Jumat, 30 Juli 2021


Kamis, 24 Juni 2021 17:33 WIB

Letusan Senpi Iringi Uji Menembak Personil Polres Sarolangun

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun -  Sebanyak 119 Personil Polres Sarolangun melakukan latihan uji Menembak di lapangan tembak Endra Dharmalaksana, Kamis (24/06). Kegiatan ini dalam rangka mengasah kemampuan personil menggunakan senjata api (Senpi).

Latihan uji menembak dikomandoi oleh Kabag Sumda Polres Sarolangun Kompol Saiful Edi Aprianto, selama dua hari.
Kegiatan latihan dan ujian menembak diperuntukkan personil yang telah lulus dalam psikotes senjata api.



Ujian menembak wajib dilaksanakan setiap anggota Polri, sebagai salah satu syarat mengajukan pinjam pakai senjata api dinas Polri selain tes Narkoba dan seizin Istri Personil tersebut. 

Jenis Senjata Api yang digunakan adalah senjata api laras pendek genggam jenis Revolver dan HS-9. Jarak tembak antara Personil dengan sasaran sepanjang sepuluh meter dengan berdiri tegak bebas.

Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono melalui Kabag Sumda Polres Sarolangun menjelaskan kepada Humas Polres Sarolangun, kegiatan latihan menembak dan ujian menembak ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya. "Sebelum personil mengajukan pinjam pakai senjata api dinas Polri, Personil wajib melengkapi beberapa syarat mutlak, diantaranya surat persetujuan Istri, Surat keterangan bebas narkoba, melaksanakan ujian psikotes senjata api dan  ujian menembak."

Personil harus lulus dari semua tahapan barulah dapat kita berikan rekomendasi untuk pinjam pakai senpi dinas Polri dengan masa waktu enam bulan, selanjutnya Personil harus mengajukan kembali.

"Kemarin dan hari ini masih berlangsung kegiatan latihan dan ujian menembak bagi personil Polres Sarolangun yang mengajukan pinjam pakai sejata api dinas, kegiatan ini rutin kita laksanakan sebagai sayarat wajib, syarat lainnya yang harus dipenuhi Personil yaitu Surat ijin dari istri, surat bebas narkoba, melaksanakan ujian psikotes senpi, dan terakhir ujian senpi, stetelah semua tahapan dilalui barulah kita berikan rekomendasi untuk pinjam pakai senpi," kata Kabag Sumda Kompol Sayful.

Kabag Sumda juga menjelaskan latihan menembak personil diajarkan untuk profesional dalam pelaksanaan tugas  di lapangan. "Personil diajarkan tentang Standar Operasioanl Prosedur (SOP) penggunaan senpi, Setiap Personil Polri harus paham, bagaimana merawat, menyimpan dan membawa senjata api, serta kapan dan apa yang harus dilakukan sebelum menggunakan senjata api," jelasnya.

"Dari kegiatan latihan ini setiap Personil Polres Sarolangun menjadi profesional dalam melaksanakan tugasnya dilapangan, Personil tersebut mengerti SOP dalam penggunaan senpi, Bagaimana merawat, menyimpan dan membawa senjata api, serta kapan dan apa yang harus dilakukan sebelum menggunakan senjata api," ungkapnya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Kamis, 29 Juli 2021 20:29 WIB

Panggilan Pertama Kejari, Mantan Kades Lidung Mangkir


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus dugaan Mark Up anggaran Dana Desa Desa Lidung tahun 2019 pada pekerjaan jalan rigid beton sepanjang 840 meter dengan

 

Kamis, 29 Juli 2021 12:11 WIB

H Mashuri: Merangin Raih Penghargaan KLA 2021


Kajanglako.com, Merangin - Merangin berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2021, tingkat Pratama. Info ini disampaikan Plt Bupati Merangin H

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:56 WIB

Terjaring Razia dan Didenda Rp 1.000.000, Parmin: Itu Terlalu Kejam dan Keras


Kajanglako.com, Sarolangun - Penindakan pelaku usaha yang dianggap melanggar protokol kesehatan di kota Sarolangun dinilai terlalu keras. Tim gabungan

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:19 WIB

Razia Prokes Pelaku Usaha, Pelanggar Disanksi Denda Hingga Segel


Kajanglako.com, Sarolangun - Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mulai memberlakukan penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan bagi

 

Sosok dan Pemikiran
Rabu, 28 Juli 2021 07:20 WIB

Romo Kuntara dan Jawa Kuna


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Secara kebetulan saat menjadi profesor tamu di Institute for Language and Culture of Asia and Africa-Tokyo University of Foreign