Sabtu, 16 Oktober 2021


Kamis, 11 Juni 2020 11:33 WIB

70 Persen Kebutuhan Ikan di Merangin Dipasok dari Luar

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Bisnis UMKM Berita Daerah

Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Kebutuhan ikan di Merangin ternyata didominasi pasokan dari luar daerah. Hal ini diakui Bupati Merangin, Al Haris, usai menyerahkan 140 ribu benih ikan ke 10 kelompok budidaya ikan, Kamis (11/6/20).

Al Haris mengatakan, Merangin masih menikmati ikan dari luar daerah dan kelompok pembudidaya ikan Merangin baru mampu memenuhi 30 persen kebutuhan pasar.



"Petani Merangin baru bisa mensupport 30 persen pasar, 70 persen masih bergantung dari ikan luar daerah, misalnya dari wilayah Sumbar," ungkapnya.

Al Haris menyebutkan sebenarnya Merangin punya potensi untuk pembudidayaan ikan dan berharap warga melihat peluang tersebut.

"Kita berharap petani kita aktif membudidaya ikan, sebetulnya kita punya potensi untuk mencukupi kebutuhan ikan di Merangin, kita ada lubuk larangan tapi penennya lama, kalau ikan budidaya ini cepat," ujarnya.

Selain itu warga yang punya perkarangan luas atau ada lahan tidur dan ada potensi untuk kolam ikan, itu bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

"Kita mesti begerak dan melihat peluang ini dan tidak banyak lahan tidur untuk dijadikan penunjang ekonomi," sebutnya.

Bupati juga mengakui belum banyak yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk membantu kelompok pembudidaya ikan.

"Terutama untuk pakan, kita baru mampu subsidi sedikit. Ini yang kedepan kita sikapi dengan membuat tempat pembuatan pakan sendiri yang tujuannya agar kebutuhan belanja modal murah," katanya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah