Senin, 12 April 2021


Selasa, 06 April 2021 18:22 WIB

Terkesan Setengah Hati, Pekerjaan Turap Jalan Lintas Jambi-Sarolangun Jalan di Tempat

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Jalan lintas Jambi - Sarolangun yang berada di Desa Batu Ampar Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun, mengalami longsor akibat terkikis arus Sungai Muara Tembesi dan nyaris putus. Setengah dari badan jalan sepanjang 50 meter amblas, kondisi ini mengancam keselamatan pengguna jalan.

Proyek pekerjaan turap jalan provinsi yang dikerjakan terkesan setengah hati dan jalan di tempat. Dua bulan sejak pengerjaan turap dimulai hingga saat ini masih dikerjakan, terkesan asal-asalan dan tidak mengutamakan keselamatan berlalu lintas.



Pantauam di lokasi terlihat hanya beberapa pekerja saja yang melakukan pekerjaan proyek tersebut. Penyelesaian turap diprediksi akan lambat, hal ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan putusnya jalur lintas tersebut.

Sri Damayanti Kepala Desa Batu Ampar Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun, mengatakan, pekerjaan proyek pembuatan turap badan jalan Provinsi Jambi sudah darurat.

"Ini jalan darurat, harus segera dipercepat, bila tidak, akan putus dan jalan alternatif selain ini tidak ada," sebut Kades Batu Ampar, Selasa (6/04/2021).

Sri Damayanti kecewa, pekerjaan tersebut tanpa papan merk dan terkesan tidak serius.

"Saya pikir kontraktor tidak serius mengerjakannya, sebab telah lebih dua bulan sejak awal februari 2021, pekerjaan tidak ada perubahan, yang ada longsor semakin jadi diterbis sungai, selain itu papan merk tidak ada, kita tidak tahu proyek siapa dan anggaran mana serta berapa lama pekerjaan ini harus diselesaikan," sebutnya.

Sri Damayanti berharap kontraktor segera memprioritaskan pekerjaan dan tidak menunda-nunda waktu. "Ini termasuk skala darurat, bila tidak segera diselesaikan akan berdampak pada putusnya jalan lintas Jambi- Sarolangun," tegas yuk Yanti, panggilan akrabnya

Sementara Emi yang mengaku sebagai manajer perusahaan PT Loka Guna Sebagai penanggung jawab pekerjaan saat dihubungi terus mengelak dan tidak mau dikonfirmasi.

"Saya tidak tahu tentang proyek tersebut dan tanyakan saja sama Eka yang sebagai pengawas lapangan," sebut Emi lalu mematikan telepon selulernya.

Di lokasi pekerjaan proyek turap tersebut terlihat sepi. Hanya ada empat pekerja, dan pemuda dari Karang Taruna Desa Batu Ampar yang membantu mengatur lajunya lalu lalang kendaraan di jalur tersebut. Eka yang disebut sebagai pengawas lapangan proyek turap tersebut menurut informasi tak pernah datang ke lokasi.

Kondisi jalan di lokasi proyek, berdasarkan pantauan, sangat memprihatinkan. Selain longsor, badan jalan nyaris putus.

Tepat di tengah jalan di lokasi proyek hanya dibatasi oleh drum. Tidak ada sama sekali rambu-rambu yang menunjukkan bahwa adanya jalan longsor yang sedang dalam pekerjaan, baik sebelum maupun setelah melewati lokasi proyek. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati

 

Rabu, 07 April 2021 19:39 WIB

Truck Bertonase Besar Kerap Melintas, Jalan Longsor Terancam Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Akses jalan lintas nasional jalur Jambi - Sarolangun yang berada di Desa Batu Ampar Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun,