Sabtu, 16 Oktober 2021


Selasa, 05 Oktober 2021 20:26 WIB

Diduga Lakukan Tindak Kekerasan, Badko HMI Laporkan Oknum Polisi ke Propam

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Hukrim

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi - Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jambi mendatangi Mapolda Jambi, Selasa (5/10) siang.

Badko HMI di bawah koordinator Nanda Herlambang ini melaporkan tindakan oknum anggota Polres Merangin saat mengawal unjuk rasa aktivis HMI Cabang Merangin, beberapa waktu lalu (30/9).



Mahasiswa dari HMI menyampaikan penolakan atas rencana Pemerintah Kabupaten Merangin membeli tiga unit mobil dinas yang diperuntukan untuk Bupati, Sekda dan Wakil Ketua DPRD Merangin pada APBD Perubahan tahun 2021.

Oknum anggota Polres Merangin diduga telah melakukan tindak kekerasan saat membubarkan paksa aksi unjuk rasa mahasiswa.

Pada saat itu aparat diduga melakukan kekerasan fisik kepada beberapa pentolan pendemo, seperti lehernya dipiting aparat bahkan ada yang terluka dan terjatuh. Polisi mengamankan dan memproses tujuh orang pendemo lalu melepaskannya kembali.

Laporan tersebut dibenarkan oleh Koordinator BADKO HMI Jambi Nanda Herlambang, Selasa (5/10).

"Ya, benar tadi kami mendatangi Mapolda guna melaporkan tindakan refresif oknum aparat kepolisian kepada kader HMI di gedung DPRD Merangin," kata Nanda.

Nanda meminta, Kabid Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jambi segera menindaklanjuti dan memproses laporan Badko HMI Jambi yang dilayangkan hari ini. Dan pihaknya akan memantau perkembangan proses tersebut.

"Kita meminta Propam Polda segera proses oknum-oknum polisi yang bertindak refresif tersebut dan Badko akan pantau proses ini," kata Nanda.

Sebelumnya, Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan pembubaran paksa dilakukan karena massa aksi telah diberi peringatan dan sudah melewati batas waktu yakni pukul 18.00 WIB.

Terhadap tindakan oknum anggotanya jika ada yang melanggar ia minta hal itu dilaporkan.

"Silahkan dilaporkan, dan kami siap menindaklanjutinya," ujar Kapolres Merangin beberapa hari lalu. (Kjcom/*)




Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah