Jumat, 30 Juli 2021


Senin, 28 Juni 2021 09:37 WIB

Tata Cara dan Bagaimana Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam

Gambar: istimewa

  

Kajanglako.com - Ketika ingin berwakaf, maka perlu mengetahui tentang tata cara dan pengelolaan wakafnya. Dengan mengetahui tata cara serta bagaimana uang dikelola tentu akan semakin meyakinkan diri untuk melakukan wakaf.



Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Setiap tahunnya penduduk muslim terus meningkat, sehingga wakaf sangat membantu untuk mensejahterakan umat. Anda bisa melakukan investasi akhirat dengan berwakaf. Wakaf di era modern tidak selalu identik dengan mewakafkan tanah, akan tetapi bisa juga dengan menggunakan uang.

Wakaf yang dibayarkan melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) akan dikelola oleh Nazhir dan digunakan untuk melakukan pembangunan sarana prasarana atau digunakan untuk membantu ekonomi masyarakat. Anda bisa melakukan wakaf melalui Badan wakaf Indonesia.

Pengelolaan Wakaf Uang

Wakaf yang dibayarkan melalui lembaga wakaf, akan dikelola dengan karakter bisnis. Dengan begitu uang tidak akan habis begitu saja akan tetapi bisa digunakan untuk investasi yang lebih bermanfaat.

Di Indonesia, pengelolaan wakaf sudah berlangsung cukup lama. Wakaf uang dari masyarakat akan dikelola oleh lembaga wakaf dan juga masyarakat yang aktif menjadi pengelola wakaf. Dana wakaf tersebut kemudian digunakan untuk investasi pada hal-hal yang lebih produktif.

Beberapa contoh pemanfaatan wakaf uang adalah seperti membangun sarana prasarana untuk berdagang atau bahkan dimanfaatkan untuk menguatkan usaha umat. Hasil keuntungan investasi menggunakan wakaf uang tersebut nantinya juga akan diputar dan dimanfaatkan lagi untuk masyarakat.

Contoh pengelolaan lainnya adalah dengan memberi modal pada wakaf tanah sehingga lebih bermanfaat. Tanah wakaf yang belum difungsikan dapat dimaksimalkan fungsinya sehingga bisa meningkatkan ekonomi. Sebagai contoh adalah menjadikan tanah wakaf sebagai pasar atau bahkan didirikan ruko yang bisa disewa dengan murah oleh masyarakat yang kurang mampu.

Berdasarkan aturan yang sudah ada, yaitu pada peraturan tentang BWI nomor 4 tahun 2010 mengenai pengelolaan wakaf, disebutkan jika wakaf uang dapat dikelola untuk investasi melalui lembaga keuangan syariah.

Konsep wakaf ini menjadikan wakaf uang lebih memberi keuntungan karena digunakan pada hal-hal yang menghasilkan. Pengelolaan wakaf uang dengan konsep investasi sudah diterapkan di Indonesia.

Jika uang wakaf dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan maka nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk lebih banyak hal terutama memaksimalkan amal kebaikan.

Cara Melakukan Wakaf

Apabila Anda ingin melakukan wakaf maka tidak akan kesulitan karena saat ini mekanismenya semakin mudah. Wakif bisa membayar wakaf berupa uang. Saat ini Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yang ada agar bisa melakukan wakaf dengan mudah dari rumah.

Berikut tata cara berwakaf uang:

  1. Anda bisa datang ke lembaga keuangan syariah penerima wakaf uang atau LKS-PWU.
  2. Selanjutnya Anda perlu untuk mengisi Akta Ikrar Wakaf dan juga melampirkan fotokopi KTP.
  3. Berikutnya, Anda tinggal transfer atau setor uang ke rekening Badan Wakaf Indonesia.
  4. Orang yang berwakaf atau wakif kemudian mengucapkan sighah wakaf.
  5. Langkah berikutnya tinggal menandatangani Akta Ikrar Wakaf atau AIW disertai dengan dua saksi dan 1 pejabat pembuat Akta Ikrar Wakaf.
  6. LKS-PWU kemudian tinggal mencetak sertifikat wakaf dan memberikannya kepada wakif

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai wakaf uang bisa langsung membuka InstagramLiterasi Zakat Wakafyaitu @literasizakatwakaf atau bisa juga dengan subscribe YouTubeLiterasi Zakat Wakaf.

https://www.bwi.go.id/cara-mudah-wakaf-uang/

https://www.syariahbukopin.co.id/id/produk-dan-jasa/jasa/wakaf-uang

https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2006/42TAHUN2006PP.HTM

(kjcom)


Tag : #berita #wakaf #artikel #kemenkeu



Berita Terbaru

 

Kamis, 29 Juli 2021 20:29 WIB

Panggilan Pertama Kejari, Mantan Kades Lidung Mangkir


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus dugaan Mark Up anggaran Dana Desa Desa Lidung tahun 2019 pada pekerjaan jalan rigid beton sepanjang 840 meter dengan

 

Kamis, 29 Juli 2021 12:11 WIB

H Mashuri: Merangin Raih Penghargaan KLA 2021


Kajanglako.com, Merangin - Merangin berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2021, tingkat Pratama. Info ini disampaikan Plt Bupati Merangin H

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:56 WIB

Terjaring Razia dan Didenda Rp 1.000.000, Parmin: Itu Terlalu Kejam dan Keras


Kajanglako.com, Sarolangun - Penindakan pelaku usaha yang dianggap melanggar protokol kesehatan di kota Sarolangun dinilai terlalu keras. Tim gabungan

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:19 WIB

Razia Prokes Pelaku Usaha, Pelanggar Disanksi Denda Hingga Segel


Kajanglako.com, Sarolangun - Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mulai memberlakukan penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan bagi

 

Sosok dan Pemikiran
Rabu, 28 Juli 2021 07:20 WIB

Romo Kuntara dan Jawa Kuna


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Secara kebetulan saat menjadi profesor tamu di Institute for Language and Culture of Asia and Africa-Tokyo University of Foreign