Senin, 16 Desember 2019


Minggu, 01 Desember 2019 13:23 WIB

Al Haris Tanam Perdana Jagung di Lokasi Replanting Sawit

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Al Haris tanam perdana jagung di lokasi replanting sawit / Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin,  Al Haris, melakukan tanam perdana jagung di lokasi replanting sawit di Desa Rawa Jaya,  Kecamatan Tabir Selatan, Minggu (1/12).

Tanam jagung yang sudah menggunakan teknologi cangih tersebut bekerjasama dengan PT Amal atau PT Agro Tani Makmur Lestari, Payo Kumbuh, Sumatera Barat.



Bupati Merangin Al Haris mengatakan, tanam jagung tersebut merupakan upaya pemerintah agar tetap menstabilkan ekonomi masyarakat, terutama bagi petani sawit yang kebunnya saat ini lagi direplanting.

"Ini jadi tanaman tumpang sari di sela-sela sawit dan petani tetap berpenghasilan jelang sawitnya produksi kembali," kata Al Haris.

Gayung  bersambut, lanjut Al Haris, Pemerintah Merangin menjalin kerjasama dengan PT Amal yang siap menampung berapapun jumlah produksi jagung petani Merangin.

"Kita mendapatkan kontrak dari PT Amal,  mereka bersedia menampung jagung Merangin sehari 350 ton," ujarnya.

"Kalau petani kita sepakat, apa lagi yang sawitnya direplanting gunakan jagung untuk tanaman sela jelang sawitnya besar,  petani bisa menambah income jelang panen sawit, sehingga ke depan petani tidak berpangku tangan, karena sudah ada pihak ke tiga yg siap membeli hasil pertanian warga," terangnya.

Hal ini juga dibenarkan Direktur PT Amal,  Drh Dodi Mulyadi, bahwa selain tanam jagung pihaknya menampung berapapun hasil produksi jagung petani.

Jagung petani juga dihargai Rp 4000 hingga Rp 4500 per kilogramnya. "Jadi kita beli diharga Rp 4000 perkilo dikondisi panen masal dan Rp 4500 dikondisi jagung langka," sebutnya.

"Jadi berapapun banyak produksi, petani tidak akan rugi, kerena harga tetap sama, kita tidak membatasi kuantitas," sebutnya.(Kjcom)


Tag : #Merangin #AL Haris



Berita Terbaru

 

Minggu, 15 Desember 2019 02:14 WIB

Songsong Pilgub 2020, Lembaga Survei ADRC Sasar Pengguna Smartphone


Kajanglako.com, Jambi - Di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi di Era digitalisasi 4.0, semua sistem baik dari segi perencanaan, input dan output

 

Sosok dan Pemikiran
Sabtu, 14 Desember 2019 08:33 WIB

Soedjatmoko


Oleh: Manuel Kaisiepo* Membaca ulang pemikiran dalam buku The Fourth Industrial Revolution (2016) karya Klaus Schwab, pendiri dan Ketua World Economic

 

Jumat, 13 Desember 2019 23:46 WIB

Sidak Limbah PT SGN, Komisi III dan LH Langsung Uji pH


Kajanglako.com, Merangin - Komisi III DPRD Merangin sidak ke PT Sumber Guna Nabati (SGN), Jumat (13/12). Ini merupakan tindak lanjut dari adanya keluhan

 

Jumat, 13 Desember 2019 23:42 WIB

Ketua Organisasi Jurnalis Bungo Kecam Sikap Arogan Oknum Security RSUD H Hanafie


Kajanglako.com, Bungo - Penghalangan peliputan oleh jurnalis di Kabupaten Bungo kembali terjadi. Kali ini dilakukan oleh sucurity RSUD H Hanfie Muara Bungo,

 

Jumat, 13 Desember 2019 16:46 WIB

Dua Tersangka Korupsi Proyek PLTMH Sebesar 2,6 Milyar Diamankan Polres Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Polres Sarolangun merilis tersangka dugaan korupsi proyek Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMTH) di Desa Batin Pengambang