Jumat, 30 Juli 2021


Jumat, 16 April 2021 15:20 WIB

Berkah Ramadhan, Si EL Lemang Banjir Orderan di Bulan Puasa

Reporter : Riadi
Kategori : Ragam Kuliner Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Bulan suci Ramadhan membawa keberkahan dan arti tersendiri bagi pembuat lemang yang ada di kota Sarolangun. Betapa tidak, di bulan suci ini pesanan pembuatan lemang mengalami peningkatan drastis, biasanya pembuatan lemang maksimal hanya mencapai 100 batang per hari, namun di bulan Ramadhan  pembuat lemang menerima 300 batang pesanan setiap harinya.

Elvita salah satu pembuat Lemang yang berada di Pasar bawah, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, setiap harinya di bulan Suci Ramadhan tampak ceria dan gembira. Walaupun pandemi Covid-19 belum lenyap dari bumi sepucuk adat serumpun pseko, ia sudah mulai menangguk untung dari usahanya.



Si El Lemang adalah usaha milik ELVita yang menekuni pembuatan lemang sudah bertahun-tahun lamanya. Menurut Elvita, di bulan suci Ramadhan setiap harinya ia  membuat  lemang tidak kurang dari 300 batang, dan dijual habis. Pembelinya tidak hanya warga Sarolangun saja, melainkan juga datang dari luar Kabupaten Sarolangun.

"Alhamdulillah di bulan Ramadhan pembuatan lemang meningkat dari sebelumnya 100 batang perharinya, kini 300 batang setiap hari dijual habis," ujar ElVita.

Masih katan Elvita, "penjualan tidak hanya warga Sarolangun saja, melainkan warga Bungo, Merangin serta kota Jambi."

Elvita mengaku bersyukur karena penjualan lemangnya bertambah di bandingkan dengan hari hari biasa, yang hanya 100 batang maksimal pembuatan Lemang per harinya. Namun kata dia, pembuatan lemang akan lebih meningkat bila musim durian.

"Alhamdulillah ekonomi penjualan lemang meningkat, tidak seperti tahun sebelumnya," ungkap Elvita.

Lemang yang dibuat Produksi El Lemang terdapat dua jenis, yakni lemang biasa dan lemang pisang, dan lemang durian jika musim durian. Harga yang ditawarkan Elvita untuk per batang lemang cukup relatif terjangkau dengan kantong, yakni seharga Rp 20.000.

"Ada dua jenis rasa lemang yang kita buat, biasa dan rasa pisang, namun bila musim durian, penjualan lebih kencang, dan kita jual Rp 20.000 per batangnya," sebut ElVita.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggannya, Elvita mengaku tak kewalahan. Karena, bahan baku untuk pembuatan lemang di Sarolangun masih banyak dan gampang ditemukan, seperti bambu, daun pisang, serta kayu bakar, bahan bahan ini diperolehnya sampai di tempat pembuatan EL Lemang. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Kamis, 29 Juli 2021 20:29 WIB

Panggilan Pertama Kejari, Mantan Kades Lidung Mangkir


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus dugaan Mark Up anggaran Dana Desa Desa Lidung tahun 2019 pada pekerjaan jalan rigid beton sepanjang 840 meter dengan

 

Kamis, 29 Juli 2021 12:11 WIB

H Mashuri: Merangin Raih Penghargaan KLA 2021


Kajanglako.com, Merangin - Merangin berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2021, tingkat Pratama. Info ini disampaikan Plt Bupati Merangin H

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:56 WIB

Terjaring Razia dan Didenda Rp 1.000.000, Parmin: Itu Terlalu Kejam dan Keras


Kajanglako.com, Sarolangun - Penindakan pelaku usaha yang dianggap melanggar protokol kesehatan di kota Sarolangun dinilai terlalu keras. Tim gabungan

 

Rabu, 28 Juli 2021 17:19 WIB

Razia Prokes Pelaku Usaha, Pelanggar Disanksi Denda Hingga Segel


Kajanglako.com, Sarolangun - Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mulai memberlakukan penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan bagi

 

Sosok dan Pemikiran
Rabu, 28 Juli 2021 07:20 WIB

Romo Kuntara dan Jawa Kuna


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Secara kebetulan saat menjadi profesor tamu di Institute for Language and Culture of Asia and Africa-Tokyo University of Foreign