Rabu, 20 Januari 2021


Kamis, 07 Januari 2021 12:08 WIB

Gelar Webinar Lingkungan, Sumforth dan BEM KBM UNJA Hadirkan Tokoh Nasional, Akademisi, Peneliti dan Aktivis

Reporter : Jhoni Imron
Kategori : Berita Akademia

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi – Menghadirkan tokoh nasional, akademisi, peneliti dan pegiat lingkungan, Sumatera for Earth (Sumforth) bekerja sama dengan BEM KBM UNJA Kabinet Ruang Kolaborasi akan mengadakan webinar lingkungan pada 14 Januari mendatang. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan International Agriculture Scientist Forum (IASF), Ecological IPB University, dan media partner kajanglako.com dan beritatanjabtim.id.

Webinar lingkungan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan menambah wawasan tentang pentingnya menjaga serta merawat lingkungan. Pentingnya pemahaman dan wawasan tentang lingkungan di tingkat masyarakat agar keseimbangan alam terus terjaga untuk kelangsungan hidup manusia.



Selain itu juga akan membahas sekaligus mengadvokasi isu-isu strategis yang sedang berkembang di masyarakat mengenai lingkungan.

Allie Ghiardien Ginting, Founder Sumforth sekaligus penggagas webinar lingkungan ini mengatakan, isu lingkungan adalah tema penting dunia ke depan, terlebih lagi di Indonesia.

“Indonesia dengan kekayaan alam, sumber daya hayati, hutan dan ligkungannya perlu mendapat perhatian serius. Hal ini agar sumber daya yang dimiliki Indonesia bermanfaat dan bisa dimanfaatkan bagi kemakmuran rakyat, namun tetap mengutamakan keseimbangan alam, keberlanjutan dan ramah lingkungan,” ujar Ali.

Sementara dari BEM KBM Unja menyampaikan, proses advokasi sangat penting bagi para peneliti dalam mengkomunikasikan hasil kajian dan isu-isu penting, dilakukan dengan perencanaan strategis dengan target utama adalah pengambilan kebijakan dan koorporasi.

“Advokasi merupakan salah satu bentuk komunikasi persuasif, yang bertujuan untuk mempengaruhi pemangku kepentingan dalam pengambilan kebijakan atau keputusan,” ujarnya.

Webinar lingkungan dengan tema “The Discourse And Oligarchy Behind The Polemic Of Damage To Agricultural Natural Resources And The Environment In Indonesia” ini menghadirkan Rektor IPB Prof Dr Arif Satria MSi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedy Mulyadi SH, Rektor UNJA Prof Drs H Sutrisno MSc PhD, Guru Besar IPB Prof Dr Ir Hariadi Kartodiharjo MS, Dosen UnKhair yang juga aktivis lingkungan Abdul Motalib Angkotasan Msi, Ketua Biodiversitas UNJA Dr Ir Forst Bambang Irawan SP MSc IPU, Founder IASF yang juga mendirikan Sumforth Allie Ghiardien Ginting MSi.

Kegiatan ini akan dimoderatori oleh Dita Arum Anggraini SPt dari IASF, Yunia Ningsih sebagai MC, dibuka untuk umum dan mahasiswa delegasi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. (Kjcom)


Tag : #Lingkungan #IPB #UNJA



Berita Terbaru

 

Ekspedisi Sumatra Tengah 1877
Selasa, 19 Januari 2021 10:08 WIB

Hilangnya Si Anak Sulung


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Di antara Soepajang dan Siroekam ada dataran tinggi yang luas. Beberapa pohon koebang yang bagus tumbuh

 

Perspektif
Selasa, 19 Januari 2021 09:53 WIB

Demokrasi Ternyata Bisa Mati, Juga di Amerika Serikat


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Sebagai seorang politisi sekaligus gubernur yang memiliki gelar doktor ilmu politik Anies Baswedan tidak aneh kalau memiliki

 

Tipikor
Senin, 18 Januari 2021 20:06 WIB

Cerita Kasus Korupsi Baju Linmas, Tiga Tersangka Kembalikan Kerugian Negara


Kajanglako.com, Merangin - Kasus korupsi baju Linmas Satpol PP Merangin sudah masuk tahap persidangan, Rabu (13/01) lalu sidang perdana di pengadilan Tipikor

 

Pandemi Covid-19
Senin, 18 Januari 2021 20:03 WIB

Hasil Evaluasi, Dinas Pendidikan Sarolangun Tetap Lakukan Sekolah Tatap Muka


Kajanglako.com, Sarolangun – Dinilai tidak menemui kendala, proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) atau sekolah Tatap Muka di masa Pendemi Covid-19

 

Senin, 18 Januari 2021 19:50 WIB

Tahun 2020, 406 Perempuan Merangin Menjanda


Kajanglako.com, Merangin - Angka perceraian di Kabupaten Merangin tinggi. 2020 lalu tercatat ada 479 perkara perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama