Minggu, 26 Juni 2022


Jumat, 05 November 2021 15:27 WIB

Candu Politik

Reporter :
Kategori : Oase

foto: istimewa

Yudi Latif*

Saudaraku, ada yang salah dalam negara manakala jabatan politik paling didamba sebagai sumber kehormatan. Bila sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi orang lain, ada begitu banyak sumber kemuliaan di luar politik.



Pengaruh pun tak hanya bersumber dari modal politik. Bisa juga mengandalkan modal ekonomi dan budaya (ilmu). Obsesi jabatan bisajadi karena orang tak cukup modal ilmu, juga sulit menguasai modal ekonomi karena dominasi segelintir orang.

Kemungkinan lain karena terlalu kuatnya ketergantungan bidang lain pada restu (kolusi) politik.  Bisa juga karena politik hanya disibukkan oleh ritual pemilihan dan rebutan jabatan; menelantarkan perhatian politik pada pembangunan berbagai bidang kehidupan secara nyata, sebagai alternatif warga mengaktualisasikan diri dan meraih kehormatan di luar politik.

Apapun alasannya, kecanduan terhadap jabatan politik sebagai sumber kehormatan dan penghidupan tidaklah sehat. Politik tidak lagi menjadi ladang ketulusan pengabdian, melainkan ajang perburuan obsesi-kepentingan diri.

Seperti kata George Bernard Shaw, "Titel/jabatan memberi kehormatan kepada orang-orang medioker, memberi rasa malu bagi orang-orang superior, dan diperhinakan oleh orang-orang inferior."

 

*Pakar Aliansi Kebangsaan, tulisan ini dimuat pertama kali di akun media sosisal Yudi Latif, pemuatan di sini sudah atas seizin penulis.


Tag : #Indonesia #Politik #Candu #Korupsi



Berita Terbaru

 

Politik dan Kepimimpinan
Senin, 20 Juni 2022 21:45 WIB

Negeri Ini Tidak Kurang Calon Presiden. Membaca Kembali Nasihat Al-Ghazali


Oleh: Jumardi Putra* Negeri ini tidak pernah kurang calon presiden. Bahkan mereka umumnya berlagak laiaknya Satrio Piningit yang akan membawa

 

Selasa, 14 Juni 2022 20:22 WIB

Kapolda Sumbar Berikan Pesan Mendalam untuk Para Personel


  DHARMASRAYA - Setelah satu tahun ditempati, akhirnya Batalyon C pelapor Satbrimob Polda Sumatera Barat yang diberi nama Sibinuang Dharma Wira Utama

 

Selasa, 14 Juni 2022 15:45 WIB

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sumbar Diresmikan


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Upacara Peresmian Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda

 

Senin, 13 Juni 2022 20:39 WIB

Bupati : Potensi Budaya Lokal Menjadi Peluang Kabupaten Menjadi Maju


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya.

 

Senin, 13 Juni 2022 14:01 WIB

Bupati Sentil Keras Kepala OPD yang Belum Produktif dan Profesional


  Kepala OPD Diminta untuk Tunjukkan Inovasi dan Kinerja   DHARMASRAYA – Dalam apel gabungan bulan Juni 2022 di halaman kantor Bupati Dharmasraya,