Sabtu, 16 Oktober 2021


Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam

Gambar: istimewa

 

Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita karena di usia tersebutlah anak selalu ingin membeli mainan.



Namun, ternyata lego juga diminati oleh kalangan lainnya termasuk orang dewasa dan memiliki banyak manfaat. Berikut ini merupakan 6 manfaat lego untuk berbagai kalangan usia.

1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak

Manfaat lego yang pertama adalah meningkatkan kreativitas dan imajinasi si buah hati. Brick yang dominan berbentuk kubus dan balok dapat dirangkai menjadi berbagai objek seperti bangunan, alat transportasi, sebuah tempat, dan lain-lain.

Semakin banyak objek yang dapat dibuat maka kreativitas anak semakin terlatih. Objek sehari-hari juga dapat dibuat oleh lego ini.

2. Membantu anak mengenal warna, ukuran, bentuk, hitungan, hingga profesi

Selain lego kubus dan persegi, ada juga lego yang memiliki banyak bentuk seperti Lego City. Hal ini dapat membantu anak dalam mengenal berbagai jenis bentuk dan ukuran hingga warna.

Lego city juga memiliki banyak seri yang berbeda-beda hingga semakin banyak juga bentuk yang dipelajari. Objeknya pun berbeda-beda hingga ada beberapa lego yang menggambarkan profesi. Anak pun akan memiliki rasa ingin tahu mengenai berbagai jenis profesi.

3. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Lego yang memiliki berbagai jenis bentuk dan hanya dapat dihubungkan dengan beberapa lego juga dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Biarkan anak untuk bermain lego untuk menyalurkan imajinasinya dan membentuk sebuah objek yang ingin dibuat.

Nantinya, anak akan mengalami sedikit masalah karena ada brick yang tidak bisa dihubungkan dengan brick lainnya. Hal itu akan memicu kemampuannya dalam memecahkan masalah hingga mendapatkan brick yang sesuai.

4. Melatih koordinasi tangan dan keahlian motorik

Merangkai lego sebenarnya perlu kesabaran dan ketepatan antara bricks dengan bricks lainnya. Karena hal itulah lego dapat melatih kemampuan motorik anak yang nantinya kemampuan ini sangat diperlukan.

Koordinas iantara mata dan tangan serta kemampuan untuk menggerakan benda akan terlatih. Karena itulah bermain lego sangat direkomendasikan untuk anak berusia kurang lebih 5 tahun.

5. Meningkatkan kemampuan memimpin, bersosialisasi, dan kerjasama

 

Bermain lego sendiri saja sudah memiliki banyak manfaat, apalagi jika dimainkan bersama dengan teman-temannya maupun keluarga. Hal itu dapat melatih jiwa pemimpin seorang anak karena anak yang memilikil ego biasanya akan member tahu temannya akan membuat apa.

Bermain lego bersama dengan teman-teman atau keluarga juga dapat melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi dan bekerjasama karena dalam membuat suatu hal perlu adanya kerjasama agar objek yang ingin dibuat berhasil dibuat.

6. Menghilangkan stress bagi orang dewasa

Ternyata lego tidak hanya bermanfaat untuk anak kecil, namun juga untuk orang dewasa. Saat ini banyak orang dewasa yang bermain lego baik itu untuk koleksi semata maupu nuntuk menghilangkan stress.

Hal itu karena dopamine akan terpacu ketika seseorang berhasil membuat suatu hal, salah satunya membuat sebuah objek dengan lego. Pada hasilnya, orang tersebut akan merasa puas dan melupakan hal yang dapat membuatnya stress.

Itulah 6 manfaat lego yang secara tidak diduga juga memiliki manfaat bagi orang dewasa. Mainan ini memanglah mainan yang sangat menarik. Jika kamu memiliki pendapat manfaat lain dari lego, jangan lupa tulis di kolomkomentar ya. (Kjcom/*)


Tag : #lego #mainan anak #motorik



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah