Kamis, 03 Desember 2020


Selasa, 26 Mei 2020 23:55 WIB

Uji Swab Covid-19 Sudah Bisa Dilaksanakan di RSUD Raden Mattaher

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Berita Pemerintahan

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi – Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menyampaikan bahwa uji swab Covid-19 sudah bisa dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi. Hal ini sebagai upaya untuk mempercepat pemeriksaan swab Covid-19.

“Pada hari ini  tim laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher telah melakukan pemeriksaan swab dengan TCM (alat test cepat molekuler) dari Program TBC dengan menggunakan cathrige yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan swab pasien terduga Covid-19 yang ada di RS Raden Mattaher,” ujar Johansyah meneruskan penjelasan dari pihak RSUD Raden Mattaher dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Selasa (26/5/20).



“Alhamdullilah hasil pemeriksaan sudah bisa mendeteksi virus Covid-19 dimana laboratorium RS Raden Mattaher ini sudah di-SK-kan oleh Kementerian Kesehatan utk memfungsikan alat TCM yang sudah ada agar bisa juga digunakan untuk pemeriksaan swab Covid-19 dengan chatrige yang sudah diberikan oleh Kemenkes,” sambung Johansyah.

Johansyah mengatakan, alat TCM atau RT PCR dari Program TBC ini ada 15 unit, saat ini diajukan 9 alat untuk bisa dioperasikan untuk Covid-19, namun yang sudah di-SK-kan Kementerian Kesehatan baru 2 RS, yaitu RS Raden Mattaher dan RS Hanafie Bungo, dan sudah dikirimkan 120 cathrige, akan ditambah apabila cathrige telah habis digunakan.

Namun, terang Johansyah, untuk pengumuman positifnya, tetap harus menunggu verifikasi dari pusat dimana sistem pelaporan menggunakan pelaporan SITB (Sistem Informasi  Tuberculosis) secara online, dan akan diverifikasi oleh  Pos Kedaruratan Kesehatan Masyarakat atau Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Pemeriksaan hasil swab pasien akan bisa dilakukan di Provinsi Jambi, baik ODP, PDP dan rapid test positif, serta akan dibagi dalam 2 zona: untuk wilayah timur dilakukan di RS Raden Mattaher, wilayah barat di RS Hanafie Bungo,” ujar Johansyah. (Kjcom)


Tag : #Virus #Corona #RSUD



Berita Terbaru

 

Kamis, 03 Desember 2020 17:10 WIB

Dianggap Mampu Membawa Perubahan, Fadhil Arief Dipilih 43,3 %


Kajanglako.com, Jambi - Kurang dari dua Minggu sebelum hari pencoblosan, peta kekuatan kandidat peserta Pilkada mulai makin terbuka. Dari Survei yang dilakukan

 

Pilbup Batanghari 2020
Kamis, 03 Desember 2020 16:49 WIB

Survey Puspoll Pilbup Batanghari, Fadil Arief-Bahtiar Unggul Jauh


Kajanglako.com, Jambi – Rilis hasil survey terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survey Nasional, Puspoll Indonesia terhadap Pemilihan Bupati (Pilbup)

 

Pilgub Jambi 2020
Kamis, 03 Desember 2020 16:32 WIB

Sepekan Jelang Pencoblosan, Warga Senyerang Optimis Cek Endra-Ratu Menang Banyak


Kajanglako.com, Tanjabbar – Dukungan terhadap Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut satu, Cek Endra-Ratu Munwaroh semakin hari terus

 

Pilgub Jambi 2020
Kamis, 03 Desember 2020 15:35 WIB

Puspoll Indonesia Rilis Hasil Survey Terbaru, CE-Ratu Unggul 42,2 Persen


Kajanglako.com, Jambi – Sepekan jelang hari pencoblosan, Puspoll Indonesia, salah satu lembaga survey nasional, merilis hasil survey terbaru Pemilihan

 

Kamis, 03 Desember 2020 09:00 WIB

Dihadiri Adik Kandung HBA, Al Haris Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat Sungai Abang Sarolangun


Kajanglako.com, Jambi - Al Haris dalam safari politiknya di bumi sepucuk adat serumpun pseko juga bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Sungai Abang,