Rabu, 20 Januari 2021


Kamis, 14 Januari 2021 11:18 WIB

Catatan Aktivis Lingkungan: Ada Indikasi Perlindungan Oknum Penegak Hukum Terhadap Pelaku PETI

Reporter : Riki Saputera
Kategori : Berita Daerah

Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, bersama pimpinan Forkopimda bahas penanganan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Merangin.

Forum Grup Discussion (FGD) yang juga dihadiri sejumlah element masyarakat ini disenggarakan di aula Polres Merangin, Kamis (14/01), dan juga diikuti Polda Jambi, aktivis lingkungan dan akademisi secara virtual.



Rudiansyah, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jambi mengatakan sulitnya pemberantasan Pertambangan Emas Tanpa Izin di Jambi juga karena ada indikasi upaya mendapat perlindungan dari oknum penegak hukum.

"Ada indikasi oknum yang melindungi mereka dalam melakukan aktivitas PETI, ada indikasi oknum penegak hukum dan tokoh masyarakat," kata Rudiansyah.

Selain itu Rudiansyah juga menyampaikan catatan kritis aktivitas PETI di Jambi. Beberapa diantaranya yakni aktivitas ilegal PETI di provinsi Jambi dalam situasi sangat kritis (Merubah fungsi kawasan, pencemaran air dan perubahan areal pertanahan/perkebunan/sungai.

"Pelaku PETI berisiko terjadi kecelakaan dalam bekerja, adanya oknum pemodal memfasilitasi penyediaan alat berat, mercuri dan BBM secara mudah," sebutnya.

Terkait itu Rudiansyah merekomendasikan agar semua elemen masyarakat bersama-sama menolak PETI. Lalu penegakan hukum harus dilakukan secara maksimal sampai ke akar dan aktor.

"Pemerindah harus membuat kebijakan, melakukan monitoring, evaluasi penggunaan alat berat, merkuri dan BBM. Pemerintah Provinsi dan Kabupaten harus membuat rencana aksi tentang penghapusan penggunaan merkuri," katanya. (Kjcom)


Tag : #jambi #merangin #FGD #PETI #emas tanpa izin #walhi jambi #walhi



Berita Terbaru

 

Ekspedisi Sumatra Tengah 1877
Selasa, 19 Januari 2021 10:08 WIB

Hilangnya Si Anak Sulung


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Di antara Soepajang dan Siroekam ada dataran tinggi yang luas. Beberapa pohon koebang yang bagus tumbuh

 

Perspektif
Selasa, 19 Januari 2021 09:53 WIB

Demokrasi Ternyata Bisa Mati, Juga di Amerika Serikat


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Sebagai seorang politisi sekaligus gubernur yang memiliki gelar doktor ilmu politik Anies Baswedan tidak aneh kalau memiliki

 

Tipikor
Senin, 18 Januari 2021 20:06 WIB

Cerita Kasus Korupsi Baju Linmas, Tiga Tersangka Kembalikan Kerugian Negara


Kajanglako.com, Merangin - Kasus korupsi baju Linmas Satpol PP Merangin sudah masuk tahap persidangan, Rabu (13/01) lalu sidang perdana di pengadilan Tipikor

 

Pandemi Covid-19
Senin, 18 Januari 2021 20:03 WIB

Hasil Evaluasi, Dinas Pendidikan Sarolangun Tetap Lakukan Sekolah Tatap Muka


Kajanglako.com, Sarolangun – Dinilai tidak menemui kendala, proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) atau sekolah Tatap Muka di masa Pendemi Covid-19

 

Senin, 18 Januari 2021 19:50 WIB

Tahun 2020, 406 Perempuan Merangin Menjanda


Kajanglako.com, Merangin - Angka perceraian di Kabupaten Merangin tinggi. 2020 lalu tercatat ada 479 perkara perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama