Sabtu, 16 Oktober 2021


Kamis, 31 Agustus 2017 17:32 WIB

Warga Sekernan Tertangkap Ilegal Loging di Tanjabbar

Reporter :
Kategori : Tanjabbar

Barang bukti ilegal loging yang berhasil diamankan Polres Tanjab Barat

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Seorang warga RT 03 Desa Berembang, Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi, AM bin JK (45) terpaksa berurusan dengan polisi di wilayah hukum Tanjab Barat.

AM kedapatan merambah hutan (ilegal loging) di Dusun Simpang Abadi, Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara. Pelaku kepergok security perusahaan sedang menebang batang pohon tanpa izin.



Kapolres Tanjab Barat melalui Kasat Reskrim AKP Pandit Warsito, membenarkan penangkapan pelaku ilegal loging yang diamankan bersama barang bukti potongan balok kayu.

“Pelaku ketangkap basah oleh Security G4S PT RHM yang sedang patroli. Security menemukan mobil di TKP dan 3 orang sedang menebang pohon atau merambah hutan tanpa izin dari instansi terkait, lantas penemuan ini langsung dilaporkan ke Polres Tanjab Barat,” ungkap Kasat Reskrim.

Mendapat laporan, polisi langsung bergerak cepat, pihak Polres Tanjab Barat berkoordinasi dengan Polsek Betara untuk mengamankan para pelaku.

“Dua pelaku, AB (45) dan MS (40),  warga Desa Berembang Muaro Jambi berhasil melarikan diri. Mereka masih dalam pengejaran,” kata AKP Pandit.

Barang bukti yang berhasil diamankan, berupa satu mobil pickup Suzuki Futura BH 9558 AT warna putih, empat batang kayu bulat ukuran 2 meter yang telah dipotong.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis. Yakni pasal 40 ayat 1 junto pasal 19 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1 UU 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Guna penyelidikan lebih lanjut, pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Tanjab Barat,” tandasnya. (die)


Tag : #Ilegal Logging #Tungkal #Hutan



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah