Minggu, 20 Oktober 2019


Selasa, 17 September 2019 19:08 WIB

Al Haris Panen Raya Bawang Merah di Rasau

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Inforial

Al Haris panen raya bawang merah di Rasau / foto: Riki

Al Haris Panen Raya Bawang Merah di Rasau

Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris, bersama masyarakat dan instansi terkait panen raya bawang merah di Desa Rasau, Kecamatan Renah Pamenang, Selasa (17/9).



Ada sekitar setengah hektar bawang merah yang ditanam di sela-sela replanting sawit milik Kelompok Tani Makmur.

“Ini hasilnya sangat luar biasa, karena buahnya besar-besar. Bawang merah ini serba guna untuk masakan, tidak enak masak kalau tidak ada bawang merah,” kata Al Haris.

Bupati mengatakan  setengah hektar tanaman bawang merah itu menghasilkan sekitar 3,7 ton. Hasil tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman sawit atau karet. Sementara hasil panen dibanderol dengan harga Rp 45 ribu per kilogram.

Panen itu lanjut Bupati, merupakan wujud nyata tekad semangat para petani. Dimana segala sesuatu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh serius bertekad, akan menghasilkan yang luar biasa.

‘’Ini patut ditiru, dengan memanfaatkan lahan replanting sawit, panen bawang merah ini bisa melimpah. Untuk satu hektar modalnya hanya Rp 30 juta, selama tiga bulan menghasilkan 13,5 ton bawang merah,’’ jelas Bupati.

“Teruskan semangat bertani,” pinta Bupati.

“Tidak hanya fokus ke sawah tapi juga komoditi-komoditi lain seperti bawang merah. Bibitnya gampang didapat dan perawatannya tidak terlalu sulit,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati memberi bantuan alat-alat pertanian kepada para kelompok tani. Sebelumnya, Bupati juga menggelar dialog dengan para petani setempat, untuk meningkatkan hasil pertaniannya. (Kjcom)


Tag : #Al Haris #Merangin



Berita Terbaru

 

Minggu, 20 Oktober 2019 11:50 WIB

Sekda Buka Pesparani Katolik Provinsi Jambi 2019


Sekda Buka Pesparani Katolik Provinsi Jambi 2019 Kajanglako.com, Jambi - Sabtu (19/10) malam, bertempat di Aula Balai Prajurit Makorem 042/Garuda Putih,

 

Sabtu, 19 Oktober 2019 20:01 WIB

Puncak HUT ke-54 Kabupaten Bungo, Fachrori : 28,7 Miliar APBD 2019 Provinsi Dikucurkan untuk Bangun 4 Ruas Jalan


Puncak HUT ke-54 Kabupaten Bungo, Fachrori : 28,7 Miliar APBD 2019 Provinsi Dikucurkan untuk Bangun 4 Ruas Jalan Kajanglako.com, Jambi – Dewan Perwakilan

 

Sabtu, 19 Oktober 2019 15:00 WIB

Forkompimda Provinsi Jambi Deklarasi Kebangsaan Jelang Pelantikan Presiden RI


Forkompimda Provinsi Jambi Deklarasi Kebangsaan Jelang Pelantikan Presiden RI Kajanglako.com, Jambi – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)

 

Sabtu, 19 Oktober 2019 11:24 WIB

Al Haris Lepas Ribuan Peserta Kirab Hari Santri Nasional 2019


Al Haris Lepas Ribuan Peserta Kirab Hari Santri Nasional 2019 Kajanglako.com, Merangin - Ribuan santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten

 

Sabtu, 19 Oktober 2019 09:49 WIB

Merangin Akan Miliki Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama


Merangin Akan Miliki Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama Kajanglako.com, Merangin - Kabupaten Merangin akan memiliki desa sadar kerukunan umat beragama.