Jumat, 24 September 2021


Selasa, 15 September 2020 19:03 WIB

Cerita Jalan Air Liki dan Masuk Renja 2021 dengan Rencana Anggaran Rp 4,5 M

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Kadis PUPR Merangin, Aspan / foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Hingga sejauh ini Desa Air Liki belum tersentuh pembukaan jalan dan warga setempat masih menggunakan transportasi air untuk menuju desa mereka.

Terkait rencana pembukaan jalan ke Air Liki, Kadis PUPR Merangin Aspan menceritakan 2017 sudah direncanakan namun rutenya tersentuh dengan kawasan TNKS.



"Itu proses sangat panjang dan kita sudah berupaya," sebutnya.

Lalu tahun 2020 ini warga Air Liki kembali mengajukan bahwa ada jalur alternatif yang rutenya tidak tersentuh kawasan TNKS dan hutan lindung dan itu sudah dilakukan survey bersama PUPR Merangin.

"Kita juga sudah melakukan perencanaan dan survey memang tidak tersentuh TNKS dan hutan lindung dan kita bisa membuka jalan di jalur tersebut," ujar Aspan.

Lalu cerita Aspan lagi, tanggal 10 Agustus 2020 masuk surat dari Kades Ngaol ke PUPR Merangin yang intinya meminta peninjauan kembali jalur yang sudah disurvey tersebut karena ada lahan warga Desa Ngaol di rute jalan tersebut belum bisa dibebaskan.

"Mengajukan kembali agar melakukan surve ulang melanjutkan pekerjaan terobosan jalan yang lama yang pernah dibuka pada bupati sebelumnya. Sementara jalur jalan lama itu medannya cukup berat," sebutnya.

"Jika tidak ada surat tersebut kita bisa memasukkan anggaran pembukaan jalan di APBDP, sebab perencanaan sudah dilaksanakan di APBD awal 2020," tambahnya lagi.

Seiring waktu berjalan datang Kades Air Liki dan Air Liki Baru tanggal 14 September 2020 ke PUPR membawa surat kesepakatan empat desa yang menyetujui pembukaan jalan di rute yang tidak bersentuhan dengan TNKS dan hutan lindung tersebut.

"Surat itu ditandatangani Kades Air Liki, Air Liki Baru, Kades Ngaol dan Kades Ngaol Baru. Sementara KUA PPAS APBDP 2020 sudah ditetapkan tanggal 8 September 2020 pukul 21.38 WIB, jadi surat kesepakatan empat Kades itu lambat datang ke kita dan sementara KUA PPAS sudah selesai dibahas," terangnya.

Terkait itu ditegaskan Aspan pembukaan jalan Ngaol-Air Liki dimasukkan dalam Rencana Kerja (Renja) APBD Merangin 2021.

"Kami juga sudah melayangkan surat ke kadis PUPR provinsi Jambi untuk dialokasikan kegiatan pembukaan jalan Air Liki melalui kegiatan Bakti Abri 042 Garuda Putih Jambi. Renja APBD kita untuk pembukaan jalan air liki rencana anggarannya Rp 4,5 M," sebut Aspan. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Rabu, 22 September 2021 18:51 WIB

Pj Sekda Tanam Replanting Sawit Kemitraan


Kajanglako.com, Merangin - Pj Sekda Merangin Fajarman secara simbolis melakukan penanaman perdana program replanting sawit kemitraan strategis Gapoktan,

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin


Kajanglako.com, Sarolangun – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sarolangun terus dilaksanakan. Baik dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri,