Sabtu, 16 Januari 2021


Selasa, 24 November 2020 10:15 WIB

Sortir dan Lipat Surat Suara Pilgub Jambi, KPU Hanya Libatkan Staf dan Pegawai Sekretariat

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah

KPU Sarolangun melakukan pennyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jambi / foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur mulai dilakukan KPU Kabupaten Sarolangun dengan melibatkan tenaga dari sekretariat KPU. Pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dilakukan di gudang logistik KPU.

Ketua KPU Kabupaten Sarolangun Muhamad Fakhri mengatakan, petugas lipat dan sortir surat suara direkrut dari pegawai sekretariat KPU sebanyak 25 orang dengan sistim kerja mulai dari Jam Delapan pagi sampai jam Sepuluh malam (08.00 – 22.00 WIB), dengan waktu istrihat saat makan siang dan makan malam. Pihaknya menargetkan perampungan pelipatan dan penyortiran surat suara ini selama dua hari dua malam.



"Iya kita melakukan sortir dan lipat surat suara pada Pemilihan Gubernur Jambi, pelipatan dilakukan sekretariat KPU dengan waktu 2 hari," sebut Fakhri.

Sebanyak 204.604 lembar surat suara yang akan disortir dan dilipat petugas jumlah surat suara tersebut sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap, serta ditambah dua setangah persen dari surat suara cadangan.

"Iya sebanyak 204.604 surat suara yang kita lipat dan sortir, sejauh ini surat suara cukup," sebutnya.

Fakhri menjelaskan, hasil sortir surat suara setiap waktu istrihat akan dibuatkan berita acara, terkait jumlah surat suara yang telah disortir, beserta data jumlah surat suara yang rusak. Pihaknya juga telah memberikan panduan serta prosedur terkait surat suara yang masuk kategori rusak,  jika terdapat bercak tinta pengaturan gambar tidak jelas atau sobek.

"Iya surat suara yang terkena tinta maupun sobek kita singkirkan," sebut Fakhri.

Penyortiran dan pelipatan surat suara di masa pandemi Covid-19 KPU mengedepankan dan menerapkan protokol kesehatan, serta pengaman gudang logistik KPU oleh TNI POLRI hingga hari pencoblosan.

Selain itu dijelaskan Fakhri, pelipatan surat suara dan semua logistik dan perlengkapan kebutuhan protokol kesehatan, seperti handsanitizer, sarung tangan dalam pemilihan tersebut telah diterima. (Kjcom)


Tag : #KPU #Pilgub #Jambi



Berita Terbaru

 

Pandemi Corona
Sabtu, 16 Januari 2021 10:48 WIB

Pemkab Sarolangun Anggarkan Rp 5 Miliar ABPD untuk Penanggulangan Covid-19 Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun tampaknya masih serius menaggulangi penularan wabah virus corona atau Covid-19.

 

Banjir
Sabtu, 16 Januari 2021 10:42 WIB

Air Sungai Meluap, 74 Desa di Sarolangun Terendam Banjir


Kajanglako.com, Sarolangun – Dikelilingi aliran air sungai Limun, Sungai Batang Asai serta Sungai Muara Tembesi, Kabupaten Sarolangun menjadi salah

 

Jumat, 15 Januari 2021 09:57 WIB

Masnah Busro Resmikan Pasar Rakyat Sengeti


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Bupati Muaro Jambi Masnah Busro Secara resmi membuka pasar rakyat Sengeti yang baru selesai di bangun oleh pemerintah kabupaten

 

Sosok dan Pemikiran
Jumat, 15 Januari 2021 08:42 WIB

Menengok Masa lalu, Menatap Masa Depan: Hariman Siregar dan Malari


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Adakah, atau masih mungkinkah, sebuah perubahan besar untuk membentuk sesuatu yang baru bisa terjadi di masa depan? Goenawan

 

PETI
Kamis, 14 Januari 2021 20:04 WIB

Diduga Melakukan PETI, Polres Merangin Amankan Alat Berat dan Tiga Warga Bungo


Kajanglako.com, Merangin - Polres Merangin amankan Eskavator dan tiga warga Bungo karena diduga melakukan kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) diwilayah