Sabtu, 15 Mei 2021


Jumat, 16 April 2021 15:20 WIB

Berkah Ramadhan, Si EL Lemang Banjir Orderan di Bulan Puasa

Reporter : Riadi
Kategori : Ragam Kuliner Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Bulan suci Ramadhan membawa keberkahan dan arti tersendiri bagi pembuat lemang yang ada di kota Sarolangun. Betapa tidak, di bulan suci ini pesanan pembuatan lemang mengalami peningkatan drastis, biasanya pembuatan lemang maksimal hanya mencapai 100 batang per hari, namun di bulan Ramadhan  pembuat lemang menerima 300 batang pesanan setiap harinya.

Elvita salah satu pembuat Lemang yang berada di Pasar bawah, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, setiap harinya di bulan Suci Ramadhan tampak ceria dan gembira. Walaupun pandemi Covid-19 belum lenyap dari bumi sepucuk adat serumpun pseko, ia sudah mulai menangguk untung dari usahanya.



Si El Lemang adalah usaha milik ELVita yang menekuni pembuatan lemang sudah bertahun-tahun lamanya. Menurut Elvita, di bulan suci Ramadhan setiap harinya ia  membuat  lemang tidak kurang dari 300 batang, dan dijual habis. Pembelinya tidak hanya warga Sarolangun saja, melainkan juga datang dari luar Kabupaten Sarolangun.

"Alhamdulillah di bulan Ramadhan pembuatan lemang meningkat dari sebelumnya 100 batang perharinya, kini 300 batang setiap hari dijual habis," ujar ElVita.

Masih katan Elvita, "penjualan tidak hanya warga Sarolangun saja, melainkan warga Bungo, Merangin serta kota Jambi."

Elvita mengaku bersyukur karena penjualan lemangnya bertambah di bandingkan dengan hari hari biasa, yang hanya 100 batang maksimal pembuatan Lemang per harinya. Namun kata dia, pembuatan lemang akan lebih meningkat bila musim durian.

"Alhamdulillah ekonomi penjualan lemang meningkat, tidak seperti tahun sebelumnya," ungkap Elvita.

Lemang yang dibuat Produksi El Lemang terdapat dua jenis, yakni lemang biasa dan lemang pisang, dan lemang durian jika musim durian. Harga yang ditawarkan Elvita untuk per batang lemang cukup relatif terjangkau dengan kantong, yakni seharga Rp 20.000.

"Ada dua jenis rasa lemang yang kita buat, biasa dan rasa pisang, namun bila musim durian, penjualan lebih kencang, dan kita jual Rp 20.000 per batangnya," sebut ElVita.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggannya, Elvita mengaku tak kewalahan. Karena, bahan baku untuk pembuatan lemang di Sarolangun masih banyak dan gampang ditemukan, seperti bambu, daun pisang, serta kayu bakar, bahan bahan ini diperolehnya sampai di tempat pembuatan EL Lemang. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Senin, 10 Mei 2021 20:52 WIB

Sambut Kunker Komisi III, Al Haris: Masih Banyak Hal yang Perlu Dibenahi di Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris bersama jajarannya, menyambut kunjungan kerja (Kunker) Komisi III DPRD Provinsi Jambi, yang dipimping

 

Jumat, 07 Mei 2021 20:31 WIB

35,6 Persen Masyarakat Menolak Divaksin, Ini Alasannya


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 18:34 WIB

Survei Puspoll: 49 % Masyarakat Tak Setuju Kebijakan Larangan Mudik Lebaran


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 16:52 WIB

Pemkab Muaro Jambi Kembali Raih WTP, Ini Kata Ketua DPRD Yuli Setia Bhakti


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi, berhasil meraih kembali predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh

 

Rabu, 05 Mei 2021 18:41 WIB

Dua Pejabat Dinkes Reaktif Rapid Antigen, Wabup: Siapa Saja Bisa Terpapar


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sarolangun telah berjumlah 220 orang yang dinyatakan positif. Virus Corona hingga kini masih mengintai