Minggu, 26 Januari 2020


Sabtu, 07 Desember 2019 13:35 WIB

"For Ikan" Pemprov Kejar Angka Konsumsi Ikan Nasional

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita Pemerintahan

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (HIN) yang jatuh pada 21 November lalu. Kegiatan dipadukan dengan Jambore Forikan ke-6 Provinsi Jambi tahun 2019 dan lomba masak serba ikan di pelataran kantor Gubernur Jambi,  Sabtu (7/12).

Kegiatan tersebut melibatkan pelaku perikanan kabupaten/kota, serta ratusan pelajar tingkat SD di Kota Jambi.



Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi dan bertermakish kepada panitia, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi yang sukses melaksanaka kegiatan Jambore Forikan ke-6 Provinsi Jambi 2019.

"Setahun sekali akan kita dorong laksanakan kegiatan seperti ini dengan melibatkan semua OPD, dan lebih meriah lagi," kata Fachrori.

Menurutnya, ikan sangat bagus untuk mencerdaskan perkembangan otak anak-anak sejak dini maupun masyarakat pada umum nya juga baik untuk kesehatan.

Terpisah Rahima Fachrori, Ketua Umum Forikan Provisni Jambi, mengatakan Ia menginginkan masyarakat Jambi gemar makan ikan karena Jambi juga salah satu daerah produsen ikan.

"Kita terus dorong dan promosi untuk meningkatkan keingin gemar makan ikan anak-anak dan masyarakat jambi di semua lini dan kalangan, dan angka konsumsi ikan kita terus meningkat," kata Rahima

Ditambahkan Tema Wisman, Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Provisni Jambi, Jambore Forikan ke-6 Provinsi Jambi 2019 bertujuan meningkatkan angka konsumsi ikan yang masih jauh tertinggal dari angka konsumsi ikan nasional.

"Saat ini angka konsumsi ikan di Jambi masih jauh dari angka nasional 50 kg/kapital per-tahun, sementara Jambi masih di angka  38,64 kg/kapital per-tahun," kata Tema Wisman.

Dia menjelaskan, rendahnya konsumsi ikan disebabkan karena kebiasaan masyarakat yang rendah, beda halnya dengan wilayah timur.

"Jadi kita akan terus Edukasi pendidikan anak untuk konsumsi ikan, terutama merubah kebiasaan masyarakat untuk gemar makan ikan," kata Tema Wisman

Tema Wisman menjelaskan, produksi ikan Jambi 1,3 Ribu ton dari perikanan tangkap dan air tawar. Ikan patin kita saat ini juga tersedia 1,2 ribu ton.

"Produksi ikan kita saat ini melimpah, sementara serapan pasar kita 25 ton, jadi kendalanya pemasaran terbatas akan terus kita dorong untuk ekspor," katanya.

Ke depan, dikatakan Tema, Ia juga akan mengundang pelaku perikanan kabupaten/kota. Di situ mereka tergabung dalam APCI bekerjasama dengan Gubernur, untuk bersurat ke perusahan dan persatuan hotel Indonesia, mengajak karyawan konsumsi ikan.

"Jadi ke depan kita dorong gemar makan ikan di kalangan karyawan swasta selain pemerintah," katanya. (Kjcom)


Tag : #DInas #Perikanan #Forikan



Berita Terbaru

 

Sabtu, 25 Januari 2020 22:27 WIB

Gubernur Fachrori Sampaikan Kesan Ini, pada Pisah Sambut Kepala BPS Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Gubernur Jambi Fachrori Umar, memuji Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, mulai dari Kepala BPS sampai semua jajarannya,

 

Sabtu, 25 Januari 2020 17:46 WIB

Al Haris Lantik Ratusan Tim Pemenangan untuk Bungo dan Tebo


Kajanglako.com, Merangin - Al Haris kembali melantik tim pemenangannya untuk pemilihan gubernur periode 2021-2024. Sabtu (25/1/20), Bupati Merangin dua

 

Sabtu, 25 Januari 2020 15:00 WIB

KASN Bersurat ke Gubernur Jambi, Permintaan Klarifikasi Soal Nonjob Pejabat


Kajanglako.com, Jambi - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, menyurati Gubernur Jambi Fachrori Umar, berisi permintaan klarifikasi demosi dan nonjob

 

Sabtu, 25 Januari 2020 14:43 WIB

23 Tahun Tak Bersua, Ini Potret Reuni Akbar Alumni SMK Veteran Kota Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Sabtu (25/1) pagi, bertempat di salah satu restoran di kawasan Sipin Kota Jambi, ratusan alumni SMK Veteran Kota Jambi dari tahun

 

Sabtu, 25 Januari 2020 12:02 WIB

Wabup Apri Tinjau Jalan Dusun Aur Cino, Masyarakat Antusias


Kajanglako.com, Bungo - Wakil Bupati Bungo H Safruddin Dwi Afriyanto melaksanakan kunjungan kerja di Dusun Senamat Ulu dan Aur Cino. Kunjungan Wabup ke