Minggu, 26 Juni 2022


Senin, 13 Juni 2022 14:01 WIB

Bupati Sentil Keras Kepala OPD yang Belum Produktif dan Profesional

Reporter : Samin
Kategori : Berita Daerah

Bupati saat memimpin apel gabungan.

 

Kepala OPD Diminta untuk Tunjukkan Inovasi dan Kinerja



 

DHARMASRAYA – Dalam apel gabungan bulan Juni 2022 di halaman kantor Bupati Dharmasraya, orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dengan tegas menyentil seluruh Kepala OPD yang masih kurang produktif. Terutama yang belum menjalankan seluruh tugas dan fungsinya sebagai Kepala OPD, sebagaimana mestinya. Sentilan keras ini disampaikannya dihadapan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya, Senin, (13/06/22).

Dengan tegas Bupati dua periode tersebut menggatakan bahwa sampai pada hari ini masih banyak Kepala OPD yang belum melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, dan sebagaimana mestinya. Jika memang belum dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, lebih baik mundur dari jabatan yang saat ini diamanatkan karena masih banyak yang mengantre di belakang untuk duduk di jabatan tersebut.

“Jika memang bapak ibu belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sebaik mungkin, silakan mundur dari jabatan yang saat ini bapak dan ibu pegang. Masih banyak orang yang mengantre di belakang untuk berada di posisi ibu bapak. Karena bukan saya yang harus mengikuti keinginan atau kemauan bapak dan ibu, melainkan bapak dan ibu lah yang mengikuti keinginan atau kemauan saya. Karena saat ini saya yang memimpin,” tegas Bupati di hadapan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya.

Bupati juga akan mengecek seluruh program yang ada di OPD masing-masing, karena saat ini sudah berada di posisi bulan Juni yang seharusnya sudah terealisasi. Dan itu merupakan janji dari para pejabat yang ingin duduk di kursi tersebut, untuk memberikan program-program kerjanya.  “Saya akan mengecek ke masing-masing OPD program apa apa saja yang sudah berjalan. Dan saya minta agar janji bapak ibu sebelum menjabat agar dapat direalisasikan,” katanya lagi.

Bupati hanya meminta kepada seluruh Kepala OPD agar dapat serius dalam bekerja, focus pada etos kerja yang ada. Selesaikan seluruh program yang saat ini sedang kita susun, bukan hanya sekedar menjabat saja tetapi tidak dapat bekerja secara maksimal. Tukar pola pikir bapak ibu dalam bekerja yang menggunakan gaya kerja yang santai dan energi yang negative terus yang dikeluarkan. Dibutuhkan saat ini adalah kerja sama yang baik, antara Kepala Daerah dengan seluruh Kepala OPD dan ASN yang ada. Sehingga mewujudkan apa yang kita harapkan dan kita inginkan.

“Saya minta kepada bapak ibu agar dapat mengubah pola pikir yang selalu menyalahkan orang lain, tidak mau bekerja dan mengeluarkan energi negative terus. Yang saya inginkan adalah kerja sama yang baik antara saya dan bapak ibu, sehingga dapat terwujud apa yang kita harapkan dan kita inginkan untuk Kabupaten Dharmasraya ini. Jika, bapak ibu tidak bisa bekerja. Ya, silakan saja mundur dari jabatan bapak ibu,” gertaknya lagi.

Ada saatnya bapak ibu berada di posisi tersebut, akan tetapi bukan dengan cara memaksakan kehendak bapak dan ibu. Karir yang diperoleh itu bukan dari pemaksaan kehendak kita saja, akan tetapi ada jalur yang harus dilalui dengan baik dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Untuk itu, dalam situasi yang sangat sulit ini sebaiknya kita tidak perlu mempersulitkan diri kita sendiri.

“Saya ingin teruslah bangun komunikasi dengan baik, agar ada hasil yang maksimal nantinya. Bukan hanya sekedar rapat-rapat saja, tetapi hasilnya tidak ada sama sekali. Karena evaluasi itu sangat penting, sehingga hasil akhir nya jelas dan bagus. Saya ingin inovasi dari bapak ibu, bukan kerja harian yang dilaporkan. Konsistenlah dalam bekerja bukan cuma bercerita atau membuat cerita saja. Karena harus ada tanggung jawab dari bapak ibu sebagai ASN. Jangan bersifat apartis atau tidak mau tau dengan daerah. Kalo sifat ini ditanamkan, maka hancurlah,” jelasnya lagi.

Bupati juga mengungkapkan dengan tegas kepada Kepala OPD yang tidak ingin masuk dalam barisannya silakan keluar dari barisan, jangan sampai menjadi duri dalam daging. Konsistenlah dalam menjalankan seluruh tugas yang diberikan. Dan jalankan komitmen kita sesuai dengan yang diharapkan, sehingga Kabupaten Dharmasraya nantinya dapat berkembang dan maju.(sam)




Berita Terbaru

 

Politik dan Kepimimpinan
Senin, 20 Juni 2022 21:45 WIB

Negeri Ini Tidak Kurang Calon Presiden. Membaca Kembali Nasihat Al-Ghazali


Oleh: Jumardi Putra* Negeri ini tidak pernah kurang calon presiden. Bahkan mereka umumnya berlagak laiaknya Satrio Piningit yang akan membawa

 

Selasa, 14 Juni 2022 20:22 WIB

Kapolda Sumbar Berikan Pesan Mendalam untuk Para Personel


  DHARMASRAYA - Setelah satu tahun ditempati, akhirnya Batalyon C pelapor Satbrimob Polda Sumatera Barat yang diberi nama Sibinuang Dharma Wira Utama

 

Selasa, 14 Juni 2022 15:45 WIB

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sumbar Diresmikan


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Upacara Peresmian Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda

 

Senin, 13 Juni 2022 20:39 WIB

Bupati : Potensi Budaya Lokal Menjadi Peluang Kabupaten Menjadi Maju


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya.

 

Senin, 13 Juni 2022 13:09 WIB

Apel Gabungan Bulan Juni, Bupati Sampaikan Banyak Pesan Kepada Seluruh ASN


    DHARMASRAYA – Orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin apel gabungan bulan Juni 2022 di halaman