Sabtu, 16 Oktober 2021


Minggu, 23 Juni 2019 14:17 WIB

Ikut Panen Bawang Putih di Jangkat, Begini Kata Akademisi IPB Cara Untuk Hentikan Impor

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita Daerah

Tampak atas, hamparan tanaman bawang putih di Jangkat Merangin (Foto:kajanglako/Humas Pemprov Jambi)

Ikut Panen Bawang Putih di Jangkat, Begini Kata Akademisi IPB Cara Untuk Hentikan Impor

Kajanglako.com, Merangin – Selain Gubernur Jambi Fachrori Umar, Bupati Merangin Al Haris dan beberapa pihak terkait, hadir juga Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Munif Gulamahdi pada kegiatan penen perdana pilot project Bawang Putih di wilayah Jangkat Kabupaten Merangin, sabtu (22/06).



Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hasil panen bawang putih ini merupakan kerjasama antara Pemerintah dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), PT CGU serta Institut Pertanian Bogor (IPB).

Usai melakukan panen, Prof Munif Gulamahdi mengatakan penanaman bawang putih di Jangkat Merangin ini, merupakan salah satu upaya untuk mengurangi bahkan menghentikan import. Menurut akademisi IPB ini, memproduksi sendiri merupakan cara untuk menekan dan menghentikan impor tersebut.

“Untuk mengurangi dan menghentikan import, tidak ada cara lain selain memproduksi sendiri. Dan itulah penanaman bawang putih dilakukan di Jangkat,” kata Prof Munif.

Munif mengatakan, lahan seluas sekitar 20 hektare yang digunakan untuk penanaman bawang putih ini, merupakan lahan yang ditinggal oleh petani. Lahan ini disewa oleh PT CGU dengan harga Rp1 juta per hektare per tahunnya.

Munif melanjutkan, meskipun penanaman bawang putih di Jangkat memiliki tatangan yang berat, namun dirinya optimis dapat berhasil dan memenuhi target. Sediktinya 100 hektare bawang putih menjadi target yang harus dipanen.

Dirinya berahap sinergi antara Akademisi, Business, Goverment dan Community atau disebut dengan sinergi ABGC, dapat memberikan harapan baru dalam meningkatkan komoditas bawang putih. Dikatakan Munif, untuk panen perdana ini akan digunakan sebagai bibit untuk penanaman selanjutnya. (Kjcom)


Tag : #jambi #merangin #komoditas #komoditi #bawang putih #ipb #institut pertanian bogor #jangkat



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah