Kamis, 03 Desember 2020


Senin, 26 Oktober 2020 16:23 WIB

Vaksin yang Paling Umum Dicari Saat Covid-19

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam

Ilustarsi gambar : Diabetesselfmanagement.com

Kajanglako.com - Pemberian vaksin memang harus diperhatikan, tidak hanya untuk balita atau anak-anak namun juga untuk orang dewasa. Sistem imun sebetulnya secara otomatis terbentuk dari dalam tubuh. Namun, tentunya tak semua mampu dihasilkan secara alami. Sehingga, metode vaksinasi memang banyak dipilih sebagai alternatif. Metode ini terkadang memunculkan beragam stigma. Biasa, ada yang pro juga kontra. Namun, sebelum itu ketahui dulu apa sih pentingnya pembentuk imunitas ini? Untuk apa dan bagaimana efeknya dalam tubuh manusia.

Ketahui Urgensi Pembentuk Imunitas



Seperti yang dipaparkan dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD. Jika tak ada batasan umur dalam melakukan sebuah vaksinasi. Meskipun jadwal imunisasi ini telah terpenuhi saat anak-anak. Anda tetap bisa mengulangnya saat dewasa nanti.

Beliau juga menyatakan vaksin ini penting dalam menunjang kesehatan. Sehingga, saat dewasapun proteksi di dalam tubuh masih ada. Berikut beberapa alasan mengapa vaksinasi ini memiliki urgensi yang tinggi.

1. Usia

Dalam kategori umur, terlebih berhubungan dengan pandemi. Umur jadi kian sensitif. Rentang usia yang tergolong dewasa lebih rentan terkena berbagai penyakit. Apalagi jika telah memasuki jenjang lanjut usia atau lansia. Yang bisa saja disebabkan oleh bakteri, virus hingga lainnya.

2. Riwayat Penyakit Kronis

Dalam berbagai sumber kesehatan, menyebutkan riwayat ini berpotensi tinggi terkena COVID-19. Pasalnya, imunitas mereka rendah sehingga penyakit akan mudah menyerang. Penyakit kronis ini diantaranya ialah, jantung, hipertensi, diabetes maupun lainnya. Sehingga vaksinasi ini tergolong wajib meski Anda telah dewasa.

3. Resiko Perjalanan, Gaya hidup Hingga Kehamilan

Tentu hal ini juga dapat dijadikan perhatian. Dalam sebuah perjalanan, imunitas sangat dibutuhkan. Hal ini dapat memproteksi diri dari potensi penyakit menular. Yang bisa saja didapat saat travelling Anda lakukan.

Selain itu, orang-orang dengan kebiasaan merokok, alkohol dan sejenisnya. Turut mempengaruhi rendahnya imun tubuh. Apalagi yang berstatus hamil. Mereka ini juga membutuhkan perlindungan dari vaksinasi dengan tepat.

4. Belum Pernah Melakukan Vaksinasi

Alasan keempat ini menjadi sebab penting mengapa vaksinasi wajib dilakukan. Implikasinya adalah sebagai sarana pelindung diri. Dari beragam virus pemicu penyakit.

Vaksin Yang Paling Umum Dicari Saat Covid-19 Menyerang

Sebetulnya hal ini tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing individu. Namun, ada baiknya mengetahui jenis vaksin yang dibutuhkan. Sehingga Anda bisa bersiap-siap dalam melindungi sistem imun tubuh Anda.

1. Vaksin Pneumonia 

Pneumonia disebut mampu meningkatkan resiko meninggal dunia hingga enam kali lipat. Sehingga vaksinasi jenis ini berfungsi mencegah komplikasi. Serta meminimalisir terjadinya kematian.

Metode ini umum dilakukan dua kali seumur hidup. Yang dimulai dari usia dua tahun keatas. Meski tak secara penuh mencegah ekspansi Corona. Namun, dapat menurunkan resiko keparahan yang melanda. Maka dari itu, vaksinasi setelah dewasa jangan ragu untuk melakukannya.

2. Vaksin Influenza

Metode ini terbukti klinis mampu menekan infeksi akibat COVID-19. Yang berakibat menurunnya tingkat rawat inap pada unit ICU. Dalam sebuah studi di Italia, vaksin ini memiliki andil dalam menurunkan paparan COVID-19. Vaksin ini diberikan ketika anak berusia 9 tahun. Dan bisa diulang ketika telah dewasa.

Untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya, bisa Anda peroleh melalui aplikasi Halodoc. Bahkan melalui aplikasi ini, Anda bisa memanfaatkan fitur konsultasi dengan dokter untuk menjawab segala keluhan kesehatan Anda. Selain itu, bagi Anda yang tinggal di Medan dan ingin mencari tempat vaksin Medan, bisa mencari informasinya melalui aplikasi Halodoc.

Anda hanya cukup mengetikkan kata kunci “vaksin di Kota Medan” pada kolom pencarian informasi di aplikasi Halodoc. Kemudian setelah itu akan muncul informasi lengkap tentang biaya vaksin yang dibutuhkan, alamat lokasi vaksin, dan jenis vaksin yang diberikan. (Kjcom/*)


Tag : #pandemi #covid 19 #virus #vaksin #corona #halodoc



Berita Terbaru

 

Kamis, 03 Desember 2020 17:10 WIB

Dianggap Mampu Membawa Perubahan, Fadhil Arief Dipilih 43,3 %


Kajanglako.com, Jambi - Kurang dari dua Minggu sebelum hari pencoblosan, peta kekuatan kandidat peserta Pilkada mulai makin terbuka. Dari Survei yang dilakukan

 

Pilbup Batanghari 2020
Kamis, 03 Desember 2020 16:49 WIB

Survey Puspoll Pilbup Batanghari, Fadil Arief-Bahtiar Unggul Jauh


Kajanglako.com, Jambi – Rilis hasil survey terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survey Nasional, Puspoll Indonesia terhadap Pemilihan Bupati (Pilbup)

 

Pilgub Jambi 2020
Kamis, 03 Desember 2020 16:32 WIB

Sepekan Jelang Pencoblosan, Warga Senyerang Optimis Cek Endra-Ratu Menang Banyak


Kajanglako.com, Tanjabbar – Dukungan terhadap Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut satu, Cek Endra-Ratu Munwaroh semakin hari terus

 

Pilgub Jambi 2020
Kamis, 03 Desember 2020 15:35 WIB

Puspoll Indonesia Rilis Hasil Survey Terbaru, CE-Ratu Unggul 42,2 Persen


Kajanglako.com, Jambi – Sepekan jelang hari pencoblosan, Puspoll Indonesia, salah satu lembaga survey nasional, merilis hasil survey terbaru Pemilihan

 

Kamis, 03 Desember 2020 09:00 WIB

Dihadiri Adik Kandung HBA, Al Haris Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat Sungai Abang Sarolangun


Kajanglako.com, Jambi - Al Haris dalam safari politiknya di bumi sepucuk adat serumpun pseko juga bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Sungai Abang,