Minggu, 26 Juni 2022


Minggu, 05 Juni 2022 20:43 WIB

Begini Kemeriahan Halalbihalal BMKJ Jakarta

Reporter : Jhoni Imron
Kategori : Berita Nasional

Foto: Istimewa

Kajanglako.com, Jakarta - Mengusung tema "Sucikan hati kuatkan silaturahmi dalam membangun Jambi", Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta sukses menggelar Halalbihalal warga Jambi di perantauan.

Acara yang diselenggarakan di Aula
Serbaguna Kementerian Tenaga Kerja RI, Jakarta, Minggu (5/6), ini juga dihadiri Gubernur Jambi Al Haris.

Hadir pula tokoh-tokoh masyarakat Jambi, mantan Menteri di masa Presiden Abdurrahman Wahid dan B J Habibie, Marzuki Usman, Ketua BMKJ Nasional Irjen Pol (purn) Syafril Nursal, Anggota DPR RI Hasan Basri Agus, Anggota DPD RI Dapil Jambi Elviana, Bupati Batanghari M Fadhil Arief, Pj Bupati Muaro Jambi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, beberap jendral aktif dan SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Halalbihalal  juga diikuti ratusan masyarakat Jambi perantauan yang ada di Jakarta dan sekitarnya.



Ketua BMKJ Jakarta, Muslimin Tanja dalam sambutannya mengatakan, Halalbihalal ini digelar agar masyarakat Jambi yang ada di Jakarta bisa bernostalgia dengan kampung halaman.

"Halalbihalal sebagai wadah agar kita saling mengenal, bernostalgia dengan kampung halaman," ujar Muslimin.

"Ini merupakan salah satu upaya BMKJ untuk mempererat silaturrahmi, meningkatkan solidaritas antar warga Jambi di perantauan. Selain itu, harapannya dengan kegiatan ini, kita bisa mengasah rasa peduli terhadap tanah kelahiran ataupun kampung halaman kito, dan meningkatkan rasa persatuan warga Jambi sebagai keluarga besar BMKJ Jakarta," sebutnya.

Putra daerah Tanjab Timur itu juga menyampaikan kesiapan BMKJ secara organisasi dan warga Jambi di perantauan, dalam membantu percepatan pembangunan dan kemajuan di Provinsi Jambi.

"Bagaimanapun BMKJ Jakarta siap mengambil peran penting dalam berbagai  pembangunan di Jambi, melalui sumbangan pemikiran yang dianggap mampu dilakukan dan berguna bagi kemajuan Provinsi Jambi," kata Muslimin.

Meski demikian, kata Muslimin, warga Jambi di Jakarta juga bukan orang yang abai terhadap daerah di mana mereka kini tinggal dan menetap.

Direktur Puspoll Indonesia itu juga meyakinkan bahwa warga Jambi perantauan juga merupakan orang-orang yang masih memegang teguh seloko adat Jambi.

"Kita orang Jambi di perantauan, dalam hatinyo sudah terpatri nilai-nilai yang diwariskan nenek moyang kito. Di mano bumi dipijak di situ langit dijunjung, di mano temilang dicacak di situ tanaman tumbuh, di mano ranting dipatah, di situ aek disauk," ujar Muslimin di akhir sambutannya.

Halalbihalal bersama warga Jambi di perantauan kali ini digelar sangat meriah. Acara dibuka dengan tarian tradisional Jambi. Lalu ada hidangan makanan khas Jambi, dan diiringi hiburan lagu-lagu daerah Jambi. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Politik dan Kepimimpinan
Senin, 20 Juni 2022 21:45 WIB

Negeri Ini Tidak Kurang Calon Presiden. Membaca Kembali Nasihat Al-Ghazali


Oleh: Jumardi Putra* Negeri ini tidak pernah kurang calon presiden. Bahkan mereka umumnya berlagak laiaknya Satrio Piningit yang akan membawa

 

Selasa, 14 Juni 2022 20:22 WIB

Kapolda Sumbar Berikan Pesan Mendalam untuk Para Personel


  DHARMASRAYA - Setelah satu tahun ditempati, akhirnya Batalyon C pelapor Satbrimob Polda Sumatera Barat yang diberi nama Sibinuang Dharma Wira Utama

 

Selasa, 14 Juni 2022 15:45 WIB

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sumbar Diresmikan


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Upacara Peresmian Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda

 

Senin, 13 Juni 2022 20:39 WIB

Bupati : Potensi Budaya Lokal Menjadi Peluang Kabupaten Menjadi Maju


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya.

 

Senin, 13 Juni 2022 14:01 WIB

Bupati Sentil Keras Kepala OPD yang Belum Produktif dan Profesional


  Kepala OPD Diminta untuk Tunjukkan Inovasi dan Kinerja   DHARMASRAYA – Dalam apel gabungan bulan Juni 2022 di halaman kantor Bupati Dharmasraya,