakal diharap sebagai wahana edukasi bagi anak didik untuk terbiasa gemar berinfak atau bersedekah,” sebut Ketua Baznas Z.Lubis melalui Waka I Pengumpulan, Ridwan Syarif, di sela-sela kegiatan louncing program Gemar Berinfak di SD Negeri 04 Koto Besar Abai Siat, Kamis (21/03/24)

Turut hadir dalam kesempatan ini, Kadisdik Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, S.STP, Ketua Baznas Z Lubis, S.Pd, Kepala Sekolah SD Negeri 04 Koto Besar Erni Yusnita, S.Pd, Kepala sekolah SDN se Kecamatan Koto Besar, Komite sekolah, Bamus Nagari beserta majelis guru dan perwakilan wali murid.

Diterangkan, program Gemar Berinfak sebenarnya adalah sangat sederhana sekali. Siswa dibekali dengan sebuah celengan dan ditaruh di rumah masing-masing.

 

Saat ada sisa belanja, jajan dengan kesadaran sendiri dan keikhlasan masukkan ke dalam celengan tersebut. Dan diharap siswa juga mengajak para orang tua dan anggota keluarga lainnya yang satu rumah untuk mau berinfak.

“Selang dua, tiga bulan nanti infak sedekah dikumpul oleh Da’i kecamatan. Dan 50 persen dana infak sedekah ini akan dikembalikan ke sekolah dalam bentuk program sosial. Baik untuk siswa maupun sarana sosial lainnya di lingkungan sekolah,” sebut Ridwan

Bobby Perdana Riza menyambut baik program ini sebagai sebuah pembelajaran luar sekolah. Mendidik siswa agar suka dan gemar berinfak maupun bersedekah.

Di luar itu juga memupuk sikap peduli siswa, mengajak keluarga, orang tua untuk gemar berinfak. Melalui program yang digagas Baznas ini.

 

“Artinya anak menjadi pembuka jalan untuk kebaikan bagi orang tua. Sekaligus sejak usia dini telah membiasakan diri menampilkan sikap peduli. Anak sebagai investasi masa depan, sekaligus menjadi investasi akhirat,” terang Bobby

Kadis Bobby juga mengigatkan kepada pihak sekolah, bahwa tidak boleh ada pemaksaan terhadap siswa. Dan infak sedekah inipun tidak pula di kelola oleh sekolah.

“Sekolah hanya pendamping program,” sebut mantan Kadis Sosial Dharmasraya itu.(sam)

 

TAGAR: #

indeks berita Berita
BERITA Rabu, 17 April 2024, 17:06WIB
Bupati Dharmasraya Lakukan Inspeksi Kendaraan Dinas

  KAJANGLANGKO.COM, DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melakukan inspeksi ratusan kendaraan dinas Pemkab setempat, di Pulau Punjung, Rabu (17/04/2024). Hal tersebut dilakukan......