Minggu, 26 Januari 2020


Jumat, 10 Januari 2020 20:30 WIB

Promosi dan Tutorial Pemasangan Tengkuluk Jambi Sasar Media Sosial

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Inforial

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Bank Jambi, dan para pihak terkait, terus berupaya melestarikan Tekluk atau Tengkuluk Jambi, kain penutup kepala yang terbuat dari Batik Jambi yang digunakan perempuan. Dalam berbagai event, Dekranasda mengadakan acara, baik promosi maupun cara penggunaan tengkuluk, semuanya ditujukan untuk melestarikan dan mempromosikan Tekuluk Jambi, penutup kepala warisan leluhur dari Jambi,.

Kali ini, dalam rangka peringatan ulang tahun ke-63 Provinsi Jambi, Dekranasda Provinsi Jambi kembali mengadakan upaya pelestarian dan promosi Tekuluk Jambi, yakni melalui lomba video tutorial pemasangan tekuluk, di pendopo dekat lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Jumat (10/1) sore. Lomba video turotial ini dibuka oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih Sudirman, mewakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Rahima Fachrori.



Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih Sudirman mengatakan, lomba video tutorial ini untuk memudahkan pemakaian tekuluk, dan semuanya (98 motif tekuluk)  akan dibagikan melalui media sosial dan youtube.

Ketua Panitia, Rima Devyanti Johansyah menyampaikan, lomba ini untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan tekuluk sebagai warisan budaya Provinsi Jambi, dan pembelajaran dalam mengenakan tekuluk.

Lanjut dia, peserta lomba video tutorial 80 orang, yakni dari OPD, organisasi wanita, siswa dan mahasiswi, dan dari peserta tersebut sudah dipilih 6 orang finalis. Namun, selain itu juga dilombakan kategori umum.

Dewan juri dalam lomba ini terdiri dari tiga orang, yakni: Iin Kurniasih Sudirman dari Dekranasda, Leni (pakar Tekuluk Jambi), dan Holidah (dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi).

Pada kesempatan tersebut dilombakan juga pemakaian tekuluk kategori umum serta kategori pelajar dan mahasiswa. (Kjcom)


Tag : #Jambi #Tengkuluk



Berita Terbaru

 

Minggu, 26 Januari 2020 18:41 WIB

4 Penjabatnya Dipanggil Soal Nonjob, Pemprov Jambi Siap Beri Penjelasan ke KASN


Kajanglako.com, Jambi – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, menyurati Gubernur Jambi Fachrori Umar, permintaan klarifikasi terkait Mutasi/Rotasi

 

Minggu, 26 Januari 2020 17:14 WIB

Takut Terpapar Virus Corona, Pengunjung RSUD Raden Mattaher Mendadak Sepi


Kajanglako.com, Jambi - Pihak rumah sakit plat merah RSUD Raden Mattaher Jambi, membenarkan pasca diisolasi pasien (perempuan) diduga terpapar virus Corona

 

Minggu, 26 Januari 2020 16:19 WIB

Waspada, Lansia dan Anak-anak Rentan Terpapar Virus Corona


Kajanglako.com, Jambi - Virus Corona asal kota Wuhan China itu, disebut mulanya berasal dari hewan dan terpapar ke manusia kemudian manusia terpapar pada

 

Minggu, 26 Januari 2020 16:10 WIB

Kondisi Terkini Pasien Diduga Terpapar Virus Corona di RSUD Raden Mattaher


Kajanglako.com, Jambi - Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi dr Dewi Lestari menerangkan kondisi terkini pasien diduga terpapar virus Corona

 

Minggu, 26 Januari 2020 16:06 WIB

Virus Corona Mematikan Itu, Ancam Warga Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Rumah Sakit Plat Merah (RSUD) Raden mattaher Jambi, Sabtu ( 25/1/20) malam pada pukul 21.00 WIB mengisolasi seorang pasien (perempuan)