Sabtu, 16 Oktober 2021


Senin, 05 Februari 2018 16:40 WIB

Setelah 18 Tahun, Kisruh Empang Benao dengan PT KDA Usai

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Merangin

Suasana Mediasi antyara pihak perusahaan dengan Warga. (Foto;Kajanglako.com/Riki Saputra)

Kajanglako.com, Merangin - Konflik antara warga Desa Empang Benao, Kecamatan Pamenang dengan PT Krisna Duta Agrindo (KDA) yang berlangsung sejak 1999 lalu, akhirnya usai.

Kedua belah pihak sepakat mengakhiri kisruh dengan beberapa catatan. Mediasi kedua belah pihak langsung ditengahi Bupati Merangin, Al Haris, Senin (5/2).



Bupati Merangin, Al Haris dibincangi awak media usai mediasi mengatakan, konflik kedua belah pihak memuncak 1999 lalu. Pada tahun 2000 mulai dilakukan upaya penyelesaian, namun ada bantuan perusahaan belum diterima masyarakat, sehingga kisruh terus berlangsung.

"Lalu tahun 2013 juga dilakukan mediasi, namun juga menemui jalan buntu. Barulah tahun ini dilakukan mediasi dan menemui kata kesepakatan antar kedua belah pihak," kata Al Haris.

"Hasil mediasi kita menemukan kesepakatan yang penting, hasilnya nanti kita notariskan, agar ke depan tidak ada lagi kedua belah pihak tidak sepaham," tambah Bupati lagi.

Bupati Al Haris melanjutkan, mediasi antara warga Empang Benao dengan PT KDA yang difasilitasi Pemkab, menghasilkan beberapa keputusan.

"Ada beberapa poin permintaan warga yang disepakati perusahaan, diantaranya bantuan sosial Rp 200 juta, perbaikan jalan Empang Benao dengan KDA dan beberapa poin lainnya," terangnya. (kjcom)


Tag : #Konflik Lahan #Mediasi #Merangin #PT. KDA



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah