beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda PUSTAKA berita


Senin, 04 Juli 2022, 13:54 WIB

Mencari Indonesia 4: Dari Raden Saleh Sampai Ayu Utami

PUSTAKA

Karya terbaru Dr. Riwanto Tirtosudarmo

Oleh: Rakeeman R.A.M. Jumaan*

Nama sekaligus kiprah Dr. Riwanto Tirtosudarmo tentu tidak asing lagi di kalangan peneliti khususnya di LIPI (kini, BRIN). Pria kelahiran Tegal (Jawa Tengah) tahun 1952 itu telah malang melintang dalam bidang penelitian sejak tahun 1980 hingga pensiun pada 2017 lalu. Sebut saja ia pernah menjadi peneliti di Leknas LIPI (1980-1986), lalu di PPT LIPI (1986-1998) dan hingga pensiun menjadi peneliti di PMB LIPI (1998-2017).

Berbagai pengalaman luar negeri juga pernah dilakoninya, di antaranya sebagai Senior Visiting Researcher Fullbright di Brown University, USA (1996-1997); Fellow-in-Residence Netherlands Institute for Advanced Studies (NIAS), Belanda (2000-2001), Visiting Professor Institute for  Language and Culture of Asia and Africa (ILCAA), Tokyo University for Foreign Studies (TUFS), Jepang (2003-2004); Visiting Fellow Refugee Studies Centre (RSC), Oxford University, Inggris (2005); Visiting Fellow, KITLV, Belanda (2007) dan banyak lainnya.

Sesuai dengan bidang keahliannya, alumnus dari Research School of Social Sciences, Australian National University, Canberra, Australia (1990) itu telah melahirkan buku-buku yang berkualitas dalam kajian Demografi Sosial. Di antaranya: Dari Riau Sampai Timor-Timur: Demografi Politik Pembangunan di Indonesia (Sinar Harapan: 1996), From Colonization to Nation-State: The Political Demography of Indonesia (Revised Edition, Springer, 2022) dan buku yang tengah diresensi ini, Mencari Indonesia 4: Dari Raden Saleh Sampai Ayu Utami (BRIN Jakarta: 2022). Buku ini merupakan buku keempat yang diterbitkan secara berseri, setelah buku Mencari Indonesia 1 sampai 3.

Buku ini selain bernas dan berbobot juga komprehensif. Di dalamnya, Dr. Riwanto secara lancar dan tidak patah-patah mengulas sebanyak 67 sosok intelektual, “tidak hanya tokoh intelektual Indonesia, namun juga tokoh intelektual dari luar Indonesia yang mempelajari keindonesiaan mulai dari agama hingga politik. (Pengantar Penerbit, hlm. Xi)

Sosok tokoh intelektual tersebut disusun berurutan secara alfabetis. Mulai dari abjad A yang memiliki 13 sosok tokoh, hingga abjad W yang hanya memiliki satu sosok tokoh yaitu Widjojo Nitisastro. Sosok Ayu Utami sendiri berada pada urutan ke-13 dalam abjad A tersebut. Sedangkan Raden Saleh merupakan sosok satu-satunya dalam abjad R. Entah apa alasan penulisnya menjadikan kedua sosok tersebut sebagai sub judul bukunya? Apakah karena keduanya merupakan seorang seniman?

Semua sosok yang dituliskan dengan gaya bahasa lugas namun bernas tersebut sangat menarik. Sosok-sosok itu  berasal “dari masa sebelum kemerdekaan sampai pasca-reformasi, seperti saat ini” (Pengantar Penerbit, hlm. vi). Penerbitnya –BRIN—berharap agar buku ini dapat memberikan sumbangan untuk menumbuhkan rasa hormat dan harga diri akan keberagaman khazanah keintelektualan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Salah satu yang menarik dari keseluruhan isi bukunya ini adalah paparannya mengenai Manuel Kaisiepo. Sosok asal Papua itu, sebagaimana ditulis pengarang buku, terbilang gesit dalam memperoleh referensi saat itu (1980-an). Ini menunjukkan bahwa Manuel Kaisiepo adalah seorang intelektual yang terus bergerak. Pendapatnya mengenai Papua, yang saat ini masih tetap bergejolak, sangat relevan.

“Bagi orang Papua, mungkin karena pengalaman sejarah yang getir, ada yang lebih berharga dari sekadar kesejahteraan material, yaitu martabat dan harga diri; dan itu yang selama ini diabaikan. Setelah Aceh, Papua adalah ujian terakhir; mampukah Indonesia berdiri sebagai sebuah republik yang menghargai warga negaranya sendiri.” Demikian pendapat Manuel Kaisiepo sebagaimana dikutip oleh Dr. Riwanto dalam bukunya tersebut.

Setelah membacanya secara utuh, buku ini memang terbukti memiliki kelebihan khusus. Banyak informasi baru dari sosok tokoh intelektual yang dituliskan di dalamnya, yang selama ini mungkin belum terungkap ke permukaan. Informasi baru itu laiknya kepingan puzzle yang dapat dirangkai dengan tepat oleh pengarangnya menjadi satu kesatuan yang utuh: Indonesia!

Namun tiada gading yang tak retak, buku setebal 410 halaman ini tetap masih memiliki kekurangan. Dan, kekurangan itu adalah harus lebih banyak lagi mencantumkan sosok tokoh intelektual Papua. Secara proporsional, misalnya, bila ada 167 sosok, maka sebanyak lima atau enam sosok asal Papua yang dapat dituliskan di dalamnya.

*Manokwari (Papua Barat), 4 Juli 2022 . Dr. Rakeeman R.A.M. Jumaan merupakan Pembina Nasional Forum Mahasiswa Studi Agama-Agama se-Indonesia (FORMASAA-I) Manokwari, Papua Barat.

Editor. KJ-JP

TAGAR: #Pustaka#Intelektual publik#LIPI#BRIN

indeks berita Pustaka
PUSTAKA Jumat, 22 Juli 2022, 08:00WIB
Mereka Dibutuhkan Namun Tidak Dikehendaki

Oleh: Wijanarto*  Sepotong puisi Soebagia Sastrowardoto, Manusia Pertama di Angkasa Luar diterakan pada awal buku ini. Begini kutipannya: Berilah aku satu puisi daripada seribu rumus ilmu yang penuh janji......

PUSTAKA Jumat, 01 Oktober 2021, 07:31WIB
Mencari Indonesia 3

Oleh: Ilsa Nelwan* Permintaan kritik dan komentar diterima tanggal 15 September dari pak Riwanto mengejutkan bagiku. Namun aku juga merasa bahwa ini merupakan gesture kerendahan hati seorang Professor yang......