Minggu, 26 Januari 2020


Senin, 13 Januari 2020 12:21 WIB

Tips-tips Memilih Travel Umroh yang Aman Menurut Kamenag

Reporter :
Kategori : Berita

Travel umrah / foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Belakangan masyarakat dihebohkan dengan banyaknya kasus jamaah umroh terlantar dan bahkan ada yang tertipu tidak berangkat sama sekali.

Marwan Hasan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Merangin, mengatakan sedikit biro perjalanan atau travel umroh yang punya Izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang punya kantor cabang resmi di Merangin. Dan salah satunya Lightwater Tour dan Travel yang sudah memberangkatkan ribuan jamaah umroh.



"Yang beroperasi di Merangin baru sedikit yang punya cabang resmi yakni Lighwater tour dan travel, Aet Travel, Armindo, Prima Tour, Madani Prabu Jaya dan Rezkia Tour. Itu travel yang kantor cabangnya sudan ada izinnya di Kanwil di Merangin dan sudah punya Izin Kementerian agama pusat atau PPIU," sebut Marwan.

"Biro perjalanan tersebut ada penunjukkan cabang dalam bentuk notaris dan mereka berwewenang untuk menandatangani surat jaminan paspor untuk pemberangkatan umroh. Cabangnya sudah berbadan hukum," tegasnya lagi.

Marwan juga memberikan tips memilih biro perjalanan atau travel umroh yakni dengan 5 pasti.

Pertama pastikan travelnya berizin Kementerian RI dan untuk memastikan itu dapat dicek diaplikasi umroh cerdas."Itu bisa dicek dan travel yang bisa memberangkatkan jamaah untuk punya izin atau nomor PPIU," ujarnya.

Kedua pastikan jadwal keberangkatannya. "Biro perjalanan umroh yang resmi itu jelas sudah mencantumkan jadwal keberangkatan, tanggal dan bulannya," sebutnya.

Ketiga pastikan pesawat/tiket keberangkatannya, keempat pastikan hotel tempat nginap di Mekkah dan Madinah dan kelima pastikan sudah ada visa.

"Travel yang resmi itu dipromosinya sudah menyantumkan pesawat apa yang digunakan, sudah jelas nginap di hotel mana dan hotel bintang berapa dan tannyakan terkait visanya," jelas Marwan lagi.

Tidak kalah pentingnya, lanjut Marwan, ketika sudah menyetor uang umroh pastikan yang bersangkutan sudah memiliki nomor pasti umroh. "Itu bisa dilihat dengan travel tempat mendaftar. Dan juga jangan tergiur harga umroh murah, karena Kemenang sudah menetapkan ongkos minimal berangkat umroh itu 20 juta," sebutnya. (Kjcom)


Tag : #Merangin #Haji #Umroh



Berita Terbaru

 

Minggu, 26 Januari 2020 18:41 WIB

4 Penjabatnya Dipanggil Soal Nonjob, Pemprov Jambi Siap Beri Penjelasan ke KASN


Kajanglako.com, Jambi – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, menyurati Gubernur Jambi Fachrori Umar, permintaan klarifikasi terkait Mutasi/Rotasi

 

Minggu, 26 Januari 2020 17:14 WIB

Takut Terpapar Virus Corona, Pengunjung RSUD Raden Mattaher Mendadak Sepi


Kajanglako.com, Jambi - Pihak rumah sakit plat merah RSUD Raden Mattaher Jambi, membenarkan pasca diisolasi pasien (perempuan) diduga terpapar virus Corona

 

Minggu, 26 Januari 2020 16:19 WIB

Waspada, Lansia dan Anak-anak Rentan Terpapar Virus Corona


Kajanglako.com, Jambi - Virus Corona asal kota Wuhan China itu, disebut mulanya berasal dari hewan dan terpapar ke manusia kemudian manusia terpapar pada

 

Minggu, 26 Januari 2020 16:10 WIB

Kondisi Terkini Pasien Diduga Terpapar Virus Corona di RSUD Raden Mattaher


Kajanglako.com, Jambi - Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi dr Dewi Lestari menerangkan kondisi terkini pasien diduga terpapar virus Corona

 

Minggu, 26 Januari 2020 16:06 WIB

Virus Corona Mematikan Itu, Ancam Warga Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Rumah Sakit Plat Merah (RSUD) Raden mattaher Jambi, Sabtu ( 25/1/20) malam pada pukul 21.00 WIB mengisolasi seorang pasien (perempuan)