beranda pilihan editor
Perspektif Oase Pustaka Jejak Sosok Wawancara Akademia Ensklopedia Sudut

Beranda BERITA berita


Kamis, 09 Mei 2024, 15:08 WIB

DPRD Kabupaten Dharmasraya Gelar Bimtek RPJM Dan RPJPD Digelar Oleh

BERITA DAERAH

DPRD Kabupaten Dharmasraya Gelar Bimtek RPJM Dan RPJPD Digelar Oleh

KAJANGLANGKO.COM, DHARMASRAYA – Laksankan bimbingan teknis atau bimtek bertema “optimalisasi peran DPRD menjelang akhir masa jabatan”, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya ikuti bimtek dengan khidmat di Ibis Style Gajah Mada, Jakarta. Kamis, (09/05/2024).

Bimtek ini berlangsung selama empat hari dengan agenda yang dilaksanakan dalam rangka mendalami tentang Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Sekaligus pembahasan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang Daerah (RPJM dan RPJPD).

 

Pelaksanaan bimtek ini turut didampingi oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), Imam Mahfuri. Pelatihan atau Bimtek DPRD yang dilaksanakan bersama Sekwan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang tugas-tugas legislatif, prosedur kerja, dan administrasi.

Selain itu bimtek juga dilaksanakan untuk mengetahui dan mendalami peran DPRD, pembuatan peraturan daerah, tata tertib sidang, serta pengelolaan dokumen, hingga penyusunan RPJM dan RPJPD.

Terkait penyusunan RPJMD dan RPJPD sebagai acuan dasar pemecahan permasalahan daerah dilakukan melalui koordinasi antar pelaku pembangunan, integrasi, sinkronisasi, serta sinergi antar fungsi pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat, dan partisipasi masyarakat.

“Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pendalaman tugas bagi seluruh personil DPRD Kabupaten Dharmasraya. Agar diakhir masa jabatan dapat memberikan yang terbaik sebagai masyarakat,” tutur Imam Mahfuri.

Dasar hukum dari kegiatan pendalaman tugas ini yakni UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Permendagri No: 133/2017, tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.(Sam)

 

TAGAR: #

indeks berita Berita
BERITA Minggu, 19 Mei 2024, 23:11WIB
Pemkab Dharmasraya Bantu Rehabilitasi Sosial ODGJ

KAJANGLANGKO.COM, DHARMASRAYA - Pada tanggal 18 April 2024 Pemerintah Kecamatan Sungai Rumbai dikagetkan dengan laporan masyarakat dengan adanya ODGJ tanpa identitas tidur di pinggir jalan. Tepatnya di Jorong......