Sabtu, 28 Mei 2022


Selasa, 10 Mei 2022 13:46 WIB

Sekda Minta CPNSD untuk Dapat Menjadi Handal dan Profesional

Reporter : Samin
Kategori : Berita Daerah

Sekda saat menghadiri acara orientasi CPNSD di Lingkungan Pemkab Dharmasraya.

 

 



DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman meminta kepada seluruh peserta Orientasi CPNS Formasi Tahun 2021 agar dapat bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan orientasi tersebut. Sehingga ilmu yang diperoleh nantinya dapat diterapkan di instansi masing masing, dan dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)  yang handal dan profesional. Pesan tersebut disampaikan oleh Sekda pada Pembukaan Orientasi CPNS Formasi 2021 di Lingkungan Pemkab Dharmasraya, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (10/05/22).

Dalam sambutannya Sekda mengucapkan selamat atas keberhasilannya karena telah lulus seleksi dan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun 2021 di lingkungan Pemkab Dharmasraya.

“Saudara-saudara perlu berbangga karena dari sekian banyak peminat CPNS saudara lulus seleksi dan telah dipercaya oleh masyarakat dan Negara untuk menjadi abdi masyarakat. Hari ini awal saudara meniti karir sebagai PNS perjalanan masih panjang yang akan saudara-saudara tempuh untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil yang handal dan professional. Sungguhpun demikian, kami tetap mengharapkan saudara-saudari untuk terus memberikan pengabdian yang tinggi kepada bangsa, Negara, dan daerah yang kita cintai ini,” ungkap Sekda.

Kehadiran CPNS Formasi 2021 di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja, dan harus memiliki kemampuan beradaptasi dan bekerja keras sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kedepannya harapan dan tuntutan masyarakat terhadap birokrasi sangat besar.

Diantaranya tuntutan kinerja yang berkualitas dan tuntutan solusi terbaik dan aktual sebagai respon atas kebijakan dan permasalahan yang muncul. Juga tuntutan untuk kerja yang solid dan sinergi antar stakeholder. Tuntutan untuk lebih inovatif, kreatif dan responsif terhadap berbagai keadaan dan tuntutan kondisi prima Aparatur Sipil Negara untuk mengabdi sesuai dengan kompetensinya. Oleh karena itu, CPNS diharapkan dapat memberikan inovasi yang bermanfaat untuk organisasi di era digitalisasi.

Selain itu sebagai pelayan bagi masyarakat  bagi masyarakat, ASN diharuskan untuk tetap mengutamakan pelayanan yang prima meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Kabupaten Dharmasraya saat ini.

“Untuk menjawab tuntutan-tuntutan tersebut, pemerintah memandang perlu memberikan orientasi bagi CPNSD dalam rangka pembekalan awal sebelum bekerja pada unit kerja masing-masing. Secara umum, pengertian orientasi adalah upaya pengenalan awal bagi para pegawai baru yang member mereka informasi mengenai perusahaan atau organisasi, jabatan, dan kelompok kerja. Selain itu, CPNS akan diberikan pembekalan terutama pengetahuan tentang kepegawaian secara umum baik kewajiban dan larangan maupun pengetahuan manajemen kepegawaian lainnya,” bebernya lagi.

Untuk itu perlu adanya program orientasi bagi CPNS di tempat kerja. Hal terpenting bagi CPNS dalam orientasi adalah dapat memahami norma, standar dan prosedur serta nilai-nilai organisasi dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsi yang diembannya. Orientasi terhadap hal-hal yang terkait dengan pekerjaan organisasi perlu diberikan kepada CPNS.

“Harapan dari kegiatan tersebut dapat membantu CPNS dalam memahami budaya organisasi, norma-norma yang berlaku. Maupun bertindak yang dapat diterima oleh pegawai lain,” pungkasnya.(sam)




Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Jumat, 27 Mei 2022 21:00 WIB

Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan Buya Syafii Maarif


Oleh: Jumardi Putra* Saya cukup kaget mendapat kabar kepergian Buya Ahmad Syafii Maarif. Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang juga mantan

 

Senin, 23 Mei 2022 21:06 WIB

Grand Opening Buy Coffee Diresmikan Gubernur Jambi Al Haris


Kajanglako.com, Jambi - Berada di tengah ibukota Provinsi Jambi, dengan lokasi yang sangat strategis untuk sebuah coffeeshop & resto, Buy Coffee &

 

Senin, 23 Mei 2022 14:55 WIB

Hari Pertama Kerja, PJ Bupati Henrizal Lanjutkan Program Cek Endra


Kajanglako.com, Sarolangun - Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Henrizal memasuki hari pertamanya, Senin (23/05), setelah dilantik Gubernur Jambi Alharis

 

Kamis, 19 Mei 2022 21:50 WIB

Komando Tugas Bersama Dharmasraya Gelar Halal bihalal Bersama Ketua Umum


  DHARMASRAYA - Keluarga besar Kogasba (Komando Tugas Bersama) kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat laksanakan Halal bi Halal di rumah Ketua Umum

 

Kamis, 19 Mei 2022 21:40 WIB

Kembali Dharmasraya Raih Prestasi Terbaik Tingkat Nasional


  DHARMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali meraih penghargaan prestesius di tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, Dharmasraya berada