Jumat, 05 Juni 2020


Senin, 07 Oktober 2019 15:05 WIB

Dugaan Setoran Makin Mencuat, Kasubag TU SMA Dilantik Tak Sesuai Usulan Pihak Sekolah

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Berita Hukrim

Foto: Juanda

Dugaan Setoran Makin Mencuat,  Kasubag TU SMA Dilantik Tak Sesuai Usulan Pihak Sekolah

Kajanglako.com, Jambi - Dugaan adanya unsur korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) terkait pengangkatan Kasubag TU SMA/SMK se-Provinsi Jambi makin mencuat. Betapa tidak, berdasarkan penelusuran kajanglako.com di lapangan, ada salah satu Kasubag TU SMA Negeri 5 Kabupaten Muaro Jambi yang dilantik oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi beberapa waktu lalu, menuai kontra dari pihak sekolah.



Hal ini dibenarkan oleh Zamroni, Kepala sekolah (Kepsek) SMA Negeri 5 yang berlokasi di Desa Arang -Arang , Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi. Pihaknya terkejut setelah ada salah satu Kasubag TU atas nama Rini melaporkan diri ke sekolah bahwa Ia ditugaskan di sekolah tersebut.

"Iya, pas baru-baru sudah dilantik itulah dia datang ke sekolah, laporkan ke saya dan mengenalkan diri ke guru yang lain. Sampai hari ini tidak pernah datang lagi, cuma sekali itu,” kata Zamroni.

Dijelaskan Zamroni, beberapa bulan yang lalu pihak sekolah sudah mengusulkan nama perwakilan dari sekolah tersebut untuk menjadi Kasubag TU ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

"Ada dua orang TU dan ia sudah bekerja sejak sekolah ini beridiri tahun 1998, syaratnya pun sudah mencukupi. Dulu kami usulkan untuk Kasubag TU SMA N 5 ini adalah TU yang menjabat sekarang, kami usulkan pada zaman Mukhti sebagai Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,” katanya.

Zamroni mengatakan, pihak sekolah dan juga guru-guru yang lain terkejut kenapa yang dilantik dan ditugaskan di SMA 5 tidak sesuai dengan yang diusulkan, sehingga menuai kontra dari pihak sekolah. "Mungkin saja hari ini tidak pernah masuk lagi karena merasa kurang nyaman di sini,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bukri Kabid SMK Disdik Provinsi Jambi, dikonfirmasi bebeberapa waktu lalu membenarkan bahwa Rini dilantik menjadi Kasubag TU SMA Negeri 5 Muara Jambi.
"Iya, memang Rini dilantik sebagai Kasubag TU di SMA 5 Muaro Jambi. Ia sebelumnya sebagai guru di SMK Negeri 8 Muaro Jambi,” kata bukri.

Terkait nama yang diusulkan pihak sekolah, Bukri mengatakan bahwa nama tersebut tidak sampai kepadanya. "Iya kalau memang pihak sekolah dulu sudah mengusulkan nama dari sekolah itu sendiri untuk mengisi Kasubag TU di SMA 5 Muaro Jambi pada zaman Pak Mukhti tapi usulan tersebut tidak tidak sampai kepada saya,” katanya.

Beredar kabar bahwa Rini yang baru saja dilantik, sudah meminta kepada Bukri Kabid SMK untuk dipindahkan lagi menjadi Kasubag TU di SMK 8 Muaro Jambi  yang semula ia sebagai guru di sekolah tersebut.

"Iya, memang ia minta pindah lagi SMK 8 namun kan tidak semudah itu, SK-nya kan dari Mendagri. Pihak sekolah juga tidak bisa menolak secara langsung kalau memang usulan dari sekolah itu ada ya kenapa tidak kita lantik aja yang itu untuk jadi Kasubag TU di SMA 5 Muaro Jambi, dan Rini kita pindahkan ke tempat yang lain," katanya.

Tidak hanya itu, mencuat dugaan bahwa Rini menyetor sejumlah uang kepada Bukri Kabid SMK untuk menduduki suatu jabatan. Kabar ini juga hangat, pasalnya dugaan setoran terkait pengangkatan Kasubag TU dan Kepsek SMA/SMK se-Provinsi Jambi yang diduga terstruktur dilakukan oleh Bukri Kabid SMK, Misrialdi Kabid PKLK, dan Harmoni Kasi Kurikulum Disdik Provinsi Jambi dan isu tersebut sudah sampai ke pihak istana (Gubernur), dan KPK serta Ombudsman. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Jumat, 05 Juni 2020 06:59 WIB

Merawat Keragaman Budaya, Melindungi Keanekaragaman Hayati


Oleh: Ali Yansyah Abdurrahim* Setiap 5 Juni, segenap warga dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup [1]. Peringatan ini dilakukan sejak tahun 1974 sebagai

 

Kamis, 04 Juni 2020 21:07 WIB

Ruas Jalan di Tebo Lonsor, Fachrori: Segera Kita Perbaiki


Kajanglako.com, Tebo - Usai menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 kepada masyarakat Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo, Gubernur Jambi,

 

Kamis, 04 Juni 2020 20:53 WIB

Lagi, Gubernur salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Tebo


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyampaikan, bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan kebijakan dari Pemerintah Provinsi

 

Kamis, 04 Juni 2020 19:50 WIB

Fachrori Salurkan JPS Covid-19 di Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyampaikan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan salah Satu upaya dan bentuk kontribusi nyata

 

Kamis, 04 Juni 2020 15:53 WIB

Gubernur Salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Sungai Penuh


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Dr H Fachrori Umar, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi menyalurkan Jaring Pengaman Sosial Covid-19