Jumat, 24 September 2021


Senin, 30 Agustus 2021 19:53 WIB

Pra Peradilan Kades Lidung Ditolak, Kejari Sarolangun Segera Limpahkan ke Tipikor Jambi

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Hukrim

Kasi Pidsus Kejari Sarolangun, Abdul Haris (foto:Kajanglako/Riadi)

Kajanglako.com, Sarolangun – Pra Peradilan atas permohonan Herman, Kepala Desa Lidung Kabupaten Sarolangun, resmi ditolak. Penolakan permohonan pembatalan penetapan tersangka tersebut digelar dalam sidang di Pengadilan Negeri Sarolangun, Senin (30/08/2021).

Dipimpin oleh Hakim Ketua Pengadilan Zaki Husen, siding resmi menolak pra peradilan saudara Herman sebagai tersangka kasus korupsi Dana Desa (DD) Desa Lidung tahun 2019, dengan Pagu Anggaran sebesar Rp 627 Juta, dengan klasifikasi kegiatan pembuatan jalan rabat beton sepanjang 840 meter.



"Tadi hasil putusan sudah kita bacakan pada saat sidang, putusan pra peradilan itu menolak permohonan pemohon (Herman),” kata usai siding.

Zaki mengatakan, atas penolakan tersebut, tidak ada sesuatu yang berubah dari putusan yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Permohonannya ditolak, artinya tidak ada hal yang berubah dari kejadian atau yang sudah ditetapkan sebelumnya, jadi tidak ada hukum baru yang ditetapkan hakim dipra peradilan,” kata Zakit.

Kepala Seksi Pidsus Kejaksaan Negeri Sarolangun, Abdul Haris mengatakan, hasil putusan sidang pra peradilan tersebut telah sampai ke pihaknya. Ia mengatakan bahwa hasil putusan tersebut menunjukkan kinerja professional kejasaan dalam menentukan tersangka. Ia juga telah menunjukkan surat-surat bukti dan saksi yang kuat sesuai dengan prosedur.

"Apa yang disampaikan dalam putusan tadi, kami baik dari termohon 1 (Kejaksaan Negeri Sarolangun) termohon 2 (BPKP) Provinsi Jambi sudah melakukan sesuai ketentuan yang memang harusnya dilaksanakan dalam rangkaian penyidikan, maupun penetapan tersangka,” kata Haris.

Sementara itu, haris mengatakan saat ini Kejaksaan Negeri Sarolangun akan mempersiapkan pelimpahan berkas kasus Korupsi Herman, untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Provinsi Jambi.

"Berikutnya kita ajukan pelimpahan ke pengadilan Tipikor Jambi," kata Haris.

Berdasarkan pantauan, proses sidang putusan pra peradilan tersebut hanya memakan waktu berkisar 15  menit. Siding berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Kjcom)


Tag : #jambi #sarolangun #pidsus #korupsi #dana desa #kades #lidung



Berita Terbaru

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Rabu, 22 September 2021 18:51 WIB

Pj Sekda Tanam Replanting Sawit Kemitraan


Kajanglako.com, Merangin - Pj Sekda Merangin Fajarman secara simbolis melakukan penanaman perdana program replanting sawit kemitraan strategis Gapoktan,

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin


Kajanglako.com, Sarolangun – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sarolangun terus dilaksanakan. Baik dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri,