Selasa, 02 Maret 2021


Selasa, 19 Desember 2017 13:20 WIB

Lima Napi LP Kelas II Bungo Dapat Remisi

Reporter : Sonny Zhuyoen
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

LP Kelas II Bungo

Kajanglako.com, Bungo - Jelang Natal, warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Muara Bungo akan mendapat remisi. Raden Abdul Rozak, Pengelola Sistem Data Base Kemasyarakatan LP Kelas II Muara Bungo mengatakan, ada 5 Napi yang mendapatkan remisi. Kelimanya terlibat kasus Narkotika, namun dengan jumlah masa tahanan yang berbeda.

Raden mengatakan dari lima orang ini ada 4 orang beragama kristen protestan dan satu orang katolik. “Jadi ada 5 orang yang kita usulkan untuk mendapatkan remisi Natal,” katanya, pada Selasa (19/12).



Dari lima orang itu, kata Raden, dua orang terkait kasus Narkotika yang masa hukumanya lima tahun atau lebih, dan 3 orang di bawah lima tahun. Namun, semuanya terkait kasus Narkotika.

“Kalau untuk dua orang kasus PP 99 itu hukumannya lima tahun ke atas. Kasusnya Narkotika. Kalau untuk 2 orang lainnya karena di bawah 5 tahun mereka masuk kategori kriminal umum,” katanya lagi.

Raden mengatakan ada dua persyaratan yag disiapkan untuk warga binaan mendapat remisi ini. Pertama persyaratan administratif, kemudian persyaratan subtantif. “Kalau subtantif, memiliki kelakuan baik selama di Lapas,” katanya.

“Kalau syarat administratif kita yang menyiapkan. Seperti fotokopi vonis, surat perintah penahanan, kemudian daftar perubahan dan khusus PP 99 ada tambahan surat keterangan bekerjasama dengan pihak polisi atau jaksa dalam membongkar kasus yang sedang dialaminya atau kasus terkait,” tambahnya lagi.

Selain itu, kata Raden, yang memberikan remisi pun berbeda antara yang terkena PP 99 dengan yang kriminal umum. “Kalau untuk PP 99 remisinya dari pusat langsung. Waktu turun remisinya sedikit panjang, kadang lewat satu bulan karena pendandatangannya langsung dari Dirjen. Tapi kalau sudah memenuhi syarat itu bisa turun,” terangnya.

Terkait tahanan umum persetujuan langsung dari Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi. “Biasanya sebelum hari Natal sudah diterbitkan,” ungkapnya.

Lapas kelas II Muara Bungo sendiri ada 433 warga binaan, tahanan dan narapidana. Meski pun begini perkara yang mendominasi ada pada kasus Narkotika.

“Dari 433 itu ada 195 orang terkait kasus Narkotika,” ungkapnya. (kjcom)


Tag : #Natal #Remisi #Lapas Bungo #Napi



Berita Terbaru

 

Perspektif
Rabu, 24 Februari 2021 20:17 WIB

Jokowi dan Anies Baswedan


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Mungkin ada banyak perbedaan antara keduanya. Gaya bicaranya, blusukannya, taktik melobinya, politik identitasnya dan

 

Perspektif
Senin, 22 Februari 2021 17:18 WIB

Ada Yang Membusuk dalam Darah di Tubuh Kita


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Mungkin di tubuh saya dan sebagian dari kita sudah ada virus covid-19, tetapi tidak ada gejala yang tampak dari luar. Kita

 

Sejarah Jambi
Senin, 22 Februari 2021 16:29 WIB

Walter M Gibson


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Dalam rangka menyiapkan tulisan untuk rubrik ‘Telusur Jambi,’ saya teringat pada satu tas

 

Hari Sampah
Minggu, 21 Februari 2021 10:20 WIB

Peringati Hari Sampah Lewat Program Sepuluh Jari Menganyam


JAMBI--Memperingati hari sampah yang jatuh setiap 21 Februari, masyarakat Jambi diajak untuk lebih peduli lingkungan. Mulai dari diri sendiri. Mulai dari

 

Sengketa Rumah Ibadah
Kamis, 18 Februari 2021 10:42 WIB

Sengketa Rumah Ibadah dan Kearifan Budaya Lokal Jambi


Oleh: Juparno Hatta* Di mata dunia internasional, Indonesia dikenal dengan nilai toleransi yang tinggi di tengah-tengah kemajemukan sebagai sebuah kesemestian.