Sabtu, 28 Mei 2022


Sabtu, 09 April 2022 23:02 WIB

Bupati Sampaikan Program Kegiatan dan Keberhasilan Pembangunan saat TSR di Jorong Piruko

Reporter : Samin
Kategori : Berita Daerah

Bupati saat memberikan kata sambutan.

 

 



DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bersama Forkopimda berserta rombongan Tim I Safari Ramadhan (TSR) kembali melaksanakan kunjungan ke Masjid Al Muhajirin Jorong Piruko Nagari Sitiung, Sabtu, (9/04/22). Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut hangat oleh seluruh masyarakat setempat. Dalam rombongan Tim I Safari Ramadhan juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Paryanto, Dandim 0310/SSD, Lekol Inf. Endik Hendra Sandi, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, Kajari Dharmasraya, M. Haris Abdullah, Kalapas Dharmasraya, Budi Setyo Prabowo, Ketua LKAAM Dharmasraya A. Haris Tuanku Sati, Ketua MUI Dharmasraya, Buya H. Aminullah Salam, Ketua Baznas Dharmasraya, Z Lubis, Pimpinan Bank Nagari Pulau Punjung Ronaldo SE, TP-PKK Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, sejumlah kepala OPD dan perbankan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengharapkan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan bulan suci ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Dengan melaksanakan ibadah dan amalan-amalan di bulan ramadhan penuh ampunan dan keberkahan. “Semoga kita dapat mengisi bulan yang suci ini dengan kegiatan yang penuh dengan amalan dan keberkahan,” ujar Bupati.

Kata Bupati lagi, dalam melaksanakan kewenangannya Pemkab menyusun berbagai program dan kegiatan yang mengacu kepada visi dan misi daerah yakni menuju terwujudnya Kabupaten Dharmasraya maju yang mandiri dan berbudaya yang dilaksanakan dengan enam misi. Arah kebijakan pemerintah daerah lebih difokuskan kepada permasalahan yang sekaligus akan menjawa visi dan misi dengan mengoptimalkan pelayanan dasar pada masyarakat. Terutama pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastrutur dan perekonomian masyarakat.

Dimana wujud dari kebijakan pemerintah tersebut adalah untuk bidang pendidikan, Pemerintah telah membebaskan siswa TK negeri, SD, SMP dari segala pungutan. Untuk itu dharapkan seluruh anak-anak dan generasi muda tidak boleh putus sekolah. Dan diupayakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Pemerintah daerah juga menyalurkan beasiswa satu keluarga satu sarjana (SKSS) melalui Baznas.

Untuk bidang kesehatan, pemerintah telah melakukan pelayanan kesehatan, pembenahan-pembenahan dibidang kesehatan seperti pemanfaatan gedung baru RSUD Sungai dareh Dharmasraya yang telah resmi dioperasikan mulai tanggal 17 September 2020. Dulu sempat terbengkalai beberapa tahun lalu, kemudian pembangunan gedung baru rumah sakit Sungai Rumbai. Sejumlah puskesmas di Kabupaten Dharmasraya melebihi jumlah kecamatan yang ada yaitu sebanyak 14 puskesmas. Dan setiap tahun diupayakan peningkatan pelayanan seperti rawat inap.

“Dibidang infrastruktur yang sudah selesai dibangun oleh Pemkab Dharmasraya diantaranya adalah jembatan Cable Stayed Sungai Dareh, Jembatan rangka baja Pulau, pelebaran jalan nasional atau segmen Pulau Punjung, dan masih banyak pembangunan infrastrutur lainnya. Selain itu, rencana pembangunan infrastrutur pintu tol trans sumatera Kabupaten Dharmasraya menuju Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau,” beber Bupati.

Sedangkan bidang perekonomian masyarakat diantaranya adalam pembangunan revitalisasi rakyat yang modern. Pembangunan jalan usaha tani dan pemberian bantuan benih pada petani serta bantuan modal UMKM. Untuk bidang administrasi kependudukan, program konkrit yakni adanya kualitas pelayanan kependudukan dan catatan sipil melalui pelayanan administrasi terpadu. Tersedianya mobil capil keliling yang ditempatkan di sekolah-sekolah, pasar dan daerah terpencil.

“Untuk pembangunan program prioritas, insya Allah peresmian pemakaian Masjid Agung akan dilaksanakan pada tahun 2022. Pembangunan taman Masjid atau landscape dari dana APBN sebesar Rp.18 milyar dan Alhamdulillah sudah selesai. Pembangunan jalan jalur dua di depan Masjid Agung Insya Allah akan dilaksanakan tahun ini. Pembangunan rumah adat tersbesar disamping MAsjid Agung juga akan didanai oleh APBN. Pembangunan Candi Padang Roco sebagai objek wisata dan sejarah lanjutan kegiatan PAmalayu. Dukungan pada Ponpes, rumah Tahfidz, TPQ/TPQS tetap akan dilanjutkan,” terang Bupati.

Selain itu juga Bupati menghimbau kepada masyarakat agar tetap menegakkan protocol kesehatan, karena pandemic Covid 19 belum berakhir. Jadi masyarakat dihimbau tetap jaga kesehatan dan melakukan vaksin covid 19 lengkap. “Karena pandemic ini belum berakhir, saya himbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protocol kesehatan,” pungkasnya.(sam)




Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Jumat, 27 Mei 2022 21:00 WIB

Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan Buya Syafii Maarif


Oleh: Jumardi Putra* Saya cukup kaget mendapat kabar kepergian Buya Ahmad Syafii Maarif. Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang juga mantan

 

Senin, 23 Mei 2022 21:06 WIB

Grand Opening Buy Coffee Diresmikan Gubernur Jambi Al Haris


Kajanglako.com, Jambi - Berada di tengah ibukota Provinsi Jambi, dengan lokasi yang sangat strategis untuk sebuah coffeeshop & resto, Buy Coffee &

 

Senin, 23 Mei 2022 14:55 WIB

Hari Pertama Kerja, PJ Bupati Henrizal Lanjutkan Program Cek Endra


Kajanglako.com, Sarolangun - Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Henrizal memasuki hari pertamanya, Senin (23/05), setelah dilantik Gubernur Jambi Alharis

 

Kamis, 19 Mei 2022 21:50 WIB

Komando Tugas Bersama Dharmasraya Gelar Halal bihalal Bersama Ketua Umum


  DHARMASRAYA - Keluarga besar Kogasba (Komando Tugas Bersama) kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat laksanakan Halal bi Halal di rumah Ketua Umum

 

Kamis, 19 Mei 2022 21:40 WIB

Kembali Dharmasraya Raih Prestasi Terbaik Tingkat Nasional


  DHARMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali meraih penghargaan prestesius di tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, Dharmasraya berada