Minggu, 26 Januari 2020


Selasa, 07 Januari 2020 23:46 WIB

Usai Dilantik, Pj Sekda Sudirman Langsung Melantik 330 Penjabat Pemprov Jambi

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita Pemerintahan

Pj Sekda Sudirman melantik 330 pejabat / Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi - Usai dilantik Gubernur Fachrori Umar menjadi  Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, di auditorium Rumah Dinas Gubernur, Selasa (7/1/20), Sudirman langsung menunjukkan kepiawaiannya.

Di tempat yang sama, berselang 1 jam kemudian, Sudirman langsung pegang kendali mewakili Fachrori melantik dan mengambil sumpah jabatan 330 ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.



Rupanya mengawali tahun 2020, Gubernur Fachrori merombak besar-besaran kabinet Jambi tuntas sisa jabatan 2016-2021. Mengingat sang Gubernur Petahana tersebut bakal maju di Pilgub mendatang, dan 8 Januari adalah batas akhir yang dibolehkan perundang-undangan untuk merombak susunan pembantu-pembantunya. Karena 6 bulan sebelum penetapan calon, sang Gubernur tidak boleh lagi melantik pejabat.

Dari OPD yang di lingkup Pemprov Jambi, nyaris semuanya dilakukan penyegaran atau dilakukan pergantian penjabat. Memang isu perombakan pejabat Eselon III dan IV sudah lama tercium ke publik, dan hari ini (7/1/20/ kabar burung tersebut terbukti  benar adanya. Setelah sebelumnya 43 Eselon II dilakukan asesmen dan 6 di antaranya harus mundur, kali ini ratusan posisi jabatan ikut dilakukan penyegaran.

Kepada awak media, Sudirman, PJ Sekda itu menuturkan, pelantikan dan perombakan pejabat di kalangan pemerintahan adalah hal yang biasa.

"Pelantikan dalam pemerintahan itu biasa, ada penyegaran dab rolling, didasari beberapa pertimbangan usulan dari OPD, penilain, evaluasi, ada juga mereka yang beralih dari struktural ke fungsional," kata Sudirman.

Saat ditanya apakah ini menjadi akhir perombakan pejabat di sisa jabatan Gubernur Fachrori? Sudirman mengatakam kalau mengacu Rekom dari PKPU batas akhir pelantikan itu hari ini tanggal 7 Januari, "Namun kita bisa melakukan pelantikan kembali manakala memperoleh izin dari menteri Dalam Negeri," kata Sudirman.

Juru bicara Gubernur Jambi Johansyah mrnambahkan, bahwa dari 330 pejabat yang dilantik 95 di antaranya pejabat administrator, 219 pejabat pengawas, dan 16 orang pejabat fungsional. (Kjcom)


Tag : #Pelantikan #Pejabat Eselon



Berita Terbaru

 

Sabtu, 25 Januari 2020 22:27 WIB

Gubernur Fachrori Sampaikan Kesan Ini, pada Pisah Sambut Kepala BPS Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Gubernur Jambi Fachrori Umar, memuji Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, mulai dari Kepala BPS sampai semua jajarannya,

 

Sabtu, 25 Januari 2020 17:46 WIB

Al Haris Lantik Ratusan Tim Pemenangan untuk Bungo dan Tebo


Kajanglako.com, Merangin - Al Haris kembali melantik tim pemenangannya untuk pemilihan gubernur periode 2021-2024. Sabtu (25/1/20), Bupati Merangin dua

 

Sabtu, 25 Januari 2020 15:00 WIB

KASN Bersurat ke Gubernur Jambi, Permintaan Klarifikasi Soal Nonjob Pejabat


Kajanglako.com, Jambi - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, menyurati Gubernur Jambi Fachrori Umar, berisi permintaan klarifikasi demosi dan nonjob

 

Sabtu, 25 Januari 2020 14:43 WIB

23 Tahun Tak Bersua, Ini Potret Reuni Akbar Alumni SMK Veteran Kota Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Sabtu (25/1) pagi, bertempat di salah satu restoran di kawasan Sipin Kota Jambi, ratusan alumni SMK Veteran Kota Jambi dari tahun

 

Sabtu, 25 Januari 2020 12:02 WIB

Wabup Apri Tinjau Jalan Dusun Aur Cino, Masyarakat Antusias


Kajanglako.com, Bungo - Wakil Bupati Bungo H Safruddin Dwi Afriyanto melaksanakan kunjungan kerja di Dusun Senamat Ulu dan Aur Cino. Kunjungan Wabup ke