Jumat, 25 Juni 2021


Rabu, 26 Mei 2021 13:32 WIB

Diknas Sarolangun Seleksi Penerima BUD IPB

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sarolangun bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar sosialisasi Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Institut Pertanian Bogor (IPB). Hal ini sebagai bagian dari tahapan untuk penyaluran Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Kabupaten Sarolangun.

Kadis pendidikan dan Kebudayaan Sarolangun, Helmi menjelaskan, untuk kuota penerima BUD IPB pada tahun 2021 bagi putra daerah, Pemkab Sarolangun hanya memberikan kepada 4 calon mahasiswa yang nantinya akan menerima beasiswa untuk kuliah di IPB.



“Kuota BUD tersebut merupakan kemampuan dari Pemkab Sarolangun itu sendiri, tahun 2021 ini kita hanya mampu memberikan 4 calon mahasiswa,” jelas Helmi.

Peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa khusus di Kabupaten Sarolangun, berjumlah 24 orang. Sementara pendaftaran sendiri akan ditutup pada tanggal 28 Mei 2021 mendatang.

Untuk menentukan dari sekian orang pelamar siapa 4 orang yang nantinya akan terpilih menerima beasiswa, Helmi menyampaikan, ini sepenuhnya akan melalui ujian terlebih dahulu. Dan yang  menentukan lulus atau tidaknya, kata dia, semua kewenangan dari IPB.

"Semua berpotensi memperolehnya, tapi harus melalui ujian terlebih dahulu. Siapa yang menentukan, ya, IPB, layak memperoleh atau tidaknya," jelas Helmi.

Disampaikan Helmi, BUD IPB ini bukan hanya ada di Pemkab Sarolangun, ada lebih kurang 400 lembaga pemerintah daerah Kabupaten/Kota, termasuk perusahaan, yang bekerjasama dengan IPB dengan jumlah pendaftar 1600 orang setiap tahunnya.

“Secara finacial seluruh biaya perkuliahan  dan tempat tinggal  mahasiswa  dibiayai pemerintah, samopai menyandang gelar Starata Satu," ujarnya.

Dinas Pendidikan Sarolangun memberikan kebebasan setiap siswa yang terpilih nantinya untuk mengambil prodi jurusan sesuai dengan kemampuan mahasiswa itu sendiri.

“Untuk prodi, jurusan, tidak ada keterikatan, tergantung kemampuan siswa itu sendiri," jelas Helmi.

Helmi berharap,  program Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dapat memunculkan minat putra putri Sarolangun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Kita harap semangat dan kemauan yang akan dikedepankan sebagai mahasiswa dalam mengemban pendidikan,"  sambungnya. (Kjcom)


Tag : #Sarolangun #Beasiswa #IPB



Berita Terbaru

 

Kamis, 24 Juni 2021 17:33 WIB

Letusan Senpi Iringi Uji Menembak Personil Polres Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun -  Sebanyak 119 Personil Polres Sarolangun melakukan latihan uji Menembak di lapangan tembak Endra Dharmalaksana, Kamis

 

Kamis, 24 Juni 2021 15:22 WIB

Kasus Korupsi DD Desa Lidung, Kejari Segera Tetapkan Tersangka


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus dugaan korupsi dana desa (DD) Desa Lidung Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun pada tahun 2019 lalu, mulai

 

Sosok dan Pemikiran
Kamis, 24 Juni 2021 09:15 WIB

Membaca Hatta dan Pasal 33 Itu


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo*Saya mulai mengenal tulisan Hatta ketika akhir tahun 80an meneliti sejarah transmigrasi. Saat itu saya sedikit terkejut karena

 

Rabu, 23 Juni 2021 16:23 WIB

Sarolangun Tempat Nyaman Anak Punk Berkeliaran, PKL Harap Pol PP Segera Tertibkan


Kajanglako.com, Sarolangun – Kabupaten Sarolangun dikenal dengan kabupaten dangan nuansa religi yang kental, memegang nilai dan seloko adat, serta

 

Rabu, 23 Juni 2021 15:57 WIB

IWS: DPRD Sarolangun 'Illfeel' terhadap Aspirasi Pers


Kajanglako.com, Sarolangun – Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Sarolangun (IWS) melanjutkan aksinya ke gedung dewan, usai dari