Jumat, 15 November 2019


Kamis, 17 Oktober 2019 11:32 WIB

Siapa Saja Penulis di Kajanglako.com?

Reporter :
Kategori : Akademia

ilustrasi. sumber: yellowcabin.com/

Bagi kami, rubrikasi "pemikiran" bukan sekadar pelengkap, tapi satu kesatuan dengan visi-misi kajanglako.com sebagai portal Berita dan Kancah Pemikiran. Dua katub yang selama ini seolah tak bisa berjalan beriringan, dan bahkan dinilai justru memberatkan.

Umumnya para penulis di kajanglako menunjukkan keragaman latar belakang profesi, usia, gender, dan lintas disiplin keilmuan. Secara wilayah tersebar di seantero Nusantara, dan beberapa dari luar negeri. Jumlah penulis tentu akan terus bertambah seiring terus meningkatnya antuasisme pembaca kajanglako.com.



Melalui kesempatan ini redaksi mengucapkan terima kasih kepada para penulis atas kiriman tulisannya maupun beberapa individu yang secara khusus diminta oleh redaksi. Begitu juga beberapa tulisan berkualitas (baik secara substansi maupun segi strategi literer) yang tersebar di jejering facebook yang kemudian dimuat ulang di Kajanglako.com atas seizin penulis.

Berikut kami sertakan mini biodata para penulis di Kajanglako.com:

  1. Riwanto Tirtosudarmo. Peneliti senior LIPI. Karya tulisnya terbit dalam bentuk jurnal, buku dan tulisan populer.
  2. Manuel Keisiepo adalah Intelektual Publik. Dalam masa kepresidenan K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pendek, Manuel Kasiepo diangkat menjadi Menteri Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia
  3. John N. Miksic adalah profesor di National University of Singapore. Ia juga merupakan Kepala Unit Arkeologi, Pusat Nalanda-Sriwijaya, Institut Studi Asia Tenggara. Miksic dikenal luas sebagai pakar internasional tentang arkeologi dan sejarah Sumatera. 
  4. Elisabeth D. Inandiak adalah jurnalis dan sastrawan berkebangsaan Prancis.
  5. Kamal Firdaus merupakan advokat senior kelahiran Tanjung Jabung Barat, Jambi. Mukim di Yogyakarta.
  6. K.H. Husein Muhammad merupakan pengasuh Pondok Pesantren Dar al-Tauhid, Jawa Barat. Karya tulisnya tersebar di toko-toko buku besar di tanah air.
  7. Frieda Amran adalah antropolog. Kini mukim di Belanda. Penekun naskah klasik Belanda tentang sejarah dan budaya Sumatra. Pengasuh rubrik Telusur Kajanglako.com.  
  8. Dr. Alzastrouw Ngatawi merupakan pegiat budaya dan dosen Pascasarjana Universitas Nahdatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta.
  9. Hairus Salim merupakan Direktur Yayasan LKiS Yogayakarta. Aktif sebagai peneliti sekaligus penerjemah sejumlah buku dan menulis masalah-masalah agama, kebudayaan, dan politik kebudayaan.
  10. Syafiq Hasim, Ph.D adalah Executive Director at the International Centre of Islam and Pluralism.
  11. Muslimin adalah Direktur Riset Charta Politika
  12. Kristin Sammah mengawali karier wartawan di Suara Pembaruan, Suara Bangsa, dan Sinar Harapan. Pernah merintis Koran Perempuan bersama almarhum Tuti Gintini. Kini menulis, mengelola sebuah radio, dan mendirikian Kinarya Communications bersama Ati Nitiasmoro. Menulis beberapa biorafi tokoh nasional. Karya tulis dalam bentuk buku tersebar di toko-toko buku tanah air.
  13. Ramdani Sirait pernah bekerja sebagai koresponden Kantor berita Antara di Amerika Serikat periode 2001-2004. Menulis tiga buku (Green Card-2014, Jangan Bawa Pulang HIV/AIDS-2015, dan Going Global-2017). Kini tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai konsultan komunikasi. 
  14. Muhammad Nursam adalah sejarawan. Direktur penerbit buku Ombak, Yogyakarta.
  15. Muhammad Ichsan Kabullah adalah kandidat Ph.D Public Administration Department, Radboud University, Nijmegen.
  16. Monique Rijkers adalah jurnalis. Aktif mengampanyekan budaya toleransi melalui karya seni film. Monique pernah menerima penghargaan Diversity Award pada 2014 atas dedikasinya pada isu-isu kemanusiaan dan pluralisme. 
  17. Suminto A. Sayuti adalah Guru Besar Ilmu Sastra pada Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Aktif menulis esai, buku teks kesastraan dan mengisi forum ilmiah kesusastraan dalam maupun luar negeri.
  18. Iman Budhi Santosa merupakan penyair senior kelahiran Magetan, 28 Maret 1948. Bersama Umbu Landu Paranggi Cs. mendirikan Persada Studi Klub (PSK) komunitas penyair muda di Malioboro (1969). Menulis puluhan karya sastra (novel, puisi, esai, dan cerpen) dan kebudayaan dalam dwi bahasa, Indonesia dan Jawa.
  19. Dimas Arika Mihardja adalah pseudonim Dr. Sudaryono. Dosen Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Jambi. Karya tulis Dimas berupa cerpen, esai, dan kritik sastra tersebar di berbagai media massa koran dan jurnal-jurnal ilmiah. 
  20. Bambang Budi Utomo adalah peneliti senior di Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkelologi Nasional. Pelbagai karya tulisnya seputar kajian arkeologi di Nusantara terbit dalam bentuk buku, prosiding konferensi dan artikel di media cetak baik lokal maupun nasional.
  21. Nurhadi Rangkuti merupakan arkeolog. Pendidikan S-1 Arkeologi di Universitas Indonesia dan S-2 Geografi di Univ. Gadjah Mada. Pernah bekerja di Balai Arkeologi Palembang dan sekarang Balai Arkeologi Yogyakarta.
  22. Adi Prasetijo, Ph.D pengajar antropologi di Univesitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah. Alumnus akreologi UGM, pascsarjana antropologi UI dan doktor Universiti Sains Malaysia.
  23. Ahmad Fuady Ph.D researcher di Erasmus University Medical Centre, Rotterdam, the Netherlands. 
  24. Andari Karina Anom PhD researcher di Erasmus University Medical Centre, Rotterdam, the Netherlands. 
  25. Arfan Aziz, Ph.D adalah akademisi di Fak. Ushuluddin Universitas Islam  Negeri (UIN) STS Jambi.   
  26. Musri Nauli adalah advokat dan aktivis lingkungan.
  27. Irma Tambunan adalah jurnalis Kompas
  28. Irma Sagala adalah kandidat doktor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dosen Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi.
  29. Nunik Iswardhani adalah aktivis hukum.
  30. Hariqo Wibawa Satria adalah Direktur Eksektif Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi, Jakarta. 
  31. M. Syaroni Rofii adalah Doktor Ilmu Hubungan Internasional; Alumnus Marmara University, Istanbul. Aktif menulis buku, opini dan mengisi pelbagai forum diskusi dan seminar.
  32. MH Abid adalah akademisi UIN STS Jambi. Alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan pascsarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pernah menyunting untuk penerbitan buku, harian umum, dan sekarang banyak berkecimpung di jurnal ilmiah. Meminati soal sosial-budaya, seni, dan filsafat.
  33. Saiful Hakam adalah lulusan sejarah UGM dan pascasarjana CRCS UGM. Kini bekerja sebagai peneliti bidang Sosial Kemasyarakatan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
  34. Budi Prihatna merupakan kurator pada museum Perjuangan Rakyat Jambi. Aktif mengelola blog museum perjuangan rakyat Jambi, media kali pertama yg memuat tulisan di atas. Budi Prihatna menulis tesis berjudul Pemanfaatan Koleksi Regalia Kesultanan Jambi Guna Penyempurnaan Tata Pameran Tetap Ruang Khazanah Museum Negeri Jambi (kini Museum Siginjai) di Universitas Padjadjaran Bandung 2010.
  35. Roedy Haryo Widjono AMZ merupakan Direktur Nomaden Institute Cross Cultural Studies. Kini mukim di Samarinda.
  36. Ratna Dewi adalah peneliti di Seloko Institute. Meminati filsafat, sejarah, budaya, dan sastra. Tengah menyelesaikan studi filsafat Islam di Pascasarjana UIN STS Jambi.
  37. Asyhadi Mufsi Sadzali adalah Ketua Program Studi Arkeologi FIB Universitas Jambi.
  38. Wiwin Eko Santoso merupakan pemerhati sejarah dan sosial. Kini tinggal dan bekerja di Kota Jambi. Alumnus Sejarah FIB Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
  39. Fredy Torang WM adalah pemerhati masalah sosial. Meminati kajian filantropi dan hubungan antar umat beragama. Alumnus CRCS Pascasarjana UGM Yogyakarta.
  40. Jon Afrizal adalah kontributor The Jakarta Post dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi.
  41. Joko Arizal adalah Dosen Universitas Paramadina, Jakarta. Alumnus magister sosiologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
  42. Triyono adalah peneliti Ketenagakerjaan Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
  43. Dedi Arman merupakan peneliti sejarah. Kini bekerja di Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepulauan Riau.
  44. Aji Najiullah Thaib adalah alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ).
  45. Wenny Ira R adalah Ketua LPPM STISIP NH Jambi
  46. Fakhrudin Saudagar (alm) merupakan sejarawan dan pengajar di FKIP Universitas Jambi. Karya tulisnya mengenai sejarah dan budaya Melayu Jambi terbit dalam bentuk buku dan prosiding seminar.
  47. Junaidi T. Noor merupakan budayawan Jambi. Selain artikel, karya tulisnya juga terbit dalam bentuk buku, seperti Mencari Jejak SangkalaRangkayo Hitam, Sejarah Kota Jambi, Kumpulan Pantun, Kumpulan Syair, dan beberapa tulisan di prosiding seminar dan konferensi serta buku hasil kolaborasi dengan penulis lain. 
  48. Ricky A. Manik adalah adalah peneliti sastra. Karya tulisnya terbit di jurnal maupun media cetak lokal-nasional. Kini bekerja di Kantor Bahasa Jambi.
  49. Meiliana K. Tansri adalah penulis Trilogi Darah Emas (Mempelai Naga, Gadis Buta dan Tiga Ekor Tikus, Sembrani) dan beberapa judul Novel lainnya : Konser, Layang-layang Biru, Kupu-kupu, Belajar Terbang yang diterbitkan oleh Gramedia. Beberapa karyanya telah memenangkan Sayembara Cerber Femina : Perahu Kertas (Juara I, 1997), Bunga Jambu (Juara II,1999), Kupu-Kupu (Juara II,2000), dan Belajar Terbang (Juara I, 2001). 
  50. Harry Setya Nugraha adalah pengajar di Fakultas Hukum Universitas Jambi. Karya tulisnya dimuat di berbagai media cetak, baik lokal maupun nasional.
  51. Jaka Hendra merupakan jurnalis Tribun Jambi. Penyuka bacaan filsafat, sejarah, sastra dan budaya.
  52. Juan Frans adalah lulusan Antropologi Universitas Andalas Padang dan Magister Pekerja Sosial STKS Bandung. Kini aktif bekerja di Dinas Sosial Provinsi Jambi.
  53. Dion Yulianto merupakan editor buku, penerjemah, dan peresensi buku-buku fiksi-non fiksi.
  54. Herma Yulis aktif menulis opini dan resensi buku di media nasional. Alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 
  55. Nirwansyah Putra adalah jurnalis dan pengajar di FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).
  56. Jhoni Imron merupakan peneliti peneliti pada Lembaga Survei Puspoll Indonesia
  57. Ida Zubaidah adalah Direktur Beranda Perempuan, dan Juru Bicara Save Our Sister’s (SOS).
  58. Bernadeta Dian Cahyaningtias adalah Peneliti dari "Beranda Perempuan
  59. Arif Rahim adalah pengajar sejarah di FKIP Universitas Batanghari (UNBARI), Kota Jambi.
  60. M. Ali Surakhaman adalah Ketua LSM Kebudayaan Kerinci. Meminati kajian sejarah dan Budaya Jambi, khususnya Bumi Sakti Alam Kerinci.
  61. Fridi Yanto doktor bidang manajemen pendidikan lulusan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kini aktif sebagai tenaga pengajar Fak. Tarbiyah UIN Sumatera Utara.
  62. Dharma Setyawan adalah dosen di IAIN Metro Lampung dan pegiat Pojok Boekoe Cangkir.
  63. Asro al-Murtawy adalah sastrawan. Karya tulisnya berupa esai, opini, puisi dan cerpen terbit di berbagai media cetak dan online baik lokal maupun nasional, 
  64. Rini Febriani Hauri, penyair. Buku puisi tunggalnya berjudul Suatu Sore, Bersama Jassin (2016). Sehari-hari beraktivitas sebagai pengajar, editor lepas, dan sesekali menerjemahkan teks-teks asing. 
  65. Titas Suwanda merupakan Ketua Teater AIR Jambi sekaligus pengajar Bahasa Indonesia di SMPN 26 Muaro Jambi.
  66. Widodo menyelesaikan pendidikan menengah di Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri (MAKN) Jambi sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Aktif menulis fiksi, kritik sastra dan budaya.
  67. William Andri merupakan pendidik. Lulusan Magister Teknologi Pendidikan Universitas Jambi. Aktif menulis opini dan future di koran lokal Jambi.
  68. Buana K.S. adalah peyair. Kini tinggal dan bekerja di Kabupaten Bungo-Jambi.
  69. Nor Qomariyah adalah mahasiswa pasca sarjana Universitas Jambi.  Bekerja sebagai Tim research specialist Komunitas Konservasi Indonesia Warsi.
  70. Dinda Desinta adalah mahasiswi Politeknik Statistika STIS Jakarta.

 

Catatan:

Ayo Tuan/Puan menulis di Kajanglako.com.

Kirim tulisan terbaik Anda ke alamat surel kami: redaksikajanglako@gmail.com

Lebih lanjut mengenai aturan penulisan dapat dibaca di menu 'Selingkung' Kajanglako.com

 

Terima kasih


Tag : #kajanglako #desk pemikiran #perspektif



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 November 2019 19:24 WIB

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Terima Bantuan Mobil Operasional TTIC dan Cold Storage dari Mentan RI


Kajanglako.com, Jambi - DinasKetahanan Pangan Provinsi Jambi menerima bantuan dari Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia. Bantuan tersebut berupa

 

Jumat, 15 November 2019 18:14 WIB

Gubernur Fachrori Terima DIPA 2020 dari Presiden RI


Kajanglako.com, Jakarta - Gubernur Jambi Fachrori Umar menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2020 dari Presiden Republik Indonesia Joko

 

Jumat, 15 November 2019 17:30 WIB

Diikuti Romi Haryanto, Wabup Mashuri Lepas Gelamor Offroad


Kajanglako.com, Merangin - Wabup Merangin,  Mashuri bersama Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto melepas Geopark Lestari Adventure (Gelamor)

 

Jumat, 15 November 2019 17:05 WIB

Hadiri Rakor BKP Kementan RI, Amir Hasbi Sambut Baik Rancangan Inpres Perkuat CBPD


Kajanglako.com, Jambi -Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI menggelar Rakor Pembahasan Rancangan Inpres tentang Percepatan

 

Kamis, 14 November 2019 15:58 WIB

Tahun Depan UMP Batanghari Ditetapkan Rp 2,6 Juta


Kajanglako.com, Batanghari - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Batanghari menetapkan