Jumat, 30 Juli 2021


Senin, 19 Juli 2021 16:25 WIB

Kamar Warga Binaan Lapas Sarolangun Dirazia, Petugas Temukan Ini

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Pemerintahan Hukrim

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Sarolangun - Kepala Lembaga Pemasyarakatan  (Kalapas) Kelas IIB Sarolangun Irwan bersama 12 orang petugas, Minggu (18/07) malam, melaksanakan razia secara insidental ke kamar hunian warga binaan. Ini salah satu bentuk upaya preventif terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta peredaran barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam Lapas.

Kegiatan razia dimulai dengan apel persiapan yang dipimpin oleh Kepala KPLP dan didampingi oleh Kasimin Kamtib, diikuti oleh regu jaga siang dan regu jaga malam serta beberapa orang staf.



Dalam arahannya, Kepala KPLP mengatakan bahwa pelaksanaan razia ini sengaja dilakukan secara mendadak atas perintah lisan Kalapas sebagai bentuk tindak lanjut perintah pimpinan untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan demi menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan tertib.

"Ada beberapa kamar yang akan kita geledah nanti dilapangan hal ini berdasarkan informasi, pengamatan, analisa dan laporan yang kami terima dari tim intelijen kita," kata Ading.

"Dalam pelaksanaan razia nanti kita tetap mengedepankan sopan santun, humanis kepada warga binaan, menerapkan protokol kesehatan ketat serta saling berkoordinasi dan bekerjasama pada saat diblapangan," jelasnya.

Kalapas Sarolangun Irwan memimpin langsung pelaksanaan razia kamar hunian warga binaan tersebut. Adapun kamar yang menjadi sasaran razia adalah 2 kamar di blok Pidana Umum dan 2 kamar Blok Narkoba.

Sebelum kamar digeledah, warga binaan terlebih dahulu diberikan penjelasan oleh Kepala KPLP. Setelah itu warga binaan diminta menggunakan masker dan keluar secara bergantian untuk digeledah badan.

Petugas menyisir, menggeledah semua bagian, sudut dan barang-barang yang dianggap mencurigakan. Penggeledahan berjalan lancar, aman dan tidak ditemukan barang-barang terlarang masuk ke dalam Lapas yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di Lapas, namun demikian petugas berhasil menemukan beberapa barang yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban seperti celana motif loreng, baju motif loreng, musik box, korek gas, silet, paku tembok, gunting, sendok besi, batu domino, kartu domino, batu, botol aqua tempat merebus air, barang bukti hasil razia disita dan dicatat untuk dimusnahkan.

Kalapas Sarolangun Irwan mengatakan  pada pelaksanaan razia kali ini warga binaan bersikap kooperatif. "Kegiatan razia berjalan lancar dan aman, tidak ada keributan dan warga binaan yang kamarnya kita razia bersikap kooperatif," kata Irwan.

"Barang-barang terlarang seperti Narkoba, alat komunikasi seluler tidak kita temukan dalam kegiatan razia ini, mudah-mudahan Lapas Sarolangun tetap aman dan kondusif," ungkapnya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Kamis, 29 Juli 2021 20:29 WIB

Panggilan Pertama Kejari, Mantan Kades Lidung Mangkir


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus dugaan Mark Up anggaran Dana Desa Desa Lidung tahun 2019 pada pekerjaan jalan rigid beton sepanjang 840 meter dengan

 

Kamis, 29 Juli 2021 12:11 WIB

H Mashuri: Merangin Raih Penghargaan KLA 2021


Kajanglako.com, Merangin - Merangin berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2021, tingkat Pratama. Info ini disampaikan Plt Bupati Merangin H

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:56 WIB

Terjaring Razia dan Didenda Rp 1.000.000, Parmin: Itu Terlalu Kejam dan Keras


Kajanglako.com, Sarolangun - Penindakan pelaku usaha yang dianggap melanggar protokol kesehatan di kota Sarolangun dinilai terlalu keras. Tim gabungan

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:19 WIB

Razia Prokes Pelaku Usaha, Pelanggar Disanksi Denda Hingga Segel


Kajanglako.com, Sarolangun - Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mulai memberlakukan penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan bagi

 

Sosok dan Pemikiran
Rabu, 28 Juli 2021 07:20 WIB

Romo Kuntara dan Jawa Kuna


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Secara kebetulan saat menjadi profesor tamu di Institute for Language and Culture of Asia and Africa-Tokyo University of Foreign