Sabtu, 04 Desember 2021


Kamis, 11 November 2021 16:30 WIB

Banyak Warga di Pelosok Belum Rekam e-KTP

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Foto: Riyadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun menemukan, masih banyak warga Sarolangun yang berada di pelosok desa belum sama sekali melakukan rekam E-KTP. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sarolangun menargetkan, hingga akhir Desember 2021 semua warga wajib melakukan rekam E-KTP, dengan turun jemput bola ke Desa.

Perekaman E-KTP menjadi dasar hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia (WNI), dan setiap WNI diwajibkan memiliki data kependudukan, sebagai warga negara.



Ridwan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sarolangun,  mengakui masih banyak warga Sarolangun yang belum sama sekali melakukan perekaman e-KTP, terutama ditemukan bagi warga yang berada di pelosok desa.

"Warga kita yang berada jauh dari kota dan berada di pelosok pedesaan, masih banyak yang belum sama sekali melakukan rekaman e-KTP," jelas Ridwan, Kamis (11/11).

Belum adanya rekam e-KTP, lanjut dia, diakibatkan jauhnya akses warga untuk mengurus data kependudukan sehingga memerlukan biaya tidak sedikit untuk menuju pusat Kota Sarolangun. Sehingga warga lebih memilih untuk tidak mau mengurus perekaman data kependudukan.

Untuk memudahkan kebutuhan warga tersebut, Ridwan mengatakan pihaknya akan turun gunung jemput bola melakukan perekaman e-KTP ke desa.

"Kita saat ini sedang melakukan perekaman e-KTP di desa-desa terpencil, terdapat beberapa kecamatan, untuk memudahkan warga Disdukcapil lakukan jemput bola," kata Kadis Disdukcapil Sarolangun.

Setelah turun gunung, Ridwan menjelaskan, ada 60 warga Desa Lubuk Bangkar Kecamatan Batang Asai yang mau mengikuti rekam E-KTP dan 85 warga desa Mentawak Ulu yang berada di Kecamatan Air Hitam.

Program ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) besar Disdukcapil Sarolangun ke depan untuk melakukan rekam E-KTP di pelosok desa selanjutnya.

"Kita terus melakukan perekaman, hingga masuk desa terpencil, dan ini menjadi target kita, untuk pencapaian rekam e-KTP hingga semua warga Sarolangun tidak ada lagi yang tidak memiliki identitas," tegas Ridwan. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Sabtu, 04 Desember 2021 20:18 WIB

Bupati Fadhil Arief Terima Penghargaan dari Organisasi Pemuda Malaysia


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Bupati Batanghari Fadhil Arief menerima penghargaan dari Pengakab Negeri Sabah Malaysia. Penghargaan tersebut diberikan

 

Sabtu, 04 Desember 2021 16:32 WIB

Anggota Ombudsman RI Diskusi Soal Pelayanan Publik Bidang Kelistrikan bersama Mahasiswa Kerinci


Kajanglako.com, Jambi - Dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Hery Susanto ke Provinsi Jambi, ia menyempatkan menyapa

 

Sabtu, 04 Desember 2021 10:16 WIB

Globalisasi dan Indonesia: Post-script dan Post-humous.


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Jika globalisasi didefinisikan secara sederhana sebagai keterbuhungan apa yang terjadi di sebuah pojok bumi dengan apa yang

 

Jumat, 03 Desember 2021 17:49 WIB

Kolaborasi Akademisi dan Ombudsman RI Penting untuk Cegah Maladministrasi Pelayanan Publik


Kajanglako.com, Jambi - Peran civitas akademika dalam pengawasan pelayanan publik sangat krusial di Indonesia. Pernyataan ini disampaikan oleh Anggota

 

Kamis, 02 Desember 2021 10:30 WIB

47 KPM Terima Bantuan P2K di Kelurahan Pasar Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Sebanyak 47 keluarga penerima manfaat (KPM) terima bantuan Percepatan Pembangunan Kelurahan (P2K) di Kelurahan Pasar Sarolangun. Bantuan