Sabtu, 16 Oktober 2021


Sabtu, 02 Oktober 2021 11:00 WIB

Disdukcapil: Data Offline Bisa Diurus, Vaksin Jangan Dihambat

Reporter : Riyadi
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riyadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Pelaksanaan vaksinasi yang merupakan program pemerintah pusat, secara bertahap terus dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun. Vaksinasi dilakukan sampai di usia lansia, dilakukan juga untuk kelompok usia remaja yang masih duduk di sekolah lanjutan pertama (SLTP) sederajat.

Program vaksinasi merupakan upaya percepatan pemulihan ekonomi dan mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu merupakan upaya percepatan sekolah tatap muka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan Nasional.



Dalam perjalananya masih banyak ditemukan pelaksanaan vaksin bagi siswa yang belum terlaksana lantaran data identitas siswa belum terdaftar secara online dalam dokumen kependudukan. Sehingga tidak sedikit siswa diminta untuk meng-online-kan dahulu data tersebut, yang membuat pelaksanaan vaksin harus tertunda.

Muhammad Rais, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sarolangun, mengakui banyak menerima siswa yang datang ke Disdukcapil untuk meng-online-kan data mereka, untuk kegunaan vaksinasi.

“Kita banyak menerima siswa untuk mengurus data kependudukan yang offline meminta di-online-kan, guna untuk pelaksanaan vaksin di sekolahnya,” jelas Rais.

Sementara kadis Disdukcapil Sarolangun Arsyad menjelaskan, data administrasi kependudukan (Adminduk) anak yang terdaftar dalam kartu keluarga (KK) yang belum terdaftar secara online, tidak menjadi penghambat untuk dilaksanakan vaksin. Data anak dapat dimuat secara manual dan menyusul melakukan data secara online pada Disdukcapil Sarolangun, akan dilayani sepenuh hati tanpa hambatan.

“Data anak atau warga yang offline tidak menjadi penghambat untuk dilakukan vaksin, dapat secara manual keterangan vaksin, hingga ke Disdukcapil akan menerima dan meng-online-kan  data tersebut,” jelas Arsyad, Kadis Dukcapil Sarolangun.

“Ini merupakan program pemerintah pusat, jangan menjadi penghambat data offline, sehingga tidak bisa dilakukan vaksin. Vaksin tetap dilaksanakan, data bisa menyusul diurus ke Disdukcapil Sarolangun,” sambungnya. (Kjcom)


Tag : #Sarolangun #Siswa #Vaksinasi



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah